Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.768 views

Beginilah Jalan Dakwah

Oleh: Firdaus Bayu (Syabab HTI Jombang)

Jalan dakwah, jalannya para kekasih Allah yang selalu Dia jaga dimanapun mereka berada, yang Dia lindungi kemana saja mereka pergi, dan Dia arahkan kemanapun mereka berjalan. Likunya terjal penuh aral, tapi para pendakinya tak pernah letih melampaui. Mereka membersamai Allah siang dan malam, tak takut dengan ancaman, tak jatuh karena hujatan. Mereka tak pernah susah dengan dunia, sebab sorotan mata mereka jauh ke depan merindui surga yang kian mendekat dalam pikiran.

Dengan dakwah, Islam akan terus tersebar ke benak-benak manusia. Dakwah dapat mengubah yang buta jadi melihat, yang tuli jadi mendengar. Iman yang kita genggam hari ini, adalah buah dakwah para ulama yang kala itu gigih berjuang.

 

Urgensitas Dakwah Ideologis

Dakwah ideologis adalah seruan atas kaum muslimin untuk menerapkan Islam sebagai ideologi. Hal itu merupakan konsekuensi logis dalam berakidah, sebab Islam bukanlah sebatas agama ritual, tetapi juga sebuah mabda’ (ideologi) yang harus diwujudkan dalam kehidupan secara utuh, tak terpisah satu pun darinya.

Di saat syariat Islam tak lagi terangkai sebagai sebuah sistem negara yang sempurna, dakwah ideologis menjadi hal yang begitu mendesak. Seperti hari ini, hukum-hukum Islam kian terlantar, kaum muslimin dibendung tanpa dapat menunaikan syariatnya kecuali sebagian kecil saja. Mereka dipaksa tunduk terhadap hukum kufur yang jelas-jelas menyelisihi perintah Allah dan Rasul-Nya. Umat Islam yang seharusnya menjadi umat terbaik, kini terjepit tanpa daya.

Negeri-negeri Islam di sebagian wilayah dijajah secara fisik. Bom-bom diluncurkan siang dan malam. Perempuan mereka diperkosa, anak-anak mereka dipaksa melihat kebiadaban. Di sebagian wilayah lainnya, kekayaan negeri-negeri kaum muslimin diperas habis tanpa peduli. Penguasa negeri yang seharusnya menjadi pelindung, justru menjadi pendukung ideologi dan kepentingan penjajah. Begitulah nasib kaum muslimin tanpa penerapan sistem Islam di dalamnya. Mereka seperti ikan yang tergeletak di daratan. Menggelepar tak berdaya, mati perlahan karena jauh dari syariatnya.

Oleh karena itu, dakwah ideologis hari ini semesthinya menjadi tema utama. Umat butuh penyadaran tentang penjajahan yang menimpa dan urgensitas sistem Islam sebagai solusinya. Dahulu, Rasulullah SAW tidak hanya menyampaikan ayat shalat, namun juga kewajiban agung berjihad. Kala itu, Rasulullah SAW bukan sekedar menjelaskan bagaimana wajibnya berpuasa, melainkan juga bagaimana hidup bersyariat dalam sebuah negara. Bangsa Arab yang sebelumnya tak mengenal Tauhid, menjadi kaum beriman yang terdidik. Mereka yang sebelumnya tenggelam dalam gelapnya masa, menjadi mercusuar peradaban dunia. Itulah Islam, komperhensif dan solutif.

 

Jalan Dakwah Itu Terjal

Dakwah adalah misi para Nabi dan Rasul, manusia pilihan yang begitu tegar atas bermacam cobaan. Siapa saja yang mengikuti jalannya, akan menjumpai aral yang sama. Cacian, fitnah, himpitan, bahkan ancaman fisik akan melintang. Jiwa yang telah membenami dakwah, akan selalu bijak ketika musuh-musuh mempredikatinya teroris. Sungguh, sematan yang tak dapat diterima logika. Islam yang mengajarkan kerukunan, justru dituduh menteror. Namun begitulah sikap manusia yang kehilangan iman, apapun bisa diperbuat untuk kepentingan yang hendak didapat. Para pendakwah ideologis juga akan selalu teguh saat musuh-musuh menuduhnya berbahaya dan ancaman negara.

