Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.024 views

Passed Out Challenge, Tantangan Maut yang Nggak Kreatif!

Oleh : Septa Yunis*

Sobat voa-islam yang dirahmati Allah, apa kabar? Semoga tetap semangat mewujudkan impian, cita-cita, dan kreatifitas yang membanggakan. Sebagai remaja yang bisa dibilang usianya produktif dan banyak ingin tahu alias kepo, kita harus bisa menciptakan karya-karya atau kreatifitas yang membanggakan. Dengan begitu masa remaja kita tidak akan terbuang sia-sia. Eits tapi jangan menciptakan sesuatu yang mubadzir alias membahayakan orang lain ya! Kalau nggak hati-hati, kreativitas itu malah bisa jadi keluar dari rambu-rambu agama loh. Wah itu nggak bingit yah, Sob.

Oh ya, tahu ngga sih kalian apa yang lagi nge-hits di kalangan remaja saat ini? Yups, tidak lain dan tidak bukan adalah sesuatu yang ada kaitannya dengan challenge. Kalo bahasa kita sih menyebutnya tantangan. Saat ini lagi tuh booming tuh hal beginian di media sosial.

Para remaja dengan segudang kreativitas tanpa batasnya menciptakan berbagai macam challenge alias tantangan dan itu jadi tren di dunia maya. Contohnya challenge makan mie samyang. Tahu kan samyang itu apa? Samyang adalah sejenis mie instan dari negeri ginseng yang pedasnya selangit. Nggak hanya itu aja, masih ada challenge-challenge yang lain seperti sopir bus challenge, mannequin challenge, dan lain sebagainya. Entah darimana para remaja itu mendapatkan ide gilanya, yang jelas challenge tertentu makin marak di internet.

Masih tentang challenge nih sob, challenge terbaru yang tengah jadi tren saat ini di kalangan remaja usia sekolah adalah Skip Challenge atau Passed out Challenge. Sebetulnya yah Sob, Challenge ini sudah muncul sejak tahun 2008 lalu di luar negeri, hanya saja di Indonesia Skip Challenge baru jadi viral beberapa minggu belakangan ini. Trus, apa sih Skip Challenge itu?

Skip Challenge merupakan permainan yang dilakukan oleh sekelompok anak sekolah untuk menahan dada agar tidak bernapas, karena menahan dada itu si pelaku menjadi pingsan. Bagi para pelakunya, pingsan atau kejang-kejang setelah melakukan challenge ini dianggap sesuatu yang lucu alias sesuatu yang wajib untuk ditertawakan. Kejang-kejang kok sesuatu yang lucu, capek deh. Miris plus ngeri yah sob lihat kelakuan remaja zaman sekarang?

Menurut IU Health Pediatrician, Dr. Michael McKenna, Skip Challenge atau Pass Out Challenge dapat meningkatkan detak jantung secara drastis. Bahaya fatal dari game yang juga sering disebut sebagai choking game atau space monkey ini adalah kematian. Sebab praktik game ini adalah untuk memutus aliran oksigen ke otak yang membuat seseorang pingsan seketika. “Kapan pun seseorang berusaha mengganggu aliran oksigen ke otak hal itu menimbulkan risiko yang besar. Hal ini dapat menimbulkan kematiandan juga kerusakan otak,” ujar Dr. Michael McKenna. (kapanlagi.com)

Pernyataan tersebut dipertegas dengan adanya kasus kematian seorang anak di California, Amerika Serikat. Bocah berusia 11 tahun yang bernama Davarious Gray meninggal setelah melakukan Skip Challenge atau Pass out Challenge ini. Kira – kira apa ya yang membuat para remaja itu berkreasi tanpa batas alias kebablasan tanpa memikirkan bahayanya?

...Bagi para pelakunya, pingsan atau kejang-kejang setelah melakukan challenge ini dianggap sesuatu yang lucu alias sesuatu yang wajib untuk ditertawakan. Kejang-kejang kok sesuatu yang lucu, capek deh...

