Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.860 views

Kisah Ashabul Ukhdud (Bagian-1)

Oleh: Dita Fauziah (Mahasiswi STEI SEBI)

Dikisahkan pada zaman dahulu kala, hiduplah seorang Raja yang sangat disegani oleh rakyatnya. Raja tersebut telah dinobatkan sebagai Tuhan dan disembah oleh para penghuni wilayah kerajaan.  Penyembahan yang dilakukan oleh rakyat bukan karena kehendak mereka sendiri, melainkan mereka ditipu daya oleh tukang sihir kerajaan, kaki tangan Raja. Mereka seperti disihir hingga akhirnya sangat setia menyembah sang Raja.

Tukang sihir tersebut sudah sangat tua renta, hingga suatu saat sang Raja mengalami kekhawatiran, “Wahai tukang sihir, usia mu kini sudah tua. Tubuh mu pun semakin lama akan semakin lemah. Aku khawatir, jika engkau telah tiada, rakyat tidak akan lagi menyembahku sebagai tuhan mereka” ucap sang Raja.

“Wahai Raja, engkau tidak perlu risau. Carilah seorang pemuda yang sangat cerdas untuk ku ajarkan ilmu sihir. Diia akan menggantikan posisi ku jika nanti aku telah tiada” jawab tukang sihir tersebut.

Tak berselang lama, Raja pun langsung menyuruh pengawalnya untuk mencari pemuda yang paling cerdas di wilayah kerajaannya. Dan ditemukanlah pemuda tersebut bernama Abdullah bin Tamir.

Abdullah bin Tamir diminta untuk menjadi penerus tukang sihir kerajaan. Tanpa berpikir panjang, Ia langsung menerima tawaran tersebut. Ia mulai menghayal, sebentar lagi dirinya akan dikenal oleh seluruh penduduk kerajaan. Posisinya akan sangat disegani oleh rakyat karena Ia menjadi orang kedua setelah Raja yang memiliki jabatan tertinggi di kerajaan.

***

Hari pertama belajar sihir, membuatnya sangat bersemangat. Meskipun jarak yang Ia tempuh dari rumahnya ke rumah tukang sihir sangat jauh, tapi tidak membuatnya bermalas-malasan. Dengan senang hati Ia langkahkan kaki menuju rumah tukang sihir.

Namun ketika diperjalanan, Ia mendengar suara yang sangat besar. “Wahai Dzat yang hidup kekal! Wahai Dzat yang terus menerus mengurus makhluk Nya. Wahai Dzat yang menciptakan bumi dan langit” begitu suara yang terdengar hingga sampai pada telinga Abdullah bin Tamir. Ia sangat penasaran dari mana suara itu berasal. Ditelusurinya suara tersebut, hingga mengantarkan Ia pada suatu gua. Karena merasa takut, rasa penasaran itu Ia hentikan sampai didepan gua saja. Kemudian dilanjutkan perjalanan menuju rumah tukang sihir.

***

Sesampainya dirumah tukang sihir, Ia mulai mempelajari ilmu-ilmu yang biasa digunakan oleh sang penyihir untuk memengaruhi rakyat kerajaan. Namun pikirannya melayang-layang kepada suara dari gua tadi, fokus untuk belajar sihir pun menjadi terpecah.

Melihat hal tersebut, sang penyihir bertanya, “Wahai penyihir kecil, ada apa gerangan yang membuatmu sulit berkonsentrasi pada pelajaran ini?”

“Ketika di perjalanan tadi, Aku mendengar suara aneh. Suara itu seperti memuji sesuatu yang menciptakan bumi dan langit. Suara itu berkata bahwa Ia Dzat yang Maha Kekal. Siapakah yang telah menciptakan bumi dan langit wahai penyihir?” tanya Abdullah.

Mendengar ucapan tersebut si penyihir marah, “Lupakan perkataan itu wahai anakku. Kau hanya harus mengabdi pada Raja. Ia adalah tuhanmu, maka sembahlah Ia.”

“Baiklah” jawab Abdullah dengan rasa penasaran yang begitu kuat bersarang dihatinya.

Abdullah mulai sadar bahwa sihir yang diajarkan merupakan tipu daya semata. Sihir ini tidak memberikan manfaat kepada dirinya, Ia hanya seperti dijadikan pelayan Raja. Padahal Raja hanya manusia biasa, yang ketika lapar membutuhkan makan, ketika haus butuh minum, dan ketika sakitpun Raja butuh obat, Ia tak bisa mengobati dirinya sendiri.

***

Keesokan harinya, Abdullah bin Tamir berangkat lagi kerumah Penyihir. Namun kali ini dengan semangat yang berbeda, tak seperti pertama berkunjung. Ia masih penasaran dengan suara yang terucap dari dalam gua, berharap hari itu Ia akan mendengar lagi gema suara dari gua tersebut.

