Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
23.823 views

Lebaran Kemaren OOTDnya Gimana, Sob?

 

Oleh: Auliya Nuranis

(Mahasiswi Unibersitas Muhammadiyah Bandung)

 

Alhamdulillah ya sob, Hari Idul Fitri sudah kita rayakan. Bukan hanya perasaan senang saja yang dirasakan oleh sebagian muslim, namun juga sedih mengikutinya. Kenapa? Yaa karena momen ketika senang dan bahagia  kita menyambut hari yang fitri, di mana semua orang bersilaturahim bermaaf-maafan, bertemu keluarga yang dirindukannya. Ada yang bertemu teman-teman kecilnya, ada yang senang ketika memakan ketupat bersama keluarganya, ada yang senang ketika mengenakan baju lebarannya, dan masih banyak lagi.

Lalu sedihnya apa ya? Mmmm, ternyata kita berpisah dengan bulan Ramadhan penuh berkah yang mana kita belum tentu bertemu lagi dengan Bulan yang Suci ini sob, karena umur yang tidak kita ketahui. Namun di samping itu, semoga amalan yang kita kerjakan bukan hanya membara di Ramadhan saja sob tapi berlanjut sampai seterusnya, hingga ajal menjemput.

Ngomongin lebaran kemarin nih sob, biasanya kita selalu ingin terlihat berbeda di hari yang biasanya. Kita membeli pakaian untuk dikenakan di hari tertentu dengan melihat referensi di medsos para artis, orang yang menjadi panutan kita, tren pakaian saat ini bagaimana, dan masih banyak lagi. Tahu gak sob istilah “OOTD”? Dikutip dari Merdeka.com (29/4/2022) OOTD singkatan dari Outfit Of The Day atau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yaitu pakaian hari ini dimana seseorang menunjukkan fashion, style aksesoris yang dikenakan pada hari-hari tertentu.

“Terus para muslimah harus gimana?”

“Ngikutin tren gapapa kali ya?”

“Ngikutin artis A dengan modifikasi memakai hijab sabi kali ya?”

“Ngikutin model yang A ajalah pas lebaran nanti, dia juga muslim, anak ustad”

“Aku ngikutin OOTD-nya A ah, meskipun dadanya terlihat dia kan anak pesantren, gapapa kali ya?”

“Kerudungnya dililitin saja ah biar modis”, dan masih banyak lagi pertanyaan dan pernyataan yang dilontarkan seorang muslimah.

Boleh kok, kita ngikutin tren, niru gaya A-Z, OOTD yang dimodifikasi, dll. ASALKAN sesuai dengan syariat Islam, contohnya tidak tabaruj, menutupi aurat yang seharusnya, tidak memperlihatkan lekuk tubuh, dan yang lainnya. Jadi kita terlihat stylish namun tetap memperhatikan aturan yang telah tertera di syariat Islam.

Berpakaian itu tidak melihat dari:

“A juga anak Ustad pakai celana ko”

“C saja memakai pakaian yang potongan padahal dia anak pesantren”

“D saja memakai kerudung yang berbelit sampai tidak menutup dadanya, padahal dia tahu agama lhoo”, dan masih banyak lagi pernyataan yang menyangkal untuk menutup aurat secara kaffah (sempurna). Apakah kamu juga pernah menjadi bagian dari mereka?

Yaass sob, orang lain bukan sandaran kita untuk berbuat baik atau tidaknya, namun ada aturan Islam yang telah ada dan wajib menaatinya. Contohnya masalah OOTD atau bagian menutup auratnya harus sesuai dengan syariat Islam. Disamping itu kita juga harus ikhlas dalam berbuat sesuatu supaya ketika kita sendiri atau ketika kita berada di lingkungan yang berbeda, kita tetap melaksanakan kewajiban ini.

Berbicara tentang pakaian, Al-Quran dan As-Sunnah telah menyebutkan yang mana boleh dikenakan yang mana tidak boleh dikenakan. Adapun masalah-masalah terbaru yang muncul, kita sesuaikan saja dengan dasar hukum dari Allah (Al-Quran dan As-Sunnah), karena segala permasalahan pasti ada dasarnya.

So sob, Hari Raya kita boleh kok OOTD yang stylish, hanya saja tetap memenuhi aturan syariat Islam, agar kita menjadi hamba yang bertakwa. Setuju kan Ya? Sip! (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google/cnn

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 27/03/2024 07:22

Palestina Aman, Publik Dibohongi?