Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.359 views

Kamukah Pemuda Cerdas Itu?

 

Oleh: Sunarti

 

Hai, Sob, bagaimana kabarnya?

Alhamdulillah, masyaallah, luar biasa.

Sob, kalian tahu gak sih, jika kita itu adalah pemuda yang luar biasa lho?

Bahkan ya, kelebihan kita sebagai pemuda itu diabadikan oleh Sang Khaliq. Tahu gak kalian, jika pemuda itu adalah sosok yang istimewa.

Sob, kita pemuda istimewa yang selalu akan Allah tunjukkan jalan kebaikan-kebaikan menuju ketaatan kepadaNya. Karena kita adalah hamba yang kelak menjadi generasi penerus bangsa dan generasi penerus peradaban.

Kelak baik atau buruknya peradaban ada di tangan kita. Maka dari itu Allah SWT. akan selalu memberikan panutan, petunjuk yang itu semuanya adalah rambu-rambu bagi perjalanan kita.

Gini, kalau kita paham bahwa posisi kita sangat penting, tentu tidak akan menyia-nyiakan apa yang telah Allah berikan untuk kita. Sebuah keharusan, kita mengambil nasehat yang luar biasa juga. Yaitu adanya 5 perkara sebelum 5 perkara.

Pertama waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu. Kedua waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu. Ketiga masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu. Keempat masa luangmu sebelum datang masa sibukmu. Kelima hidupmu sebelum datang matimu.

Pertama waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu. Maksudnya, kita itu harus memanfaatkan waktu muda kita untuk benar-benar maksimal dalam segala urusan. Kita tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan untuk sekedar berhura-hura tanpa mendapatkan apa-apa.

Harus kita ingat ya, Sob, rambu-rambu itu. Karena ada dosa, ada pula yang harus kita pertanggungjawabkan lhoh, kelak di akhirat. Makanya, isi masa muda kita dengan hal-hal yang jauh dari yang namanya dosa. DOSA.

Nah, yang kedua yaitu waktu sehatmu sebelum sakitmu. Nah, masa ketika kita sakit, rasanya lemes, males, pusing, gak nafsu makan, bahkan ya, senyum aja ogah. Iya kan?

Sebelum terjadi demikian, dikala kita sehat-sehat saja, kita juga harus maksimalkan masa sehat itu dengan kebaikan-kebaikan yang mendatangkan pahala ya, Sob. Bukan kebaikan yang ala-ala kita, suka-suka gue dan niru-niru yang gak jelas gitu. Kek gaya hidup, makanan, minuman, fashion dan lain-lain yang kita kagak tahu kejelasannya, baik buat kita kah, atau justru merusak kita.

Yang ketiga masa kayamu sebelum datang masa kafakiranmu atau kemiskinanmu. Ini jangan diterjemahkan hanya soal harta ya, Sob. Kekayaan itu bisa berupa apa saja. Bisa berupa akal yang sehat atau hal-hal lain yang kita miliki. Seperti fisik yang kuat, orang-orang di sekitar yang menyayangi kita dan juga termasuk pemberian rezeki kepada kita.

So, jika kita masih menikmati itu semua, jangan disia-siakan pula ya. Kita juga manfaatkan untuk kebaikan, untuk lebih bersyukur, lebih dekat dengan Allah. Jangan sampai ketika Allah ambil itu semua, akhirnya kita baru sadar, kalau kita belum berbuat apa-apa. Nyesel kan.

Yang keempat adalah masa luangmu sebelum datang masa sibukmu. Na ini apa kita sadar jika masa luang kita ternyata telah terlewati? Kita main HP, kita main game, kita nongki-nongki di angkringan di cafe atau yang lain lah.

Lha emang hanya ngaji dan shalat mulu?

Maksudnya, kita itu ngerjain apa-apa selama di dunia ini musti tahu apa imbasnya kelak ke depan. Juga apa akibatnya jika kita melakukan hal-hal yang kita tidak tahu patokannya. Sekedar ngelakuin yang mubah-mubah sih gak masalah. Muncul masalah itu jika yang mubah malah mengantarkan kita kepada dosa.

Misalnya, kita pas nongki-nongki, eh yang kita gabung di situ campur baur cewek-cowok. Kakak bukan, adik juga bukan, saudara juga bukan. Nambah-nambah yang cewek pada buka-bukaan pula. Ups ... Pakai baju terbuka, maksudnya. Atau pakai kerudung, tapi lekuk tubuhnya terlihat.

Itu, masuk contoh yang kelima, yaitu hidupmu sebelum datang matimu. Kenapa?

Karena hidup kita yang istimewa ini jangan sampai tersia-siakan dengan hal yang mubah tadi. Padahal kita gak tahu kapan mati. Belum tentu lhoh, kita yang masih kinyis-kinyis ini matinya sampai tua. Karena ajal itu datang kapan saja, di mana saja dan kepada siapa saja.