Begitu melewati gua, benar saja suara itu terdengar kembali. Lalu, Ia beranikan diri untuk memasuki gua. Dan dilihatnya seorang kakek sedang mengadahkan kedua tangannya sambil mengucapkan doa-doa, “Wahai Dzat yang hidup kekal. Wahai Dzat yang terus menerus mengurus makhluk-Nya. Rabb langit dan bumi. Engkaulah Rabb yang patut disembah, tidak ada tuhan selain Engkau. Engkau Rabb pemilik alam semesta. Tidak ada tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau dan Engkau Maha Tinggi. ‘Arsy-Mu di atas langit, Wahat Dzat Yang Maha Penyayang. Maka, ampunilah aku dan kasihanilah aku.”

Tanpa sadar, Abdullah menitikan air mata. Ia merasa tersentuh ketika mendengar lantunan doa dari sang kakek. Hingga akhirnya, sang kakek melihat keberadaan Abdullah bin Tamir, “Wahai anakku, siapa namamu?” tanya sang kakek.

“Namaku Abdullah bin Tamir. Aku mendengarmu memanggil Rabbmu yang hidup kekal dan terus menerus mengurus makhluk-Nya, dan ucapanmu itu membuatku kagum” ucap Abdullah.

“Ya, Allah adalah Tuhan kita. Yang menciptakan aku, kamu dan Raja yang saat ini disembah oleh rakyat diluaran sana” lanjut si kakek menjelaskan.

“Tunjukkan aku bagaimana cara menyembah Allah” pinta Abdullah dengan keinginan yang begitu kuat mengenal Tuhannya.

Akhirnya, sang kakek mengajari Abdullah bagaimana menyembah dan bertasbih memuji Tuhannya. Lagi-lagi, tanpa sadar Ia teteskan air mata, merasa menemukan ketenangan ketika mengucapkan doa-doa kepada Allah. Bertambahlah keimanan Abdullah bin Tamir kepada Allah.

Ketika hendak melanjutkan perjalanan, sang kakek berpesan kepadanya, “Wahai anakku, janganlah engkau beritahukan keberadaanku kepada siapapun. Karena jika mereka mengetahui keberadaan ku, maka aku akan dibunuh begitu pula dengan engkau” ucap sang kakek.

“Baik, Kek” turut Abdullah

 

***

Kini Abdullah tidak lagi menghiraukan pelajaran-pelajaran sihir, karena Ia sadar semua hanya tipuan dan kebohongan besar. Yang terpenting baginya adalah setiap hari Ia harus singgah di gua untuk beribadah kepada Allah bersama sang kakek. Setiap kali waktunya belajar sihir, Ia datang terlambat karena harus berhenti di gua. Karena selalu terlambat, akhirnya si penyihir itu memarahi dan memukuli Abdullah akibat sikapnya yang tidak disiplin.

Karena merasa tertekan, Ia ceritakan pada sang kakek perihal masalah tadi. Sang kakek menjawab, “Pergilah dan beri alasan bahwa engkau terlambat karena ditahan oleh kedua orang tua mu dirumah.”

Abdullah bin Tamir mulai merasa bimbang jalan mana yang harus dipilihnya akibat tekanan yang Ia terima dari tukang sihir. Kemudian ketika di perjalanan, terdapat sejumlah orang memenuhi jalan. Ia penasaran dan didekatinya kerumunan tersebut. Dilihatnya binatang besar melintang hingga menghambat jalan. Lalu, Abdullah berinisiatif untuk mengusirnya dengan kerikil kecil, seraya berkata “Sekarang saatnya untuk membuktikan, apakah ucapan kakek yang lebih benar ataukah penyihir. Ya Allah, jika kakek yang lebih Engkau cintai daripada penyihir, maka jauhkanlah hewan ini dari jalan” sambil melempar kerikil ke arah binatang.

Dan benarlah, binatang tersebut pergi menjauhi jalan. Bertambahlah keimanan Abdullah bin Tamir. Kini Ia percaya bahwa Allah itu benar adanya. Semua yang dilakukannya adalah atas kuasa dan kehendak Allah. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla kayu di pelosok Garut ini menyedihkan. Dindingnya reyot, rapuh, dan keropos bisa roboh setiap saat. Dibutuhkan dana 50 juta rupiah untuk renovasi total bangunan permanen dan diperluas....

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Program Wakaf Sumur IDC telah menyalurkan dana 11 Juta rupiah untuk kebutuhan tandon air, pompa air dan perlengkapan sumur di Pesantren Tahfidz Quran (PTQ) Az Zuman, Jambu Kulon, Ceper, Klaten....