Sungguh, tuduhan yang tak masuk akal tanpa dasar. Bagaimana mungkin ideologi Islam yang dengannya akan terwujud rahmatan lil ‘alamin dikatakan sebagai sebuah ancaman yang berbahaya. Justru kebijakan-kebijakan  liberal yang terlahir dari sistem kufur itulah yang menjadi ancaman nyata dan berbahaya bagi negara. Tak sekedar labelisasi dan tuduhan, musuh-musuh Islam juga tak segan melakukan penyiksaan fisik untuk menghadang laju dakwah ideologi Islam. Telah banyak para pejuang yang gugur di medan dakwah lantaran kebengisan musuh-musuh Islam. Mereka ditembak atas dugaan yang belum tentu terbukti. Mereka dibantai tanpa belas kasih hanya gara-gara konsisten mengibarkan panji Islam.

Sungguh, jalan dakwah itu tidak mudah, akan ada banyak persoalan yang datang mendera. Namun keimanan para pejuang tak kan pernah kalah. Sekuat apapun musuh-musuh Islam menghadang, Allah Maha Kuasa untuk membongkarnya. Jalan dakwah itu tak pernah sepi, karena dakwah tak pernah mati. Memang ada saja pejuang dakwah yang terhempas keluar, namun selalu ada pula pejuang lain yang datang menggantikan. Sebab pada dasarnya, bukan dakwah yang membutuhkan manusia, tetapi manusialah yang membutuhkan dakwah. Begitulah, dakwah ideologis akan tetap berdiri, sekalipun musuh Islam tak berhenti menghalangi.

 

Kemenangan Dakwah Ideologis

Sesungguhnya kemenangan ideologi Islam adalah sebuah kepastian. Ia adalah janji Allah yang tak kan pernah bisa dibendung oleh apapun. Maka, sudah sepatutnya para pengemban dakwah tetap tegar menghadapi rintangan. Mereka adalah manusia pilihan yang Allah turunkan untuk menyongsong sebuah kemenangan peradaban. Tanda-tanda kemenangan itu semakin terasa.

Umat Islam semakin hari kian mengerti siapa musuhnya. Ketidakadilan yang mereka terima telah bercerita tentang makna sebuah kedzaliman. Dengan luka yang sama, umat Islam dapat bersatu dalam ikatan takwa. Ideologi kapitalisme yang telah lama mencengkram, terbukti tak mampu mengayomi umat untuk mewujudkan hidup sejahtera. Karena itu, ini adalah kesempatan besar untuk kebangkitan ideologi Islam. Dan insyaAllah, tidak lama lagi kemenangan itu akan benar-benar terwujud.

Allah SWT berfiman dalam surat An Nur ayat 55, “Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh- sungguh akan menjadikan mereka berkuasa dimuka bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentausa. mereka tetap menyembahku-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan aku. dan Barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, Maka mereka Itulah orang-orang yang fasik”. Wallahu a’lam bishshawab. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Tanggap Bencana: Relawan IDC, Dai Motivator dan Tim Medis PDUI Bertolak ke Palu. Ayo Bantu.!!

Tanggap Bencana: Relawan IDC, Dai Motivator dan Tim Medis PDUI Bertolak ke Palu. Ayo Bantu.!!

Bencana Palu adalah Derita Kita Semua. Relawan IDC bekerja sama dengan PDUI menerjunkan relawan, dai motivator dan tim medis....

Masya Allah..!!! Driver Gojek Motor Wakafkan Mobil Dakwah kepada IDC

Masya Allah..!!! Driver Gojek Motor Wakafkan Mobil Dakwah kepada IDC

Bila cinta Allah sudah melekat, tak ada yang bisa menghalangi amal infak. Wakaf mobil bagi driver gojek motor pun menjadi ringan. Semoga Allah memberkahi dan menggantinya dengan yang lebih baik....

Ayo Waqaf: Harta Kekal Dibawa Mati, Pahala Terus Mengalir Jadi Investasi Abadi

Ayo Waqaf: Harta Kekal Dibawa Mati, Pahala Terus Mengalir Jadi Investasi Abadi

Wakaf tidak menghabiskan harta, justru mengekalkan harta. Pahalanya terus mengalir tak terbatas usia, manfaatnya dirasakan umat seluas-luasnya dari generasi ke generasi...

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

Relawan IDC Solo Raya menyerahkan wakaf sepeda motor kepada Ustadz Sriyono untuk menunjang aktifitas dakwah di tempat-tempat terpencil yang sulit dijangkau di lereng Gunung Lawu...

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

Aktivis masjid ini menderita tumor ganas dan tidak bisa berobat karena terbentur biaya. Daging tumornya terus membesar seukuran bola futsal. Ayo bantu bisa bekarja dan berjamaah di masjid lagi....

