Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.209 views

Beginilah Jalan Dakwah

Oleh: Firdaus Bayu (Syabab HTI Jombang)

Jalan dakwah, jalannya para kekasih Allah yang selalu Dia jaga dimanapun mereka berada, yang Dia lindungi kemana saja mereka pergi, dan Dia arahkan kemanapun mereka berjalan. Likunya terjal penuh aral, tapi para pendakinya tak pernah letih melampaui. Mereka membersamai Allah siang dan malam, tak takut dengan ancaman, tak jatuh karena hujatan. Mereka tak pernah susah dengan dunia, sebab sorotan mata mereka jauh ke depan merindui surga yang kian mendekat dalam pikiran.

Dengan dakwah, Islam akan terus tersebar ke benak-benak manusia. Dakwah dapat mengubah yang buta jadi melihat, yang tuli jadi mendengar. Iman yang kita genggam hari ini, adalah buah dakwah para ulama yang kala itu gigih berjuang.

 

Urgensitas Dakwah Ideologis

Dakwah ideologis adalah seruan atas kaum muslimin untuk menerapkan Islam sebagai ideologi. Hal itu merupakan konsekuensi logis dalam berakidah, sebab Islam bukanlah sebatas agama ritual, tetapi juga sebuah mabda’ (ideologi) yang harus diwujudkan dalam kehidupan secara utuh, tak terpisah satu pun darinya.

Di saat syariat Islam tak lagi terangkai sebagai sebuah sistem negara yang sempurna, dakwah ideologis menjadi hal yang begitu mendesak. Seperti hari ini, hukum-hukum Islam kian terlantar, kaum muslimin dibendung tanpa dapat menunaikan syariatnya kecuali sebagian kecil saja. Mereka dipaksa tunduk terhadap hukum kufur yang jelas-jelas menyelisihi perintah Allah dan Rasul-Nya. Umat Islam yang seharusnya menjadi umat terbaik, kini terjepit tanpa daya.

Negeri-negeri Islam di sebagian wilayah dijajah secara fisik. Bom-bom diluncurkan siang dan malam. Perempuan mereka diperkosa, anak-anak mereka dipaksa melihat kebiadaban. Di sebagian wilayah lainnya, kekayaan negeri-negeri kaum muslimin diperas habis tanpa peduli. Penguasa negeri yang seharusnya menjadi pelindung, justru menjadi pendukung ideologi dan kepentingan penjajah. Begitulah nasib kaum muslimin tanpa penerapan sistem Islam di dalamnya. Mereka seperti ikan yang tergeletak di daratan. Menggelepar tak berdaya, mati perlahan karena jauh dari syariatnya.

Oleh karena itu, dakwah ideologis hari ini semesthinya menjadi tema utama. Umat butuh penyadaran tentang penjajahan yang menimpa dan urgensitas sistem Islam sebagai solusinya. Dahulu, Rasulullah SAW tidak hanya menyampaikan ayat shalat, namun juga kewajiban agung berjihad. Kala itu, Rasulullah SAW bukan sekedar menjelaskan bagaimana wajibnya berpuasa, melainkan juga bagaimana hidup bersyariat dalam sebuah negara. Bangsa Arab yang sebelumnya tak mengenal Tauhid, menjadi kaum beriman yang terdidik. Mereka yang sebelumnya tenggelam dalam gelapnya masa, menjadi mercusuar peradaban dunia. Itulah Islam, komperhensif dan solutif.

 

Jalan Dakwah Itu Terjal

Dakwah adalah misi para Nabi dan Rasul, manusia pilihan yang begitu tegar atas bermacam cobaan. Siapa saja yang mengikuti jalannya, akan menjumpai aral yang sama. Cacian, fitnah, himpitan, bahkan ancaman fisik akan melintang. Jiwa yang telah membenami dakwah, akan selalu bijak ketika musuh-musuh mempredikatinya teroris. Sungguh, sematan yang tak dapat diterima logika. Islam yang mengajarkan kerukunan, justru dituduh menteror. Namun begitulah sikap manusia yang kehilangan iman, apapun bisa diperbuat untuk kepentingan yang hendak didapat. Para pendakwah ideologis juga akan selalu teguh saat musuh-musuh menuduhnya berbahaya dan ancaman negara.

Sungguh, tuduhan yang tak masuk akal tanpa dasar. Bagaimana mungkin ideologi Islam yang dengannya akan terwujud rahmatan lil ‘alamin dikatakan sebagai sebuah ancaman yang berbahaya. Justru kebijakan-kebijakan  liberal yang terlahir dari sistem kufur itulah yang menjadi ancaman nyata dan berbahaya bagi negara. Tak sekedar labelisasi dan tuduhan, musuh-musuh Islam juga tak segan melakukan penyiksaan fisik untuk menghadang laju dakwah ideologi Islam. Telah banyak para pejuang yang gugur di medan dakwah lantaran kebengisan musuh-musuh Islam. Mereka ditembak atas dugaan yang belum tentu terbukti. Mereka dibantai tanpa belas kasih hanya gara-gara konsisten mengibarkan panji Islam.

