Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.696 views

Revolusi Masjid; Sebuah Keharusan (Bagian-2 Selesai)

 

Oleh: Imron Supriyadi

(Penulis adalah Jurnalis dan Dosen Luar Biasa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)

Remaja Masjid sebagai Potensi

Salah satu kekuatan dalam mendinamisasikan masjid adalah dibentuknya remaja masjid yang dibina dan dikelola secara maksimal dan serius. Jika memungkinkan pengelola masjid bisa memberikan insentif secara profesional kepada para trainer untuk membentuk dan menciptakan remaja masjid yang berkualitas.

Ini untuk membendung sebuah kenyataan, remaja masjid selama ini hanya sebatas menjadi penjaga sandal atau tukang pembagi snack ketika ada acara tertentu yang dilakukan oleh beberapa lembaga atau perusahaan di masjid. Akibatnya, remaja masjid cenderung diposisikan di barisan paling belakang. 

Tukang bersih-bersih, tukang membuat kopi, dan sejenisnya. Sebagai upaya penggemblengan mental tidak salah. Tetapi kalau posisi seperti ini sampai berdasa-warsa, bukan penggemblengan, tetapi penyimpangan potensi.

Dalam konsep revolusi masjid, justeru sebaliknya. Kaum tua harus mulai legowo, dan yang muda harus maju kedepan. Kaum tua cukup menjadi pembimbing, penasehat, konsultan atau minimal menyetujui ”gerakan revolusi masjid” yang dilakukan oleh kalangan muda. Mengutip konsep kepemimpinan tokoh pendidian Ki Hajar Dewantoro, Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tutwuri Handayani.(Di depan menjadi tauladan, di tengah memberi support moral, di belakang memberi dorongan penuh).

Suatu yang menyedihkan adalah; di beberapa masjid, acap kali terjadi ”perang” antara remaja masjid dengan kaum tua. Masalahnya bukan pada persoalan ideologi yang berbeda, melainkan hanya berdasar pada perasaan terganggungnya ”status quo” kaum tua, oleh kehadiran kalangan muda.

Contoh yang paling sederhana saja. Misalnya persoalan adzan. Sangat sepele. Tetapi karena sudah banyak remaja masjid yang mulai datang menjelang waktu tiba dan siap adzan, kemudian kaum tua merasa tersinggung, dengan asumsi kehadiran remaja masjid akan menggeser posisinya sebagai pengurus masjid. Logika kedangkalan struktural seperti ini yang kini sedang banyak ’diderita’ oleh sebagian para pengurus masjid. Akibatnya, bukan menjadi ruang untuk melaukan kegiatan ibadah, malah sebaliknya untuk ajang pertengkaran antara kaum muda dan kaum tua.

Padahal, disadari atau tidak, menggalanag kekuatan melalui pembentukan remaja masjid merupakan sebuah keharusan untuk memulai sebuah gerakan revolusi masjid. Kenapa? Bukan tidak percaya dengan kaum tua, tetapi mentalitas yang dapat dibentuk menjadi remaja masjid yang progresif revolusioner adalah kalangan muda, dalam hal ini remaja masjid.

Remaja masjid adalah potensi ummat yang harus senantiasa diberdayakan, bukan diperdaya. Melalui kaum remaja inilah, revolusi masjid dapat dimulai secara perlahan. Bukan saja sebagai konseptor, tetapi sekalligus menjadi pemain dalam lingkaran. Sehingga, suasana dinamisasi sebuah kegiatan masjid akan lebih terjamin, ketimbang seperti selama ini, yang harap-harap cemas terhadap kaum tua.

Mengusung remaja masjid sebagai ”pimpinan” di depan ini, tentu akan ada risiko. Tetapi meniadakan kehadiran remaja masjid dalam proses revolusi masjid akan lebih berisiko. Sebab, hanya mengandalkan kaum tua yang pemahamannya terhadap masjid masih konservatif, akan menimbulkan gerakan revolusi masjid stagnasi (mandeg). Kenapa? Sebab jujur saja, kalangan tua pola pikirnya sudah tidak lagi produktif, belum lagi konsentrasinya  terpecah-pecah, baik terhadap pekerjaan, kebutuhan keluarga dan lain sebagainya.  Tetapi membiarkan remaja berdiri sendiri tanpa kawalan kaum tua juga akan berhadapan dengan sebagian kaum tua yang tida responsif terhadap upaya revolusi masjid. Oleh sebab itu, memunculkan remaja masjid di barisan depan harus membutuhkan proses dan tahapan.

Tahapan yang sebaiknya dilalui, sebenarnya sangat sederhana. Para senior, (atau trainer) dapat melakukan in-house training menjelang melakukan gerakan revolusi masjid. Paling tidak, ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk memulai training bagi remaja masjid. Pertama; melakukan training penguatan ideologi.

Dalam penguatan ideologi ini, remaja diberi materi dan muatan intelektual yang bukan saja memberikan wawasan terhadap fungsi masjid, tetapi lebih dari itu, training ideologi ini sebagai upaya dalam menguatkan komitmennya sebagai aktifis masjid yang harus tetap menjaga integritas keimanan, kejujuran, kreatif dan inovatif. Kedua; training penguatan struktural.

Point kedua ini, sama pentingnya dengan penguatan ideologi. Hanya bermodal kekuatan ideologi dan mengesampingkan penguatan struktur, maka remaja masjid juga akan pincang. Sementara kuat secara struktur tanpa ideologi, remaja masjid juga akan buta. Dalam penguatan struktural ini, pengelola masjid dapat memulai melakukan training kepemimpinan dari tingkat dasar sampai tingkat advance.