Latest News
Penyelidik Turki Periksa Hutan Belgrad di Istanbul Terkait Lenyapnya Jamal Khashoggi

Penyelidik Turki Periksa Hutan Belgrad di Istanbul Terkait Lenyapnya Jamal Khashoggi

Jum'at, 19 Oct 2018 21:05

Pejuang Oposisi Serang Wilayah yang Dikuasai Pasukan Pemerintah di Kota Alppo

Pejuang Oposisi Serang Wilayah yang Dikuasai Pasukan Pemerintah di Kota Alppo

Jum'at, 19 Oct 2018 20:45

LPPOM MUI Kembali Gelar Pameran Halal Internasional di Smesco

LPPOM MUI Kembali Gelar Pameran Halal Internasional di Smesco

Jum'at, 19 Oct 2018 20:39

Ulama Terkemuka Inggris Syaikh Anjem Choudary Dibebaskan dari Penjara

Ulama Terkemuka Inggris Syaikh Anjem Choudary Dibebaskan dari Penjara

Jum'at, 19 Oct 2018 16:15

Sesat Pikir Intoleransi

Sesat Pikir Intoleransi

Jum'at, 19 Oct 2018 14:39

Sempat Masuk Ke Dalam Tanah yang Terbelah, Ini Cerita Korban Gempa di Balaroa

Sempat Masuk Ke Dalam Tanah yang Terbelah, Ini Cerita Korban Gempa di Balaroa

Jum'at, 19 Oct 2018 14:18

Relatif Kondusif Dua Pekan Pasca Gempa Palu, Insiden Jarah Sempat Terjadi di Pelabuhan

Relatif Kondusif Dua Pekan Pasca Gempa Palu, Insiden Jarah Sempat Terjadi di Pelabuhan

Jum'at, 19 Oct 2018 14:02

Mengenal Titik Kritis Kehalalan Biskuit

Mengenal Titik Kritis Kehalalan Biskuit

Jum'at, 19 Oct 2018 10:17

Racun LGBT Ancam Generasi

Racun LGBT Ancam Generasi

Jum'at, 19 Oct 2018 09:56

Indonesia Darurat Maksiat, Saatnya Bertobat

Indonesia Darurat Maksiat, Saatnya Bertobat

Jum'at, 19 Oct 2018 00:07

Azab Allah untuk Kaum Sodom, Akankah Terulang?

Azab Allah untuk Kaum Sodom, Akankah Terulang?

Kamis, 18 Oct 2018 23:53

Penyusup Taliban Tembak Mati Salah Satu Jenderal Paling Berpengaruh di Afghanistan

Penyusup Taliban Tembak Mati Salah Satu Jenderal Paling Berpengaruh di Afghanistan

Kamis, 18 Oct 2018 22:30

Serangan Udara AS Secara Keliru Targetkan Militan Komunis Kurdi di Deir Al-Zor

Serangan Udara AS Secara Keliru Targetkan Militan Komunis Kurdi di Deir Al-Zor

Kamis, 18 Oct 2018 21:45

Fahri Hamzah Respon Keluhan Jokowi Soal BPJS Kesehatan dan Singgung KIS

Fahri Hamzah Respon Keluhan Jokowi Soal BPJS Kesehatan dan Singgung KIS

Kamis, 18 Oct 2018 18:39

Untuk ‘’Wong Cilik’’ Anies Menata Jakarta

Untuk ‘’Wong Cilik’’ Anies Menata Jakarta

Kamis, 18 Oct 2018 18:00

Letnan Saudi Diduga Terlibat Kasus Hilangnya Jamal Khashoggi Tewas dalam Kecelakaan Mobil

Letnan Saudi Diduga Terlibat Kasus Hilangnya Jamal Khashoggi Tewas dalam Kecelakaan Mobil

Kamis, 18 Oct 2018 17:45

Istighfar Menangkal Datangnya Bencana

Istighfar Menangkal Datangnya Bencana

Kamis, 18 Oct 2018 14:29

Penjaga Masjid Kuno, Selamat Dari Terjangan Tsunami

Penjaga Masjid Kuno, Selamat Dari Terjangan Tsunami

Kamis, 18 Oct 2018 13:00

Kasus Hilangnya Khashoggi: Penyidik Turki Kembali Lakukan Penggeledahan di Konsulat Saudi

Kasus Hilangnya Khashoggi: Penyidik Turki Kembali Lakukan Penggeledahan di Konsulat Saudi

Kamis, 18 Oct 2018 11:30

Kasus Suap Meikarta, Budayawan Bekasi : Mereka Kena Balasan

Kasus Suap Meikarta, Budayawan Bekasi : Mereka Kena Balasan

Kamis, 18 Oct 2018 09:05


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X