Sungguh, jalan dakwah itu tidak mudah, akan ada banyak persoalan yang datang mendera. Namun keimanan para pejuang tak kan pernah kalah. Sekuat apapun musuh-musuh Islam menghadang, Allah Maha Kuasa untuk membongkarnya. Jalan dakwah itu tak pernah sepi, karena dakwah tak pernah mati. Memang ada saja pejuang dakwah yang terhempas keluar, namun selalu ada pula pejuang lain yang datang menggantikan. Sebab pada dasarnya, bukan dakwah yang membutuhkan manusia, tetapi manusialah yang membutuhkan dakwah. Begitulah, dakwah ideologis akan tetap berdiri, sekalipun musuh Islam tak berhenti menghalangi.

 

Kemenangan Dakwah Ideologis

Sesungguhnya kemenangan ideologi Islam adalah sebuah kepastian. Ia adalah janji Allah yang tak kan pernah bisa dibendung oleh apapun. Maka, sudah sepatutnya para pengemban dakwah tetap tegar menghadapi rintangan. Mereka adalah manusia pilihan yang Allah turunkan untuk menyongsong sebuah kemenangan peradaban. Tanda-tanda kemenangan itu semakin terasa.

Umat Islam semakin hari kian mengerti siapa musuhnya. Ketidakadilan yang mereka terima telah bercerita tentang makna sebuah kedzaliman. Dengan luka yang sama, umat Islam dapat bersatu dalam ikatan takwa. Ideologi kapitalisme yang telah lama mencengkram, terbukti tak mampu mengayomi umat untuk mewujudkan hidup sejahtera. Karena itu, ini adalah kesempatan besar untuk kebangkitan ideologi Islam. Dan insyaAllah, tidak lama lagi kemenangan itu akan benar-benar terwujud.

Allah SWT berfiman dalam surat An Nur ayat 55, “Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh- sungguh akan menjadikan mereka berkuasa dimuka bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentausa. mereka tetap menyembahku-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan aku. dan Barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, Maka mereka Itulah orang-orang yang fasik”. Wallahu a’lam bishshawab. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Kecelakaan, Kaki Mahasiswi Akademi Dakwah ini Membusuk Terancam Amputasi. Ayo Bantu..!!

Kecelakaan, Kaki Mahasiswi Akademi Dakwah ini Membusuk Terancam Amputasi. Ayo Bantu..!!

Sudah 4 bulan Ulandari menahan pedihnya patah tulang kaki karena tak punya biaya. Lukanya menganga dan membusuk, jika tidak segera dioperasi, calon dai ini terancam akan kehilangan kaki kirinya....

Dana Terkumpul Rp 536 Juta, Masih Dibutuhkan Dana 214 Juta Lagi untuk Wakaf Produktif Muallaf

Dana Terkumpul Rp 536 Juta, Masih Dibutuhkan Dana 214 Juta Lagi untuk Wakaf Produktif Muallaf

Untuk pembelian tanah program wakaf produktif muallaf Bolaang Mongondow Sulawesi Utara masih dibutuhkan dana 214 juta rupiah. Ayo berwakaf Rp 15.000 per meter, agar harta kekal dan pahala terus...

Yuk Wakaf Tanah Rp 15.000 per Meter untuk Muallaf. Harta Kekal Abadi, Pahala Terus Mengalir

Yuk Wakaf Tanah Rp 15.000 per Meter untuk Muallaf. Harta Kekal Abadi, Pahala Terus Mengalir

Dalam satu desa terdapat 53 muallaf hidup prihatin pra-sejahtera. Hanya dengan 15.000 rupiah kita bisa berwakaf tanah satu meter untuk rumah dan pekerjaan mereka. Total kebutuhan 70 rupiah....

Qurrota Ayyuni: Yatim Pelajar Teladan Terlilit Tagihan Sekolah 8 Juta Rupiah. Ayo Bantu..!!!

Qurrota Ayyuni: Yatim Pelajar Teladan Terlilit Tagihan Sekolah 8 Juta Rupiah. Ayo Bantu..!!!

Anak yatim berprestasi ini selalu jadi juara sejak SD. Sang ayah hilang 9 tahun silam saat berdakwah ke luar kota. Terbelit kesulitan ekonomi, Ayu terbebani tagihan sekolah 8 juta rupiah....

Yuhendra-Yuliani: Keluarga Muallaf dan Yatim Dhuafa Butuh Modal Usaha, Ayo Bantu!!!

Yuhendra-Yuliani: Keluarga Muallaf dan Yatim Dhuafa Butuh Modal Usaha, Ayo Bantu!!!

Dalam iman, rumah tangga muallaf ini sangat bahagia. Namun dalam hal ekonomi, pasangan pengamen dan tukang ojek yang memiliki 3 yatim ini sangat dhuafa dan memprihatinkan....