Ternyata, salah satu faktornya adalah minimnya pemahaman mereka akan agama. Kok bisa gitu? Di sekolah umum atau sekolah yang tidak berbasis keislaman, pelajaran agama cuma 2 jam untuk 1 minggu, itu pun hanya pelajaran dasar. Sistem saat ini juga sangat mendukung para pelajar untuk melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat bahkan membahayakan nyawa orang lain, contohnya yah membuat challenge yang nggak bermoral itu. Masih ingat kan bahwa sistem yang ada saat ini memang memisahkan kehidupan dengan agama? Agama dianggap bukan aturan yang sesuai untuk zaman sekarang. Hellow ini bumi Allah bray, masa iya aturan Allah dikesampingkan? Duh, miris bingit!

Coba deh Sob kalian renungkan, kita ini hidup di buminya Allah, lah kok malah aturan Allah nggak dijalankan. Kita numpang di rumah orang aja harus ikuti aturan yang punya rumah. Kalau buat aturan sendiri, pasti yang punya rumah marah dan bisa-bisa kita diusir. Kita ini juga numpang di bumi Allah loh, jadi sepatutnya harus ngikuti aturan yang ditumpangi, bukan malah bikin aturan sendiri. Kalo kita sampai diusir Allah, mau kemana kita?

Sobat voa-islam yang dicintai Allah, Islam sangat menghargai orang yang kreatif dan bermanfaat bagi yang lain. Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa dapat memberikan suri tauladan yang baik dalam Islam, lalu suri tauladan tersebut dapat diikuti oleh orang-orang sesudahnya, maka akan dicatat untuknya pahala sebanyak yang diperoleh orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi sedikitpun pahala yang mereka peroleh. Sebaliknya, barang siapa memberikan suri tauladan yang buruk dalam Islam, lalu suri tauladan tersebut diikuti oleh orang-orang sesudahnya, maka akan dicatat baginya dosa sebanyak yang diperoleh orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa yang mereka peroleh sedikitpun.” (HR Muslim 8/61)

Kreatif juga ada aturannya. Dalam Islam, kreativitas nggak boleh keluar dari rambu-rambu akidah dan syariat. Islam mengajarkan kehormatan, sopan santun dan kesucian diri. Seorang muslim boleh menuangkan daya kreativitasnya asal nggak ‘ngotorin’ atau merusak ajaran Islam yang sempurna banget. Kreativitas yang bertentangan dengan akidah Islam nggak bisa ditolerir. Kreativitas seorang muslim harus diarahkan untuk menambah keimanan baik melalui ibadah seperti shalat, puasa, bersedekah, berdoa, membaca dan mentadabburi al-Quran.

Kalo kamu mau jadi kreatif nggak perlu deh melecehkan atau menyelisihi akidah, syariat dan akhlak Islam. Nggak perlu membuat sensasi murahan atau kontroversi rendahan. Remaja dan pemuda muslim harus mengarahkan kreativitasnya dalam hal yang mendatangkan pahala dan keridhaan Allah. Misalnya ikut organisasi keislaman dan aktif berdakwah, ikut kepanitiaan atau kegiatan lain. Kreativitasmu itu bisa kamu salurkan untuk kegiatan tersebut. Insya Allah yang begini ini akan membuat kita maju dan berkembang.

Kamu pun bisa jadi penyeru kreatif, misalnya berdakwah lewat sosial media. Kamu yang tertarik dengan bidang film bisa juga tuh buat film kreatif yang islami. Banyak kan sekarang film pendek yang di dalamnya ngasih gambaran soal keharaman pacaran dalam Islam. Itu salah satu contohnya.

