Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.686 views

Jadi Remaja yang Smart di Tengah Pandemi

 

Oleh:

Dahlia Kumalasari || Pendidik

 

SAHABAT VOA Islam yang dirahmati Allah Ta’ala, masih banyak beraktivitas di rumah saja kah?. Karena memang sampai hari ini pertambahan orang yang terkena positif Covid-19 per harinya masih berkisar angka 1000an orang. Semoga Allah segera mengangkat musibah ini, dan kita memetik hikmah yang positif dari wabah yang menimpa kita.

Sahabat, bicara soal bersosialisasi mungkin untuk generasi milenial yang lahir antara tahun 1981 sampai 1995 pasti punya kenangan masa kecil bermain seru-seruan bersama teman-teman. Bisa main petak umpet, kelereng, layangan, lompat tali, dan jenis permainan tradisional lainnya.

Nah, ini tentu berbeda halnya dengan generasi Z yang lahir antara tahun 1995 sampai 2010 dimana perkembangan teknologi sudah canggih dan pesat.  Bisa jadi untuk sahabat yang  terlahir di rentang tahun ini, maka orang tuamu tak lupa untuk mengabadikan momen kelahiranmu dengan menggunakan gadget canggihnya. Nggak heran bagi generasi Z seolah mereka tumbuh bersama canggihnya gadget. That’s why, generasi ini disebut sebagai generasi digital.

 

Gadget Bagaikan Dua Sisi Mata Uang

Bagai dua sisi mata uang, perkembangan teknologi sebagai hasil dari berkembangnya ilmu sains bisa berpengaruh positif dan juga negatif. Maka, tinggal bagaimana kita memanfaatkan gadget ini agar menjadi remaja yang smart di tengah pandemi. Ada tiga kunci agar kita bisa jadi remaja yang smart, yaitu: 

  1. Jadikan gadget sebagai sarana tuk menuntut ilmu
  2. Tumbuhkan kedekatan dengan keluarga
  3. Berbagi kebaikan via dunia maya.

 Pertama, jadikan media sosial sebagai sarana untuk menambah ilmu yang bermanfaat. Maka, jadilah pengguna medsos yang smart, jangan habiskan waktumu dengan yang hal yang sia-sia. Media sosial bukanlah segalanya, tetaplah hidup di dunia nyata. Apalagi ini sudah sekitar 5 bulan pandemi wabah Covid-19 masih terus bergejolak, kita dikasih kesempatan oleh Allah Ta'ala untuk banyak berada di rumah. Maka jadikan gadget yang kita miliki untuk menambah ilmu yang bermanfaat, yaitu ilmu agama. Alhamdulillah sekarang sudah banyak bertebaran kajian-kajian Online agar kita bisa menambah wawasan ke-Islaman kita.

Selagi Allah masih memberi umur, ayo kita banyak menghadiri "taman-taman surga". Apa itu taman-taman surga?. Apa yang terlintas dalam benak kita saat mendengar taman-taman surga?. 'Mungkin' suatu tempat yang sejuk, indah pemandangannya, dipenuhi dengan aneka bunga warna warni, pohon-pohon yang hijau rindang meneduhkan dan terdapat bangku-bangku dari permata dan berlian untuk tempat melepas lelah.

Namun, ternyata yang dimaksud dengan taman-taman syurga adalah adalah halaqah dzikir atau bisa juga disebut dengan majelis ilmu. Taman syurga yang dimaksud bukanlah taman syurga yang ada di akhirat. Tetapi taman syurga yang berada di dunia, yaitu halaqah dzikir.

“Apabila kalian berjalan melewati taman-taman syurga, perbanyaklah berdzikir”. Para sahabat bertanya, “wahai Rasulullah, apakah yang dimaksud taman-taman syurga itu?” Beliau menjawab, “Yaitu halaqah-halaqah zikir (majelis ilmu agama).” (HR. At-Tirmidzi dan Ahmad).

