Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.401 views

Yang Asing dan Terasing

Oleh: Nur Aulia Risqi, S. E.

Islam datang dalam keadaan yang asing, akan kembali pula dalam keadaan asing. Sungguh beruntungnlah orang yang asing” (HR. Muslim no. 145).

Rasulullah beratus tahun lalu telah mengingatkan kita lewat hadist diatas betapa dulu Islam datang sebagai sesuatu yang sama sekali asing dan kelak di akhir zaman akan menjadi sesuatu yang asing sebagaimana awal kemunculannya. Ia tidak dikenal dengan baik kecuali oleh sedikit orang dan tidak diterapkan sesuai dengan yang disyariatkan kecuali sedikit dari manusia dan mereka asing.

Lalu siapakah dan apakah sesuatu yang asing ini? Yakni orang-orang yang menegakkan syariat Islam ketika yang lain meruntuhkannya.

Tentu kita belum lupa bagaimana ketika awal Islam hadir di Mekah, ketika itu berjalan sebuah kehidupan yang penuh kejahiliahan: orang-orang menyembah berhala, biasa mabuk-mabukkan, perzinaan dimana-mana, perjudian marak, dan riba merajalela, anak-anak perempuan dibunuh. Lalu kemudian Islam hadir menghentikan semua kejahiliahan itu dan mengubah keadaan. Perempuan dimuliakan, zina dan khamr dilarang, berhala dihancurkan dan pada akhirnya Islam berhasil tersebar dalam berbagai wilayah dari Andalusia hingga Nusantara.

Kini kita kembali pada keterasingan syariat Islam, dan terasingnya kaum muslimin yang teguh menerapkannya. Bagaimana masyarakat asing dengan jilbab, khimar, celana cingkrang, jenggot panjang dan juga kajian. Belum lagi bagaimana ummat begitu asing dengan beragam syariat. Mulai dari hukuman rajam yang dibilang melanggar hak asasi, hingga khilafah yang dikriminalisasi.

Secara perlahan praktek berislam, syariat Islam, terkikis dan hilang dari kehidupan, kecuali separuh darinya, yaitu ibadah. Separuh yang lain, yakni muamalah, tunduk dan putuh pada sistem asing tergantikan sistem riba, keblinger dengan demokrasi yang diunggulkan. Bahkan kini sulit membedakan kehidupan Muslim dan non-Muslim: uangnya, perbankannya, cara berdagangnya, mall dan supermarketnya, cara berinvestasinya, konstitusinya, cara berpakaiannya, makanannya bahkan aspirasi hidup dan cara berpikirnya.

Serupa dengan zaman Nabi dulu ketika semua menengak khamr, menyeru keharaman khamr adalah asing. Ketika di sekolah-sekolah diajarkan untuk menabung di bank dan berutang-piutang dengannya, menyatakan bahwa bank adalah biang riba yang haram, adalah asing. Ketika semakin banyak orang merasa nyaman belanja dengan kartu kredit di supermakket, mengatakan cara itu bertentangan dengan syariat, adalah asing.

Ketika kita mendakwahkan jilbab syar’i ditengah gempuran mode barat yang bajunya terbuka sana sini adalah asing. Ketika kita serukan memilih pemimpin kafir saat asing dan aseng mengkampanyekan dan memfigurkannya sebagai seseorang yang baik adalah asing. Itulah era kita kini. Ketika kita menyeru kebaikan tapi nampak asing bagi sebagian besar orang.

Tetapi, berbahagialah orang-orang asing ini, kata Nabi SAW. Sebab itu pertanda kita berada dalam jalan yang benar: menegakkan syariat, ketika yang lain merusakkannya. Sudah tentu, sesuatu yang telah menjadi asing, meski sebelumnya merupakan kelaziman, harus kembali diserukan kepada ummat. Cara terbaik untuk itu, tentu saja lewat dakwah. Kini saatnya kita berperan. Menyampaikan kebenaran.  Bukankah kita telah diperintahkan menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar?

“Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf fan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS Al -Imran : 104)

Waktu kita sungguh sangat terbatas. Maka mari menjadi asing. dan berbahagialah. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X