Saat ini ya, Sob, potret pemuda itu begitu buruk. Sebut saja, dari laporan Statistik Pendidikan Tinggi pada 2020 menunjukkan lebih dari satu juta anak muda di Indonesia drop out dari bangku kuliah, baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun swasta (PTS). Padahal inikan masa-masa empuknya belajar kan. Sayang kan.

Ada yang serem juga, Sob, penelitian Reckitt Benckiser Indonesia pada 2019, 500 remaja di lima kota besar di Indonesia menemukan 33 persen remaja pernah berhubungan di luar nikah. Helo, ini hubungan apa ya? Kagak jelas gitu. Menikah, gitu kek. Na ini hubungan bebas.

Yang seram lain juga ada ya, Sob, menurut Dewan Masjid Indonesia (DMI) pernah menyatakan bahwa 65% muslim di Indonesia ternyata tidak bisa membaca Al-Qur’an, termasuk usia muda. 2018, penelitian Departemen Kaderisasi Pemuda PP Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyebutkan hanya 33,6% anak muda rajin salat ke masjid setiap hari. Na ini generasi masjid pada ke mana? Generasi muda yang hendak mengemban peradaban mulia, pada ngapai? Duh, kondisi yang sangat mengerikan. Masak sih, hura-huranya hebat, Qur'an dan masjidnya kagak nemplok?

Kita harus berusaha untuk berubah, dong.

E kamu tahu gak sih, jika ini akibat diterapkannya sistem yang merusak. Sistem itu secara langsung memisahkan kehidupan sehari-hari kita dengan Sang Pencipta.

Saat ini ya, Sob, tidak ada persoalan jika tanpa disertai sebabnya. Saat ini kebanyakan para muda itu tidak memiliki pemikiran yang mendasar tentang kehidupan. Bahwasanya, kita ini adalah makhluk Allah. Yang tentunya dalam kehidupan sehari-hari kita juga harus melangkah dengan segala aturanNya. Kenapa?

Karena, setiap apa yang kita lakukan sehari-hari, akan dimintai pertanggungjawaban kelak di akhirat. Udah pada tahu belum yang ini? Camkan ya.

Nah, sistem saat ini ya yang diterapkan adalah sistem sekulerisme. Yaitu aturan kehidupan sesuai dengan pikiran manusia. Bahkan salah atau benar juga didasarkan pikiran manusia sendiri, bukan pada aturan Allah. Inilah mengapa dikatakan menjauhkan kehidupan sehari-hari dari agama. Sementara makna beragama itu dianggap hanya sebatas beribadah. Misalnya, shalat, puasa, zakat, infak, dll. Namun, urusan pergaulan, pendidikan, dan muamalah lainnya, jangan dicampur dengan agama (Islam).

Sob, dari ini semua, pengen gak, kalian menjadi pemuda yang cerdas dan benar-benar, bertaqwa?

Rasulullah bersabda:

“Orang mukmin yang paling utama adalah orang yang paling baik akhlaknya. Orang yang cerdas adalah orang yang paling banyak mengingat kematian dan paling baik dalam mempersiapkan bekal untuk menghadapi kehidupan setelah kematian. Mereka adalah orang-orang yang berakal.

Demikian, Sob, kita pengen dong punya masa depan cerah dan penuh berkah juga. Jadi sebisa mungkin kita berusaha mendudukkan diri menjadi pemuda yang taat kepada Allah SWT.

Bagaimana caranya?

Pertama, kita musti memiliki kekuatan akidah sebagai bekal menjalankan kehidupan ini. Kedua, kita musti memiliki tujuan tertinggi dalam hidup yaitu ridha Allah. Ketiga, membangun kebiasaan islami dan sekuat tenaga menjauhi maksiat. Dan keempat atau yang terakhir, kita harus peduli dengan kondisi umat dan menjadi bagian dari pejuang agama Allah. Inilah, Sob, pemuda yang dikagumi Allah.

Maka kita sudah seharusnya melayakkan diri menjadi pemuda cerdas dan benar-benar bertaqwa. Caranya gimana, dong?

