Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.841 views

Benarkah Majelis dan Jamaah Ustad Agam Dinilai Remeh?

 

Oleh: Aily Natasya

Sedang hangat diperdebatkan mengenai ceramah Ustad Agam yang dianggap dangkal karena hanya selalu membicarakan topik percintaan, padahal di dalam Islam banyak hal yang harus dipelajari. Jamaahnya pun dianggap hanya datang ke kajian untuk melihat paras Ustad Agam, alih-alih menuntut ilmu.

Sebenarnya, asumsi-asumsi tersebut remeh, namun bisa mengurangi semangat seseorang untuk datang ke majelis ilmu. Karena kalau mau mengkritik ustad yang memberi kajian itu boleh-boleh saja, namun tidak jika kepada jamaahnya. Apalagi kritikannya hanya didasari oleh asumsi semata.

Walaupun bisa dibuktikan dari banyaknya video yang diunggah, yang memuji ketampanan beliau, namun tetap saja kita tidak pernah isi hati yang paling dalam manusia. Karena banyak juga yang membagikan perasaan lega dan syukur mereka setelah datang ke majelis beliau. Dan juga, dari ratusan jamaah itu, hanya karena beberapa orang yang memuji beliau tampan, bukan berarti majelisnya jadi tidak bermutu. Bagaimana pun, niat awal majelis ini diadakan adalah untuk dakwah.

Warna-warna dakwah

Seperti berbisnis, berdakwah juga punya target pasarnya. Indonesia memiliki banyak sekali Ustad yang berdakwah dengan karakter dan gaya yang berbeda-beda. Ada yang tegas, ada yang serius, ada yang lemah lembut, ada yang lucu, ada juga yang gaul. Ada yang fokusnya di sejarah Islam, kesehatan ala Nabi, politik Islam, sedekah, nafsiyyah, fikih, tafsir, akidah, rumah tangga, dan banyak lagi lainnya.

Semua punya target jamaahnya masing-masing karena mereka pun mendalami ilmu yang berbeda-beda. Ada yang cocok dengan ibu-ibu, bapak-bapak, anak muda, anak pesantren, anak yang sekolah umum, dan lain-lain. Jadi kenapa membanding-bandingkan majelis mana yang terbaik? Apalagi dengan merendahkan jamaah lain pula. Sungguh tak elok!

Selain majelis, ada juga dakwah yang bentuknya seperti film, video komedi, tulisan seperti buku, artikel, quotes, dan banyak lagi. Jadi jangan meremehkan bentuk-bentuk dakwah itu. Itu adalah usaha-usaha yang juga insyaa Allah niatnya diakui oleh Allah.

Jika suatu pembahasan di majelis tersebut atau ustadnya tidak cocok dengan kita, jangan hujat ustadnya apalagi jamaahnya. Kita tinggal cari majelis yang memang cocok dengan kita. Contoh, kita ingin majelis yang lebih rumit dan dalam pembahasannya, maka bisa hadir di majelisnya Ustad Adi Hidayat.

Para Jamaah yang hadir di mejelis Ustad Agam juga bisa jadi sama. Mereka merasa relate dengan temanya, makanya memilih untuk hadir. Dan memang, target dakwah Ustad Agam itu para remaja yang galau akan dunia percintaannya. Karena memang, di zaman yang sedang marak-maraknya aktifitas pacaran kajian-kajian dengan tema ini harus ada.

Di luaran sana banyak sekali seminar-seminar tentang kajian yang menganjurkan pacaran sebelum menikah. Lantas mengapa bahasan seperti cinta yang harus dikelola dengan aturan Islam malah dipermasalahkan?

Jika benar ingin mengkritik terkait jamaah-jamaah yang sengaja datang ke majelis hanya karena ingin melihat wajah tampannya Ustad Agam, bukan ceramahnya, maka kritiklah dengan baik, bukan malah merendahkan dan meremehkan.

Cukup dengan saran seperti, “Alangkah baiknya jika Ustad Agam ceramah di publik tapi ditutupi dengan tirai. Jadi jamaah bisa tetap mendengarkan ceramahnya tanpa harus memandang wajahnya yang dikhawatirkan bisa mengundang syahwat,” atau mungkin saran lain dari permasalahan yang dimaksud. Wallahua’lam. (rfr/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X