Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
14.127 views

Jangan Menyerah karena Hidup Menyimpan Banyak Kisah

Tembus PTN Favorit dan jurusan yang diburu banyak pelajar se-Indonesia raya, siapa sih yang tak bangga? Tapi kenyataan mengharusnya laki-laki ini untuk jebol sebelum waktunya. Ya...kondisi ekonomi keluarga tak memungkinkan ia terus kuliah. Awal semester masih dipaksanya fisik dan psikisnya untuk kuliah pagi sampai siang. Setelahnya kerja ikut orang sebagai teknisi dilakoninya.

Jam kerja yang panjang dan tanggung jawab kerjaan yang tak ringan, plus tugas kuliah yang tak pernah absent setiap hari, membuatnya jarang tidur. Bilapun bisa tidur paling cuma 2 atau tiga jam semalam. Dan itu, langka. Belum lagi kesadaran akan wajibnya menimba ilmu Islam dan mendakwahkannya, membuat ia akhirnya harus memilih.

Kuliah di PTN favorit itu ditinggalkannya. Ia lebih memilih hal yang menjadi kewajibannya: kerja dan dakwah. Meskipun jujur, sangat berat ia meninggalkan bangku kuliah yang menjadi idaman dirinya maupun jutaan pelajar lainnya. Tapi inilah hidup, tetap harus dipilih apa yang menjadi prioritas untuk mengantarkan diri pada amal level kewajiban. Dan ia telah memilih dengan segala ikhtiyarnya.

Emas tak akan pernah pernah tertukar dengan kuningan. Meskipun kuliah harus berhenti di tengah jalan, tempat menuntut ilmu bisa dimana saja. Apapun selama halal, dilakukannya demi nafkah keluarga. Hingga satu ketika, episode hidup mengantarkannya untuk menggenapkan separuh dien. Muslimah yang bersedia menjadi pendamping hidupnya adalah perempuan salihah yang bisa menilai emas di antara kuningan.

...Lebih baik gagal di dunia sementara daripada gagal di akhirat yang bersifat kekal. Naudzubillah...

Ya...meskipun ia tak lanjut kuliah, tapi istrinya telah menuntaskan S2. Tak mengapa, toh pendidik utama anak-anak di rumah adalah sang bunda, bukan? Dan karenanya ia tak salah memilih perempuan salihah yang juga cerdas sebagai ibu bagi anak-anaknya. Semangat pantang menyerah membuat ia bisa melalui semua dengan baik-baik saja. Cita-cita dunia kandas tak mengapa yang penting cita-cita akhirat untuk bisa mereguk sejuk air di jannahNya terus membara.

Sekelumit ilustrasi dari kisah nyata di atas, mengajarkan kita untuk pantang menyerah Sobat. Bila saat ini kamu sedang ujian akhir, pastikan kejujuran yang kamu pegang. Meskipun mungkin itu akan membuat nilaimu jeblok karana kurang belajar dan berdoa. Lebih baik gagal di dunia sementara daripada gagal di akhirat yang bersifat kekal. Naudzubillah.

Begitu pun ketika nanti ujian masuk PTN incaran tak bisa menjadi nyata, ingatlah bahwa kehidupan ini memunyai banyak takdir dan kisah yang tersimpan. Tugasmu hanyalah menjalani tanpa ada sesal. Banyak jalan menuju Roma. Lebih banyak jalan lagi menuju cita-cita. Dan akan jauh lebih banyak jalan lagi menuju surgaNya, cita-cita utama seorang mukmin.

Belajarlah lagi dari kisah laki-laki di atas. Dia korbankan sesuatu untuk menggapai sesuatu yang lebih baik. Niatkan semua karena Allah. Kemudian nantikan keajaiban yang menanti perjalanan kehidupanmu saat kamu ridha apapun yang terjadi itu atas izinNya dan demi kebaikanmu semata. Fokuskan diri dan bersihkan niat bahwa UN-mu, daftar PTN idaman, atau apapun pilihanmu dalam hidup itu semua karena Allah.

Oleh karena itu lewatilah jalan kehidupan yang itu akan membuat Allah ridha juga. Setelahnya, rasakan dan nikmati bahwa itu semua terasa indah ketika kita telah ridha terhadap semua takdir yang telah ditetapkanNya. Wallahu alam. (riafariana/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X