Ya, pastinya kita harus berusaha untuk memperbanyak tsaqafah, menambah ilmu agama dan rajin-rajin menuntut ilmu. Wallahu alam bisawab. (rf/voa-islam.com)

ILustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Dulu Bermusuhan Dengan Doha, Kini Dubai Kelimpahan Berkah Dari Piala Dunia 2022 Di Qatar

Dulu Bermusuhan Dengan Doha, Kini Dubai Kelimpahan Berkah Dari Piala Dunia 2022 Di Qatar

Jum'at, 09 Dec 2022 21:07

Membaik, Ustadz Anung Al-Hamat Ikuti Sidang Pembacaan Replik JPU

Membaik, Ustadz Anung Al-Hamat Ikuti Sidang Pembacaan Replik JPU

Jum'at, 09 Dec 2022 20:30

Tukar Tahanan, Rusia Bebaskan Pebasket AS Brittany Griner Sebagai Ganti Pedagang Senjata Victor Bout

Tukar Tahanan, Rusia Bebaskan Pebasket AS Brittany Griner Sebagai Ganti Pedagang Senjata Victor Bout

Jum'at, 09 Dec 2022 16:19

Hamas Kecam Larangan Israel Terhadap 200 Kristen Gaza Yang Akan Rayakan Natal Di Yerusalem

Hamas Kecam Larangan Israel Terhadap 200 Kristen Gaza Yang Akan Rayakan Natal Di Yerusalem

Jum'at, 09 Dec 2022 15:44

Pasukan Israel Hancurkan Kantor Kementerian Kebudayaan Palestina Di Kota Jenin

Pasukan Israel Hancurkan Kantor Kementerian Kebudayaan Palestina Di Kota Jenin

Jum'at, 09 Dec 2022 14:00

Milisi Biksu Sebut Para Pemimpin Budha di Myanmar Dukung Junta Militer

Milisi Biksu Sebut Para Pemimpin Budha di Myanmar Dukung Junta Militer

Jum'at, 09 Dec 2022 11:45

Umar Abduh: Pelaku Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyer Suruhan Oknum Tertentu

Umar Abduh: Pelaku Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyer Suruhan Oknum Tertentu

Kamis, 08 Dec 2022 22:05

IHATEC Dukung Indonesia Jadi Pusat Produsen Halal Dunia 2024

IHATEC Dukung Indonesia Jadi Pusat Produsen Halal Dunia 2024

Kamis, 08 Dec 2022 20:10

BMKG sarankan 1.800 rumah di Cianjur direlokasi Dari Patahan Cugenang

BMKG sarankan 1.800 rumah di Cianjur direlokasi Dari Patahan Cugenang

Kamis, 08 Dec 2022 19:10

Taliban Afghanistan Lakukan Eksekusi Publik Pertama Sejak Kembali Berkuasa

Taliban Afghanistan Lakukan Eksekusi Publik Pertama Sejak Kembali Berkuasa

Kamis, 08 Dec 2022 15:00

Hamas Luncurkan Logo Baru Di HUT Ke-35

Hamas Luncurkan Logo Baru Di HUT Ke-35

Kamis, 08 Dec 2022 13:45

AS Tidak Setuju Turki Luncurkan Operasi Militer Ke Pemberontak Komunis Kurdi Suriah

AS Tidak Setuju Turki Luncurkan Operasi Militer Ke Pemberontak Komunis Kurdi Suriah

Kamis, 08 Dec 2022 11:35

Tahan Menguap Saat Shalat!

Tahan Menguap Saat Shalat!

Kamis, 08 Dec 2022 11:28

Laporan: Normalisasi Saudi Dan Israel 'Hanya Masalah Waktu'

Laporan: Normalisasi Saudi Dan Israel 'Hanya Masalah Waktu'

Rabu, 07 Dec 2022 18:31

11 Orang Jadi Korban Akibat Serangan Bom Di Polsek Astana Anyar, Satu Diantaranya Meninggal

11 Orang Jadi Korban Akibat Serangan Bom Di Polsek Astana Anyar, Satu Diantaranya Meninggal

Rabu, 07 Dec 2022 17:05

Miras Dibatasi Bikin Fans Wanita Merasa Aman Saksikan Turnamen Piala Dunia Di Qatar

Miras Dibatasi Bikin Fans Wanita Merasa Aman Saksikan Turnamen Piala Dunia Di Qatar

Rabu, 07 Dec 2022 16:15

Pasukan Somalia Dan Milisi Sekutu Rebut Kembali Kota Kunci Adan Yabal Dari Al-Shabaab

Pasukan Somalia Dan Milisi Sekutu Rebut Kembali Kota Kunci Adan Yabal Dari Al-Shabaab

Rabu, 07 Dec 2022 13:37

Kalahkan Spanyol, Maroko Jadi Tim Arab Pertama Yang Capai Perempat Final Piala Dunia

Kalahkan Spanyol, Maroko Jadi Tim Arab Pertama Yang Capai Perempat Final Piala Dunia

Rabu, 07 Dec 2022 12:35

Tiga Polisi Terluka Dalam Ledakan Diduga Bom Bunuh Diri Di Polsek Astana Anyar Bandung

Tiga Polisi Terluka Dalam Ledakan Diduga Bom Bunuh Diri Di Polsek Astana Anyar Bandung

Rabu, 07 Dec 2022 11:06


MUI

Must Read!
X