Salah satu kebaikan saat berada di "Taman Syurga" adalah mereka dido’akan oleh seluruh makhluk. Seperti salah satu hadist, "Tamu-tamu di taman surga ini akan dido’akan oleh seluruh makhluk yang ada di langit maupun di bumi sampai ikan yang ada di dalam lautan mendo’akannya". (HR. At-Tirmidzi) 

Kedua, jadikan waktu-waktu di rumah saja untuk lebih dekat dengan keluarga dan sebagai sarana untuk berbakti pada OrangTua. Mungkin sebelum ada pandemi wabah, kita lebih sering beracara keluar rumah. Misalnya untuk sekolah, maen bersama teman, ikut beragam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dan kegiatan yang lainnya. Sekarang, kita lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga. Maka jadikan saat ini sebagai kesempatan untuk mengekspresikan rasa sayang pada seluruh anggota keluarga, yang mana sebelum adanya wabah bisa jadi kita tidak punya banyak waktu untuk keluarga kita.

Rasulullah Muhammad ShallalLahu ‘alaihi wa Sallam pernah bersabda:

“Orang tua adalah pintu surga yang paling baik. Kalian bisa sia-siakan pintu itu atau kalian bisa menjaganya” (HR. Tirmidzi).

Sebelum maut menjemput, isilah hari-hari kita dengan banyak berbakti pada OrangTua. Bantulah Ibu kita untuk mengerjakan tugas-tugas di rumah. Misalkan dengan menawarkan berbelanja sayur di pasar, menyapu dan mengepel rumah, mencuci piring dan berbagai pekerjaan rumah lainnya. Tak lupa tawarkan bantuan ke Bapak kita, apa yang bisa kita bantu. Semoga dengan begitu kita bisa bertambah dekat dengan keluarga, dan pahala bisa terus mengalir.

Ketiga, berbagi kebaikan dengan cara menyebarkan Islam dan mengajak teman-teman pada kebaikan Islam. Misalkan, mengirim artikel dan link video seputar Islam di status WA atau facebook, sebar solusi Islam soal masalah kekinian ke teman-teman yang ada di kontak hp kita, dan selalu semangat untuk mengajak teman bergabung ke kajian-kajian Online.

Sebaliknya hindarkan diri dari hal-hal yang mendatangkan keburukan dan dosa misalkan posting foto atau video yang mengumbar aurat dan melakukan cyber bullying ke orang lain dan sebagainya.

Allah Ta'ala berfirman dalam surah Al-'Asr ayat 1-3 :

"Demi masa. Sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran, dan saling menasihati untuk kesabaran"

Selagi Allah Ta’ala masih memberi kita kesempatan untuk bernafas, jantung kita masih berdetak, Allah Ta’ala limpahkan rizqi untuk beli quota internet atau WiFi, maka gunakan itu semua untuk segera berbuat baik. Semoga kita bisa berproses menjadi remaja yang smart di tengah pandemi wabah saat ini, Aamiin Allahumma Aamiin.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Nenek renta ahli ibadah ini hidup seorang diri di bilik reyot Bengawan Solo. Bila hujan seisi rumah kebocoran air. Di malam hari, ia menggigil kedinginan diserang angin malam karena dindingnya...

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Latest News
Ikuti Langkah Saudi, Dewan Fatwa UEA Juga Cap Ikhwanul Muslimin Sebagai Organisasi Teroris

Ikuti Langkah Saudi, Dewan Fatwa UEA Juga Cap Ikhwanul Muslimin Sebagai Organisasi Teroris

Selasa, 24 Nov 2020 22:35

Menhan Benny Gantz: Israel Siap Untuk Lakukan Pembicaraan Dengan Hamas

Menhan Benny Gantz: Israel Siap Untuk Lakukan Pembicaraan Dengan Hamas

Selasa, 24 Nov 2020 22:08

Umat Islam di Perancis Makin Ditekan!

Umat Islam di Perancis Makin Ditekan!