Latest News
Refleksi 2017: Rezim Represif terhadap Gerakan dan Tokoh Kritis

Refleksi 2017: Rezim Represif terhadap Gerakan dan Tokoh Kritis

Rabu, 24 Jan 2018 14:52

[VIDEO] Ustadz Muhammad Setiawan: LGBT Tak Sesuai Fitrah Manusia

[VIDEO] Ustadz Muhammad Setiawan: LGBT Tak Sesuai Fitrah Manusia

Rabu, 24 Jan 2018 14:29

3 Wanita Asal Prancis yang Bergabung dengan Islamic State (IS) Terancam Hukuman Mati di Irak

3 Wanita Asal Prancis yang Bergabung dengan Islamic State (IS) Terancam Hukuman Mati di Irak

Rabu, 24 Jan 2018 13:45

PB PII Akan Gelar Rapimnas di Jakarta

PB PII Akan Gelar Rapimnas di Jakarta

Rabu, 24 Jan 2018 13:27

Panggil Saksi Persekusi UAS, Polri Diharap Percepat Pemberkasan

Panggil Saksi Persekusi UAS, Polri Diharap Percepat Pemberkasan

Rabu, 24 Jan 2018 13:19

Siapapun yang Menang dalam Pilgub Jatim, Tetap Sebagai Pengaman Pilpres 2019

Siapapun yang Menang dalam Pilgub Jatim, Tetap Sebagai Pengaman Pilpres 2019

Rabu, 24 Jan 2018 13:11

Ketua MPR Bisa jadi Sengaja Lempar Isu LGBT karena Ingin Melawan Arus

Ketua MPR Bisa jadi Sengaja Lempar Isu LGBT karena Ingin Melawan Arus

Rabu, 24 Jan 2018 12:11

Trump Berpihak ke Homo dan Lesbi, Putin Sebaliknya, Ka'ban: Bersikaplah, Jokowi

Trump Berpihak ke Homo dan Lesbi, Putin Sebaliknya, Ka'ban: Bersikaplah, Jokowi

Rabu, 24 Jan 2018 11:11

13 Juta vs 1,6 Milyar, Siapa yang Unggul?

13 Juta vs 1,6 Milyar, Siapa yang Unggul?

Rabu, 24 Jan 2018 10:10

Paska Diperiksa, Dahnil: Saya akan Lebih Keras Mengawasi Kinerja Polisi

Paska Diperiksa, Dahnil: Saya akan Lebih Keras Mengawasi Kinerja Polisi

Rabu, 24 Jan 2018 09:55

Anies Ajak Masyarakat Jakarta Lakukan Salat Gerhana Bulan Total

Anies Ajak Masyarakat Jakarta Lakukan Salat Gerhana Bulan Total

Rabu, 24 Jan 2018 08:55

Tahun Politik, Presidium Alumni 212: Setop Alergi Politik

Tahun Politik, Presidium Alumni 212: Setop Alergi Politik

Rabu, 24 Jan 2018 06:19

[VIDEO] Muhammadiyah Siap Advokasi Masyarakat Terdampak Limbah PT RUM

[VIDEO] Muhammadiyah Siap Advokasi Masyarakat Terdampak Limbah PT RUM

Rabu, 24 Jan 2018 05:52

Hijab; antara Fashion dan Panggung Politik

Hijab; antara Fashion dan Panggung Politik

Rabu, 24 Jan 2018 00:27

Jangan Ada (Cinta) Mantan di Antara Kita

Jangan Ada (Cinta) Mantan di Antara Kita

Selasa, 23 Jan 2018 23:51

Tingkatkan Semangat Belajar Islam, Puluhan Mahasiswa Ikuti Ngariung Dakwah

Tingkatkan Semangat Belajar Islam, Puluhan Mahasiswa Ikuti Ngariung Dakwah

Selasa, 23 Jan 2018 21:53

Masuk Radar Capres Demokrat: Pasangkanlah Anies dengan AHY

Masuk Radar Capres Demokrat: Pasangkanlah Anies dengan AHY

Selasa, 23 Jan 2018 21:51

Jika hanya Kaos, Sepeda, dan Sendal Jepit, Apa yang Dijanjikan Jokowi jika Ingin 2 Periode?

Jika hanya Kaos, Sepeda, dan Sendal Jepit, Apa yang Dijanjikan Jokowi jika Ingin 2 Periode?

Selasa, 23 Jan 2018 20:43

Bagi Warga yang Merasa Haknya Dirampas oleh Aturan Negara, Laporkan ke sini

Bagi Warga yang Merasa Haknya Dirampas oleh Aturan Negara, Laporkan ke sini

Selasa, 23 Jan 2018 15:57

Akan Banyak Turun ke Jalan Peringati Runtuhnya Orba, Fahri Usulkan Amandemen UUD Lagi

Akan Banyak Turun ke Jalan Peringati Runtuhnya Orba, Fahri Usulkan Amandemen UUD Lagi

Selasa, 23 Jan 2018 14:57


Mukena bordir mewar harga murah

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X