Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.868 views

Perlahan Sekulerisme Dibabat, Turki Cabut Larangan Jilbab di Sekolah

Jumat, 30 November 2012 | 20:09:26 WIB

Ankara (SI ONLINE) - Turki mencabut pelarangan jilbab bagi siswi sekolah. Kebijakan ini menandakan secara perlahan sekulerisme yang telah mendarah daging selama beberapa puluh terakhir dibabat dari Turki.

Pendidikan merupakan medan laga utama antara kaum religius yang menjadi pendukung Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan dengan kelompok sekuler yang menuduh Erdogan sedang menjalankan nilai-nilai Islam secara diam-diam.

Kelompok-kelompok sekuler ketakutan ketika Erdogan memberikan pernyataan terbuka dengan menyebutkan bahwa munculnya kaum muda religius dan AKP (Justice dan Development Party) memperkenalkan sistem pendidikan dengan memperkuat peran sekolah-sekolah agama.

Di bawah peraturan terbaru yang dikeluarkan pemerintah, Selasa, 27 November 2012, disebutkan bahwa siswa di sekolah-sekolah reguler diperkenankan memakai jilbab. Peraturan ini berlaku efektif pada tahun ajaran 2013-2014.

Erdogan katakan, reformasi juga menyangkut menyudahi pelarangan siswa mengenakan jilbab dalam seragam sekolah karena hal tersebut merupakan kebutuhan publik.

"Mari izinkan setiap orang mengenakan pakaian terhadap anak-anaknya seperti yang mereka harapkan," katanya dalam sebuah acara jumpa pers di Madrid, Selasa. "Di sini ada langkah yang menghasilkan sebuah kebutuhan."

Persaingan antara kelompok Islam dan sekuler merupakan salah satu masalah besar dalam kehidupan publik di Turki. Partai AK, yang dipimpin Erdogan, berakar pada kekuatan Islam yang berhasil menjinakkan militer selaku pengawal sekularisme sejak negeri ini menjadi negara republik pada 1924.

Uniknya, bulan lalu, para petinggi militer menghadiri sebuah resepsi di Istana Presiden, bersanding dengan istri presiden dan perdana menteri yang keduanya mengenakan jilbab. Kejadian seperti ini selama puluhan tahun tak pernah terpikirkan.

Kelompok Sekuler Berang


Kubu sekuler Turki tidak berdiam diri melihat gebrakan terus dilakukan kubu Islamis. Karena bagi kubu sekuler melihat kebijakan itu sebagai bukti baru usaha pemerintah melakukan Islamisasi.

Paket reformasi terbaru Erdogan dimulai pada Maret lalu. Pemerintah memperbolehkan 'imam hatip' sekolah khusus agama memasukan kurikulum pendidikan modern untuk usia 11 tahun.

Sejak itu, pendidikan menjadi ajang pertarungan sengit antara kubu Islamis dan Sekular. Dari pendidikan, perseteruan itu menyebar hingga setiap lini kehidupan masyarakat Turki. Pertarungan tidak hanya dalam level elit saja. Media juga menjadi medan pertempuran baru.

Sebagai contoh saja, Harian Sekuler Turki, 'The Cumhuriyet' mengatakan reformasi terbaru yang dilakukan PM Erdogan adalah satu langkah menuju Islamisasi Pendidikan. "Langkah itu akan berakhir dengan cadar," kata Cumhuriyet dalam halaman utama.

Serikat pendidikan The Egitim-Sem, juga ikut memanaskan suasana dengan menyebut perubahan dari peraturan tersebut akan berdampak negatif pada psikologi anak. "Perubahan dalam tata cara berpakaian memang penting tapi kita harus melihat sejauh mana intensitas sistem pendidikan dicampuri urusan agama," kata serikat tersebut dalam pernyataan resminya.

Kepala Pendidik Uni Demokrat (DES), Gurkan Avci mengatakan Turki sulit akan menyelamatkan sisitem pendidikan dari konsekuensi dari ritual, dogma dan pemikiran dari periode perang dingin sampai murid dan guru dibebaskan. "Ini sama saja menghapus peninggalan pada kudeta militer tahun 1980," kata dia.

Turki, sebelum akhirnya menjadi negara sekuler, selama berabad-abad menjadi pusat kekuasaan Islam melalui Kekhilafahan Turki Utsmani yang berpusat di Istanbul. Sejak 1924, ketika Kemal Pasha meruntuhkan Kekhilafahn dan mengganti menjadi Republik Sekuler, semua hal yang berbau Islam dihapus dan dilarang. Kini secara perlahan Turki akan menemukan jati dirinya kembali sebagai negara yang akan menerapkan sistem Islam.

red: shodiq ramadhan/dbs

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Islam Online lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X