Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
18.213 views

Remaja, Dari Fase Labil hingga Pengubah Peradaban

 
Oleh: Najwa Azzahra
(Siswi SMA Durrotul Ummah Tangerang) 
 
 
Tumbuh, setiap kita tentu merasakan fase ini. Ibarat pohon yang semulanya adalah benih kecil, kemudian tumbuh akar, batang, dan daun. Seterusnya pohon akan mengalami perkembangan, sehingga tumbuhlah buah yang dapat dinikmati manfaatnya. Proses pertumbuhan ini tidak jauh berbeda dengan fase remaja.
 
Seperti yang kita tahu, remaja adalah peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Butuh usaha yang besar untuk membentuk remaja yang hebat, sebab remaja memiliki sifat labil yang secara alamiah akan mengarahkan remaja merasakan kebingungan ketika menentukan sebuah pilihan.
 
Namun, di tengah gempuran pemikiran yang semakin masif terjadi, remaja menjadi sulit untuk menentukan tujuan hidupnya. Pada akhirnya, remaja akan terombang-ambing dalam menjalani kehidupan ini. Jika ditelisik lebih dekat, dunia sekarang ini dipenuhi dengan remaja yang berjiwa ambisius.
 
Lihatlah, berapa banyak  remaja saat ini yang susah payah belajar sepanjang hari hingga lupa mengistirahatkan badan demi mendapat kesempurnaan nilai di bidang akademik. Tapi apakah benar remaja yang memberi pengaruh besar pada dunia adalah mereka yang unggul dalam nilai keilmuan saja?
 
Di satu sisi, kita memang membutuhkan nilai yang tinggi untuk mempermudah menapaki jejak pendidikan kita ke depannya, akan tetapi sia-sia saja jika unggul dalam bidang akademik, sementara abai dengan identitas kita sebenarnya. Apa identitas kita yang sebenarnya? Ya, kita adalah seorang muslim yang punya misi dari Sang Pencipta saat pertama kali diciptakan di bumi ini.
 
Misi kita adalah untuk beribadah kepada-Nya, membumikan kalam-Nya yang agung, dan menyebarluaskan Islam, agama yang diridhai-Nya. Sebagaimana dalam sebuah tuturan, remaja adalah agent of change, maka kita bisa pahami, bahwa di tangan remajalah perubahan itu terjadi. Ibarat lingkaran yang memiliki titik pusat, maka dalam kehidupan ini remajalah yang menjadi pusat segalanya, remaja yang akan menentukan wajah dunia ke depannya.
 
Seperti yang terjadi ratusan tahun yang lalu, saat daulah Islam masih menjadi adikuasa dunia, begitu banyak mencetak generasi penerus yang membawa perubahan gemilang pada masanya. Mereka unggul dalam segi keilmuan dan berhasil membuktikan  kalam-Nya yang agung bahwa umat Islam adalah umat yang terbaik.
 
Maka dari itu, teruntuk kamu remaja, tidakkah lelah terombang-ambing dalam badai keraguan? Keabu-abuan? Padahal peranmu sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan dunia ini dari keterpurukan, tidakkah kamu memikirkannya? (rf/voa-islam.com)
 
Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X