Latest News
Survei Internal Pentagon: Pasukan Militer AS Tidak Siap Untuk 'Bertempur Malam Ini'

Survei Internal Pentagon: Pasukan Militer AS Tidak Siap Untuk 'Bertempur Malam Ini'

Kamis, 28 Oct 2021 21:00

Puncak HUT ke-2 Partai Gelora Indonesia

Puncak HUT ke-2 Partai Gelora Indonesia

Kamis, 28 Oct 2021 20:40

UEA Kirim 12 Mantan Tahanan Guantanamo Ke Yaman

UEA Kirim 12 Mantan Tahanan Guantanamo Ke Yaman

Kamis, 28 Oct 2021 20:35

Fraksi PKS Tolak Rencana Kenaikan Harga Pertalite

Fraksi PKS Tolak Rencana Kenaikan Harga Pertalite

Kamis, 28 Oct 2021 20:35

Tes PCR Jadi Syarat Penerbangan:  Urgensi atau Bisnis?

Tes PCR Jadi Syarat Penerbangan: Urgensi atau Bisnis?

Kamis, 28 Oct 2021 20:22

Peretas Bocorkan Rincian Pribadi Ratusan Personel Tentara Israel

Peretas Bocorkan Rincian Pribadi Ratusan Personel Tentara Israel

Kamis, 28 Oct 2021 20:06

Demi Kualitas Pilpres, Capres Independen Layak Diperjuangkan

Demi Kualitas Pilpres, Capres Independen Layak Diperjuangkan

Kamis, 28 Oct 2021 19:08

Kisah Karir Bintang Klub Liverpool Mo Salah Akan Diajarkan Di Sekolah-sekolah Mesir

Kisah Karir Bintang Klub Liverpool Mo Salah Akan Diajarkan Di Sekolah-sekolah Mesir

Kamis, 28 Oct 2021 13:55

Diusia Senja Terus Mengais Rejeki Halal

Diusia Senja Terus Mengais Rejeki Halal

Kamis, 28 Oct 2021 12:25

Inilah Peran Laboratorium dalam Sertifikasi Halal

Inilah Peran Laboratorium dalam Sertifikasi Halal

Kamis, 28 Oct 2021 10:18

HNW: Kemenag Tak untuk Diklaim atau Dibubarkan

HNW: Kemenag Tak untuk Diklaim atau Dibubarkan

Kamis, 28 Oct 2021 08:09

Tarif PCR Turun! Ini Harga Terbarunya

Tarif PCR Turun! Ini Harga Terbarunya

Rabu, 27 Oct 2021 23:34

Kritik Keras Wacana Tes PCR Bagi Semua Moda Transportasi, Bukhori: Rakyat Bukan Sapi Perah!

Kritik Keras Wacana Tes PCR Bagi Semua Moda Transportasi, Bukhori: Rakyat Bukan Sapi Perah!

Rabu, 27 Oct 2021 23:16

Relawan Baraya Rajiv Serahkan Bantuan untuk Pasien Kanker di Banjaran Kabupaten Bandung

Relawan Baraya Rajiv Serahkan Bantuan untuk Pasien Kanker di Banjaran Kabupaten Bandung

Rabu, 27 Oct 2021 23:08

Perayaan HUT ke-2, Partai Gelora Angkat Tema 'Kolaborasi Indonesia Menuju 5 Besar Dunia'

Perayaan HUT ke-2, Partai Gelora Angkat Tema 'Kolaborasi Indonesia Menuju 5 Besar Dunia'

Rabu, 27 Oct 2021 22:50

Turki Kirim 200 Truk Penuh Peralatan Militer Dan Logistik Ke Suriah Utara

Turki Kirim 200 Truk Penuh Peralatan Militer Dan Logistik Ke Suriah Utara

Rabu, 27 Oct 2021 22:15

Warga Kashmir Terancam Tuduhan Teror Hanya Karena Dukung Kemenangan Tim Kriket Pakistan Atas India

Warga Kashmir Terancam Tuduhan Teror Hanya Karena Dukung Kemenangan Tim Kriket Pakistan Atas India

Rabu, 27 Oct 2021 21:55

Waspada Propaganda LGBT

Waspada Propaganda LGBT

Rabu, 27 Oct 2021 18:49

Sedih dan Malu, Garuda Indonesia Akan Hembuskan Napas Terakhir

Sedih dan Malu, Garuda Indonesia Akan Hembuskan Napas Terakhir

Rabu, 27 Oct 2021 18:28

Haftar Dan Saif Al-Islam Khadafi Gunakan Perusahaan Israel Untuk Jalankan Kampanye Pemilu Libya

Haftar Dan Saif Al-Islam Khadafi Gunakan Perusahaan Israel Untuk Jalankan Kampanye Pemilu Libya

Rabu, 27 Oct 2021 17:30


MUI

Must Read!
X