So, sekarang kamu udah tahu kan ternyata masih banyak hal lain yang bisa dilakukan dan tentunya bermanfaat. Sip deh. Mulai sekarang kuatkan tekad untuk menjadi remaja muslim yang kreatif ya. Bukan yang yang lain. Tetap semangat! (riafariana/voa-islam.com)

*tim Kreatif Muslimah Voice

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Bayi Anak Ustadz Pesantren Qur'an ini Kritis Menderita Toxoplasmosis. Ayo Bantu.!!!

Bayi Anak Ustadz Pesantren Qur'an ini Kritis Menderita Toxoplasmosis. Ayo Bantu.!!!

Sudah 9 hari bayi Tazkia kritis terinfeksi toxoplasma. Sang ayah, Ustadz Yusron pengasuh pesantren Tahfizh Al-Qur'an Sukoharjo terbentur biaya yang sudah mencapai 31 juta rupiah...

Dihantam Truk Tronton, Ustadz Hibatullah Tak Sadarkan Diri 7 Hari. Ayo Bantu.!!!

Dihantam Truk Tronton, Ustadz Hibatullah Tak Sadarkan Diri 7 Hari. Ayo Bantu.!!!

Mujahid Dakwah ini mengalami kecelakaan hebat: rahangnya bergeser harus dioperasi; bibir atas sobek hingga hidung; tulang pinggul retak. Ayo bantu supaya bisa beraktivitas dakwah lagi....

Keluarga Yatim Muallaf Hidup Serba Kekurangan. Ayo Bantu Beasiswa dan Modal Usaha.!!

Keluarga Yatim Muallaf Hidup Serba Kekurangan. Ayo Bantu Beasiswa dan Modal Usaha.!!

Tak berselang lama setelah berikrar masuk Islam bersama seluruh keluarganya, Ganda Korwa wafat meninggalkan istri dan 6 anak yatim. Kondisi mereka sangat mengenaskan....

Bertarung Nyawa Melawan Tumor Ganas, Faizal Drop Out dari Pesantren. Ayo Bantu.!!!

Bertarung Nyawa Melawan Tumor Ganas, Faizal Drop Out dari Pesantren. Ayo Bantu.!!!

Tanpa didampingi ayah-bunda, ia menahan perihnya tumor ganas. Daging tumor dengan luka menganga menutupi separo wajahnya. Studi di Pesantren pun tidak sanggup ditempuhnya sampai tamat....

Lahir Keracunan Ketuban, Bayi Anak Aktivis Islam Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu!!!

Lahir Keracunan Ketuban, Bayi Anak Aktivis Islam Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu!!!

Usai persalinan, bayi Ummu Azmi kritis di NICU karena keracunan ketuban saat persalinan. Biaya perawatan cukup mahal, hari pertama saja mencapai 8 juta rupiah. Butuh uluran tangan kaum muslimin....

Latest News
Rusia Kembali Veto Resolusi Senjata Kimia Suriah

Rusia Kembali Veto Resolusi Senjata Kimia Suriah

Sabtu, 18 Nov 2017 16:39

Al-Azhar dan Darul Iftaah Batasi Ulama yang Bisa Berfatwa di Televisi

Al-Azhar dan Darul Iftaah Batasi Ulama yang Bisa Berfatwa di Televisi

Sabtu, 18 Nov 2017 16:28

Kanada Desak Myanmar Laksanakan Resolusi PBB untuk Rakhine

Kanada Desak Myanmar Laksanakan Resolusi PBB untuk Rakhine

Sabtu, 18 Nov 2017 16:25

(Video) Jawaban Dubes Saudi Terkait Fatwa Mufti Saudi Hamas Teroris

(Video) Jawaban Dubes Saudi Terkait Fatwa Mufti Saudi Hamas Teroris

Sabtu, 18 Nov 2017 16:12

Diduga Jurnalis MetroTV Terlibat Rekayasa Kecelakaan Setya Novanto, Benarkah?

Diduga Jurnalis MetroTV Terlibat Rekayasa Kecelakaan Setya Novanto, Benarkah?