Tujuannya, selain untuk menggali potensi calon pimpinan muda di remaja masjid, juga untuk membekali pemahaman birokrasi dan administrasi dalam organisasi. Ketiga; Penguatan Jaringan. Hal  ketiga ini akan sangat mendukung bagaimana sebuah organisasi remaja masjid akan berkembang atau tidak. Sebab lembaga apapun, tanpa memilliki jaringan kerja yang luas hanya akan jalan ditempat.

Sementara program hanya akan sebatas menjadi slogan semata. Penguatan jaringan, dapat dimulai dengan pembuatan profil yang ditayangkan melalui situs internet, untuk kemudian disebarluaskan diseluruh nusantara. Dengan pengenalan profil remaja masjid seperti ini akan memudahkan lembaga lain dalam meng-akses tentang profil, kegiatan, progam kerja dan lain sebagainya.

 

Partisipasi perusahaan dan masyarakat

Konsep revolusi masjid tetap memerlukan sebuah partisipasi besar, baik dari BUMN, BUMD, pemerintah atau masyarakat itu sendiri. Tanpa adanya komponen ini, gerakan revolusi masjid hanya akan menjadi sebuah utopia.

Oleh sebab itu, dibutuhkan sebuah kesadaran kolektif dari semua pihak untuk secara bersama-sama menciptakan komitmen untuk mewujudkan gerakan revolusi masjid ini. Perusahaan dan pemerintah, sebagai institusi yang mempunyai kewenangan membantu pengadaan dana, juga tidak harus menanamkan kecurigaan adanya mark-up yang rentan dilakukan pengelola dan remaja masjid. Sebab dengan training ideologi yang kuat, maka penggelembungan, atau bahkan penyimpangan ini mudah-mudahan tidak terjadi.

Sementara masyarakat setempat menjadi komponen penting terhadap upaya terwujudnya revolusi masjid ini. Partisipasi masyarakat, baik moril dan materiil, merupakan satu kekuatan yang tidak bisa diabaikan. Sebab, tanpa masyarakat sebuah gerakan apapun tidak pernah akan terwujud.

Persolannya tinggal bagaimana menggalang kekuatan masyarakat ini menjadi sebuah komunitas yang solid dalam membantu revolusi masjid. Namun, satu hal yang sebenarnya dapat dimulai untuk membangun kekuatan di masyarakat adalah, menciptakan kepercayaan dengan memberikan layanan kepada masyarakat didahulukan. Jika masyarakat sudah merasa butuh dengan sistem dan menejemen revolusi ini, dengan sendirinya, masyarakat akan menjadi tameng utama, ketika ada kekuatan lain yang hendak menghalangi gerakan revolusi masjid.

 

Mulai dari yang sederhana

Menggalang kekuatan untuk sebuah gerakan, bukan sesuatu yang mudah. Tetapi tidak juga sulit. Di kalangan remaja masjid, dapat dimulai dengan penelusuran bakat dan minat. Ini berfungsi untuk menjaring ”kepentingan” di kalangan remaja.

Dengan sendirinya, ketika remaja masjid, minat dan bakatnya telah terakomodasi, otomatis akan ”terpanggil” untuk selalu dekat dengan masjid. Untuk memulainya bisa melalui pembentukan tim nasyid, tim vokal group, musikalisasi puisi, teater dan lain sebagainya.

Tetapi, sebuah catatan yang mesti dikedepankan adalah, kaum tua tidak harus buru-buru ”mematahkan” semangat kalangan muda. Sebab satu kali saja ada ”suara miring” yang dituduhkan kepada ramaja masjid, maka upaya penggalangann ini akan terkikis dan gagal. Maka dalam hal ini juga dibutuhkan dorongan kaum tua, yang selama ini masih merasa kurang percayaterhadap remaja masjid.

Dengan niat untuk melakukan revolusi masjid, setidaknya kaum tua membuang jauh-jauh tuduhan ketidakpercayaan terhadap kaum muda. Sebaiknya ”membiarkan” kaum muda untuk melakukan programnya sesuai dengan kesepakatan mereka, sambil terus melakukan pendampingan.

Sementara, dalam penggalangan kekuatan remaja masjid bersama masyarakat ini, harus terlebih dahulu menjauhkan pemikiran pemilahan, antara ”remaja pemabuk” dan ”remaja alim”. Biarkan saja bergulir, sehingga akan tercipta dengan sendirinya secara alamiah.

Sebab, ”memukul” dengan doktrin diawal, bagi remaja yang belum kenal dengan masjid, akan menjadi sebuah tekanan psikologi. Bukan tidak mungkin jika ini terjadi, remaja yang sebelumnya ingin dekat dengan masjid kemudian malah berlari dan enggan masuk masjid. Jadi sebenarnya, keenaggan remaja masuk masjid bukan lantaran kalangan remaja ini nakal, melainkan justeru sebagai akibat kenakalan orang tua, yang membiarkan mereka berbanjar panjang dengan botol minuman keras diluar masjid, tanpa ada upaya pendekatan persuasif.

Padahal dengan memulai menggalang kekuatan melalui remaja masjid, sebuah gerakan revolusi masjid secara perlahan akan terwujud. Siapa yang bertugas untuk memulai. Bukan anda. Bukan saya. Tetapi kita, sekarang juga! [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X