Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.393 views

Puasa Jangan Lemas!

 

Oleh: Nur Ameena

Entah mengapa, kegiatan berpuasa seringkali dianggap sebagai sesuatu yang dapat menghambat produktivitas seseorang. Kayak, kalau puasa pasti lemas, jadi malas, mending tidur. Dan tanpa kita sadari cara pandang semacam itu justru ditanam dari kebanyak iklan di televisi yang ingin mempromosikan produk mereka.

Contoh, nih, iklan A, produk minuman. Di iklan tersebut ada orang yang lagi lemas banget, terus ada seorang lagi yang nggak lemas, alias energik banget pas lagi kerja di kantor. Lalu orang yang lemas nanya ke orang yang nggak lemas, “Kamu kok nggak lemas, sih? Padahal kamu, kan, puasa juga.” Nah, di situ orang yang energik ini tadi langsung mempromosikan produk yang bersangkutan. Dia minum minuman A pas sahur, makanya jadi nggak lemas. Sederhana saja, walau tidak semua orang fokus terhadap iklan produk tersebut, tapi ada banyak orang yang justru terpengaruh dengan ‘puasa, jadi lemas’ itu tadi.

Ada lagi, tentang pernyataan bahwa tidur itu ibadah ketika puasa. Uhm, nggak salah juga, sih, toh memang ada dalilnya:

“Tidurnya orang puasa adalah ibadah, diamnya adalah tasbih, amal ibadahnya dilipatgandakan, doanya dikabulkan, dan dosanya diampuni.” (HR. Baihaqi).

Padahal dalil tersebut lebih ke ngasih tahu ke kita kalau apa pun, hal sekecil dan seremeh apa pun, ada pahalanya ketika kita puasa. Apalagi kalau kita melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat seperti mengaji, belajar, bekerja, dan melakukan hal-hal produktif lainnya. Tapi sayang banget, orang-orang banyak sekali yang malah menjadikan ayat tersebut sebagai alasan untuk bermalas-malasan, lebih banyak tidur, dan malah enggan melakukan ibadah atau aktivitas yang lebih bermanfaat lainnya. Kan, pahalanya jadi lebih banyak kalau dimanfaatkan dengan baik.

Fix mindset

Karena persepsi ‘puasa sama dengan lemas’ asalnya dari pola pikir, tentunya kita harus perbaiki pola pikir tersebut. Puasa nggak bikin lemas, tapi bikin semangat karena banyak banget pahala yang bakal didapat.

Nah, fix mindset ini bia kita imbangi dengan take action. Maksudnya gimana? Ya, nggak cuman pola pikir yang kita ubah, tapi juga kebiasaan-kebiasaan kita sehari-hari, seperti asupan makan dan aktivitas kita.

Contohnya, perhatikan menu sahur dan berbuka kita. Udah sehat, belum? Jangan remehkan makanan. Apa yang kita makan itu mempengaruhi tubuh dan pikiran kita. Kalau yang kita makan itu sehat, maka nggak cuman tubuh kita aja yang sehat, tapi pikiran kita jadi ikut sehat dan segar. Jadi, kalau masih ngerasa lemas, coba, deh, evaluasi, apakah gizi kita sudah sepenuhnya terpenuhi, dan jangan lupa juga untuk minum banyak air putih.

Selanjutnya adalah menentukan aktivitas kita sehari-hari. Mau belajar apa hari ini? Ibadah apa aja yang mau dilakukan hari ini, dan sebagainya. Ya, bahasa umumnya To Do List-lah ya. Ini biar apa? Tentu biar kita lebih sadar dan ingat kalau banyak hal yang bisa kita lakukan, tidak hanya rebahan dan tidur saja.

Apalagi, di bulan Ramadhan ini, kita dijanjikan oleh Allah banyak sekali pahala. Ya, sayang aja, kalau cuman ngambil dalil ‘tidur ibadah’ padahal dalil untuk ibadah lainnya, kan, juga nggak kalah banyak. Seperti membaca Al-Qur’an, berdzikir, shalat sunnah, belajar pengetahuan Islam, bagi-bagi takjil, menambah hafalan Al-Qur’an, olahraga, diet sehat, dan banyak lagi aktifitas bermanfaat lainnya. Jadi, habis ini jangan ada alasan ‘lemas karena puasa’ lagi, ya. Wallahua’lam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X