Sabtu, 18 Nov 2017 10:42

Perjuangan Mahasiswa Tidak Akan Pernah Mati

Perjuangan Mahasiswa Tidak Akan Pernah Mati

Sabtu, 18 Nov 2017 10:41

Apa Hubungannya Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan Meikarta?

Apa Hubungannya Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan Meikarta?

Sabtu, 18 Nov 2017 10:11

Menyoal Penyederhanaan Listrik

Menyoal Penyederhanaan Listrik

Sabtu, 18 Nov 2017 09:33

Keadilan yang Hilang

Keadilan yang Hilang

Sabtu, 18 Nov 2017 08:14

Gejala Adanya Motif Lain dari Infrastruktur, Politisi: Saya Tak Curiga Nasionalismenya Jokowi, tapi

Gejala Adanya Motif Lain dari Infrastruktur, Politisi: Saya Tak Curiga Nasionalismenya Jokowi, tapi

Sabtu, 18 Nov 2017 08:11

Ada Dugaan Motif Lain sehingga Pekerja Asing justru Bekerja di Proyek Infrastruktur

Ada Dugaan Motif Lain sehingga Pekerja Asing justru Bekerja di Proyek Infrastruktur

Jum'at, 17 Nov 2017 22:13

Pengadilan Jerman Izinkan Maskapai Kuwait Airways Tolak Angkut Warga Israel

Pengadilan Jerman Izinkan Maskapai Kuwait Airways Tolak Angkut Warga Israel

Jum'at, 17 Nov 2017 21:00

Menimbang Dua Putusan Pengadilan Buni Yani dengan Ahok

Menimbang Dua Putusan Pengadilan Buni Yani dengan Ahok

Jum'at, 17 Nov 2017 20:30

Israel Luncurkan Aplikasi Smartphone Penghancuran Masjid Al-Aqsa, Menggantinya dengan Kuil Suci

Israel Luncurkan Aplikasi Smartphone Penghancuran Masjid Al-Aqsa, Menggantinya dengan Kuil Suci

Jum'at, 17 Nov 2017 20:17

Biaya Dipertanyakan, Proyek Ini Akhirnya Berpotensi Kuat Terganggu

Biaya Dipertanyakan, Proyek Ini Akhirnya Berpotensi Kuat Terganggu

Jum'at, 17 Nov 2017 20:13

MUI Tolak Aliran Kepercayaan Dicantumkan pada Kolom Agama KTP

MUI Tolak Aliran Kepercayaan Dicantumkan pada Kolom Agama KTP

Jum'at, 17 Nov 2017 19:24

Di Solo Ada Sekitar 11 Ribu Penghayat Aliran Kepercayaan, Pemkot Lakukan Pendataan Ulang

Di Solo Ada Sekitar 11 Ribu Penghayat Aliran Kepercayaan, Pemkot Lakukan Pendataan Ulang

Jum'at, 17 Nov 2017 18:54

Dipaksakan, Pemerintahan Jokowi Diprediksi akan Kehabisan Nafas menjelang Pemilu

Dipaksakan, Pemerintahan Jokowi Diprediksi akan Kehabisan Nafas menjelang Pemilu

Jum'at, 17 Nov 2017 18:13

Sebut Takbir Bukti Teroris, Wakil Ketua MPR: Pakailah Akal Sehat, Tarik Ucapan dan Minta Maaflah

Sebut Takbir Bukti Teroris, Wakil Ketua MPR: Pakailah Akal Sehat, Tarik Ucapan dan Minta Maaflah

Jum'at, 17 Nov 2017 16:13

Ini Kejanggalan Kecelakaan Lalin Setnov Menurut Tokoh Muda Golkar

Ini Kejanggalan Kecelakaan Lalin Setnov Menurut Tokoh Muda Golkar

Jum'at, 17 Nov 2017 15:00


Mukena bordir mewar harga murah

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X