Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.596 views

Yang Muda Yang Tahu Malu

Oleh: Septiani Mulyana

(Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma)

Tik Tok adalah  sebuah aplikasi berbasis Android yang saat ini diganderungi masyarakat dari beragam usia khususnya remaja.

Tik Tok merupakan aplikasi penyunting video yang memungkinkan penggunanya untuk membuat kreasi video dengan menambahkan musik, ataupun melakukan lip-sync seolah bernyanyi dengan gaya tertentu.

Aplikasi  ini berasal  dari China, bahkan popularitasnya hampir mengalahkan aplikasi tukar pesan WhatsApp dengan pengunduh total di Play Store sekitar 5 juta orang.

Sekilas memang aplikasi ini tak ada bedanya dengan aplikasi penyunting video yang banyak tersebar. Namun yang menjadi sorotan adalah para remaja Indonesia yang sangat menyukai Tik Tok, dari video yang lucu hingga yang melanggar batasan norma seperti menari saat mengenakan perlengkapan shalat, bahkan ada yang membuat video Tik Tok di depan jenazah kakeknya sendiri.

Hal ini amat disayangkan. Pemerintah melalui Kominfo menerima beberapa laporan dari masyarakat mengenai aplikasi tersebut sehingga Tik Tok diblokir namun beberapa hari kemudian beredar isu bahwa Tik Tok dapat aktif kembali dengan beberapa syarat yakni menghilangkan konten pornografi di dalamnya. Hal ini diyakini masyarakat telah dibuat jengah oleh beragam postingan dari para pengguna Tik Tok yang terkesan berlebihan, tidak berfaedah, tak punya malu bahkan menistakan agama.

Selain itu, seorang remaja laki-laki menjadi terkenal karena video Tik Tok yang diunggah di akun Instagram miliknya hingga followers akun tersebut menjadi ribuan layaknya seorang selebgram. Belum lama ini juga diadakan meet and great yang diinisiasi fans  dengan mematok harga 80-100 ribu rupiah untuk bisa berfoto dengan anak tersebut.

Sebelumnya juga muncul remaja perempuan yang videonya menjadi viral karena dalam video tersebut ia bernyanyi untuk idolanya yang diklaim sebagai suaminya, ia bahkan diundang ke beberapa acara televisi tersebab videonya yang dianggap lucu.

Tik Tok menjadi sarana bagi generasi muda masa kini untuk tampil menuai eksistensi diri tanpa batasan yang pasti. Berlaga imut dan lucu agar banyak diminati, bahkan tanpa lagi menjadikan malu sebagai pakaian bagi diri.

Ada yang salah dengan mental generasi muda hari ini yakni tak ada rasa malu. Padahal sebagai pemuda Muslim, seharusnya sifat malu menjadi salah satu bagian dari keimanannya, sebagaimana sabda Rasulullah SAW.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Iman itu terdiri dari 70 sekian atau 60 sekian cabang. Cabang iman yang paling utama adalah ucapan laa illaaha illallah. Sedangkan cabang iman yang terendah adalah menyingkirkan gangguan dari tempat berlalu lalang. Rasa malu adalah bagian dari iman.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Berdasarkan hadits di atas sudah seharusnya sebagai seorang Muslim untuk berhati-hati dalam bertindak, dalam hal ini memposting sesuatu di sosial media maupun tampil di hadapan khalayak umum, malulah bila bermaksiat kepada Allah, malu bila melanggar syariat Islam.

Alangkah detail Islam merinci bagaimana seharusnya seorang Muslim dan Muslimah berperilaku baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

Sebagai generasi muda, yang difasilitasi dengan berbagai kemudahan dalam menimba ilmu, harusnya mampu memanfaatkan kemudahan tersebut untuk meningkatkan kualitas diri dalam prestasi dan ilmu, mendalami ilmu agama maupun ilmu alat sebagai bekal bagi sebaik-baiknya kemaslahatan ummat.

Bukan dengan menebar sensasi tanpa karya, mencari eksistensi yang sama sekali tak bermanfaat bagi sesama, hanya sebagai hiburan sesaat yang memuaskan mata namun minus adab[syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X