Selasa, 24 Nov 2020 21:41

Izinkan Sekolah Tatap Muka, Netty: Pemerintah Pusat Jangan Lepas Tangan

Izinkan Sekolah Tatap Muka, Netty: Pemerintah Pusat Jangan Lepas Tangan

Selasa, 24 Nov 2020 21:20

Organisasi Islam Malaysia Kecam Keputusan Dewan Ulama Senior Saudi Yang Menyebut IM Kelompok Teroris

Organisasi Islam Malaysia Kecam Keputusan Dewan Ulama Senior Saudi Yang Menyebut IM Kelompok Teroris

Selasa, 24 Nov 2020 20:45

Irak Tangkap Kepala Administrasi Islamic State di Bandara Baghdad

Irak Tangkap Kepala Administrasi Islamic State di Bandara Baghdad

Selasa, 24 Nov 2020 20:25

Ambang Batas Rasa Sakit dan Power of Illusion

Ambang Batas Rasa Sakit dan Power of Illusion

Selasa, 24 Nov 2020 20:20

PKS Tolak Penghapusan Premium

PKS Tolak Penghapusan Premium

Selasa, 24 Nov 2020 18:39

Legislator Dukung Realisasi Rencana Pertemuan Wapres dengan Habib Rizieq

Legislator Dukung Realisasi Rencana Pertemuan Wapres dengan Habib Rizieq

Selasa, 24 Nov 2020 10:09

UMK 2021 Depok Tertinggi ke-4 di Jawa Barat

UMK 2021 Depok Tertinggi ke-4 di Jawa Barat

Selasa, 24 Nov 2020 09:03

MUI Berhasil Pertahankan ISO 9001:2015 untuk Ketiga Kalinya

MUI Berhasil Pertahankan ISO 9001:2015 untuk Ketiga Kalinya

Selasa, 24 Nov 2020 08:06

Tahun Depan, Imam Besar dan Imam Masjid Besar di Kabupaten Garut Dapat Insentif

Tahun Depan, Imam Besar dan Imam Masjid Besar di Kabupaten Garut Dapat Insentif

Senin, 23 Nov 2020 22:31

Munas X MUI Momentum Pergantian Kepemimpinan di Level Pusat

Munas X MUI Momentum Pergantian Kepemimpinan di Level Pusat

Senin, 23 Nov 2020 21:12

Hadiri Maulid Nabi, Anis Ajak Perkokoh Silaturrahim dan Sinergi

Hadiri Maulid Nabi, Anis Ajak Perkokoh Silaturrahim dan Sinergi

Senin, 23 Nov 2020 20:29

Penulis Arab Boikot Penghargaan Buku Bergengsi UEA Sebagai Protes Normalisasi dengan Israel

Penulis Arab Boikot Penghargaan Buku Bergengsi UEA Sebagai Protes Normalisasi dengan Israel

Senin, 23 Nov 2020 20:01

Plt Bupati Kudus: Muhammadiyah Konsisten Beri Solusi

Plt Bupati Kudus: Muhammadiyah Konsisten Beri Solusi

Senin, 23 Nov 2020 19:05

518 Peserta Ikuti MTQ Ke-52 Tingkat Kabupaten Bekasi

518 Peserta Ikuti MTQ Ke-52 Tingkat Kabupaten Bekasi

Senin, 23 Nov 2020 18:56

Andalkan Utang Luar Negeri, Mustahil Menjadi Negara Mandiri

Andalkan Utang Luar Negeri, Mustahil Menjadi Negara Mandiri

Senin, 23 Nov 2020 17:57

Peserta Luring Munas X MUI Jalani Tes Swab

Peserta Luring Munas X MUI Jalani Tes Swab

Senin, 23 Nov 2020 17:42

Ratusan Peserta akan Hadir di Munas X MUI Luring dan Daring

Ratusan Peserta akan Hadir di Munas X MUI Luring dan Daring

Senin, 23 Nov 2020 16:41


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X