Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.461 views

Menjadi Penulis? Ini Delapan Manfaatnya

Oleh: Muhammad Yuan Yusuf (Penulis asal Padang, Blogger Motivasi Islami)

Ada banyak manfaat yang didapatkan oleh seorang penulis, dan khususnya pula penulis islami. Berikut ini akan dijelaskan masing-masingnya.

  1. Menyebarkan ilmu yang bermanfaat atau berdakwah

Ada ilmu yang bisa dibagi oleh seorang penulis kepada masyarakat banyak. Kalau penulisnya di bidang agama atau islami, maka bisa sebagai dakwah juga.

Jika menulis tentang agama atau islami, dan buku tersebut laris atau bestseller, maka ada semakin banyak orang yang mendapat kebaikan dari isi buku tersebut. Ini insya Allah menjadi ladang amal juga.

Ada hal-hal yang bermanfaat dunia dan akhirat yang bisa dibagikan kepada masyarakat.

  1. Meningkatkan kecerdasan atau menambah pengetahuan

Menulis berkaitan erat dengan membaca. Akan ada banyak bacaan yang akan dibaca oleh orang yang ingin jadi penulis. Jika seorang yang ahli pun menulis, dia tetap akan membutuhkan tambahan dan tambahan referensi atau bahan bacaan untuk tulisan atau bukunya. Dengan banyak membaca maka akan meningkatkan pengetahuan dan cara berpikir lebih maju atau meningkatnya kecerdasan.

Nah, jika menulis islami atau tentang agama, tentunya pengetahuan agama akan semakin bertambah.

  1. Kebebasan waktu

Siapa yang tidak ingin memiliki kebebasan waktu, apalagi bagi seorang muslim, yang sangat penting menjaga shalat tepat waktu, dan apalagi bagi laki-laki muslim, yang semestinya shalat berjamaah di masjid tiap awal waktu shalat.

Kebebasan waktu tentu sangat berguna juga bagi ibu-ibu yang mempunyai anak atau mengurus keluarganya.

Kebebasan waktu untuk beribadah tanpa diintervensi atasan tentu menjadi idaman seorang muslim. Dengan menjadi penulis maka bisa mengatur jadwal menulis lebih fleksibel, dan juga bisa mengatur pekerjaan-pekerjaan lainnya, dengan ibadah shalat wajib dan shalat sunah, baca Al-Qur’an, zikir, dan lainnya dapat secara baik dilakukan.

  1. Memperbanyak relasi

Penulis itu berhubungan dengan banyak orang juga, yang jika dikelola dengan baik, mereka bisa menjadi relasi kerja atau bisnis juga bagi si penulis. Relasi itu bisa berasal dari:

  • pembaca
  • editor
  • sesama penulis
  • narasumber
  • dan lainnya yang terkait
  1. Mengatasi pengangguran pada diri sendiri

Bagi orang yang masih menganggur, manfaatkan waktu selain mencari pekerjaan atau sambil merencanakan bisnis, juga dengan menulis, dan jika dilakukan dengan baik, menghasilkan karya yang bisa mendapat pemasukan, maka masalah pengangguran diri sendiri pun akan teratasi, karena pekerjaan penulis pun bisa dilanjutkan dan dikembangkan.

  1. Mendapatkan pekerjaan lain

Dengan menjadi penulis, maka bisa mendapatkan berbagai pekerjaan lainnya. Ada orang-orang, yang selain menjadi penulis buku, mereka juga terlibat dalam pekerjaan editorial, penulis di media massa, mendirikan penerbitan, dan sebagainya.

  1. Mendapat penghasilan pasif

Penghasilan pasif dapat dihasilkan oleh seorang penulis buku. Biasanya penulis buku mendapat royalti per periode. Tapi ada juga penulis buku yang menjual naskahnya secara putus alias dia hanya mendapatkan penghasilan satu kali saja, setelah itu ia tidak punya hak lagi mendapatkan penghasilan dari bukunya tersebut.

Royalti per periode bisa setiap 6 bulan, atau 4 bulan, atau setiap periode tertentu sesuai kesepakatan atau perjanjian antara penulis dan penerbit.

  1. Royalti dan manfaat tulisan sampai anak-cucu

Jika kita lihat bahwa penulis memperoleh penghasilan pasif dari royalti per periode, maka kabar selanjutnya adalah hal ini bisa berlaku sampai generasi selanjutnya, atau dalam surat perjanjian ada pasal tentang ahli waris, selama buku tersebut masih aktif dijual oleh penerbitnya.

Penulis bisa memberikan data mengenai ahli warisnya di surat perjanjian.

Dan patutlah bersyukur jika Allah Ta’alamemberikan rezeki penghasilan pasif dari menulis buku berupa royalti sampai anak-cucu sekaligus bacaan yang bermanfaat hingga generasi selanjutnya. [syahid/voa-islam.com]

(Dikutip dari buku “How to Become a Writer: Motivasi dan Panduan Menjadi Penulis”, Muhammad Yuan Yusuf)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X