Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.802 views

Bentrokan Sektarian Mendidihkan Lebanon

Sabtu, 08 Desember 2012 | 14:30:48 WIB

Lebanon (SI ONLINE) - Bentrokan antara warga permukiman yang bertikai Bab Et-Tebbaneh dan Jabal Mohsen terjadi lagi pada Kamis di Kota Pelabuhan Tripoli, Lebanon utara, sehingga menewaskan lima orang, demikian laporan National News Agency (NNA) dikuti Antara Jum’at (7/12).

Pada Kamis, personel militer ditambah di daerah bergolak tersebut dan penembak jitu mengambil polisi. Menurut laporan media, satu granat mendarat di jalan kota tersebut --yang memisahkan kedua permukiman Sunni dan Syiah-- sementara dua bom mortir jatuh di dekat Bab Et-Tebbaneh.

Lima orang tewas pada Kamis dan tiga orang lagi cedera, termasuk seorang prajurit, sehingga jumlah korban jiwa akibat bentrokan yang meletus pada Selasa (4/12) itu naik jadi 11, kata Xinhua. Sementara itu, NNA melaporkan dinas keamanan melancarkan penyelidikan mengenai peristiwa tersebut.

Bentrokan sektarian meletus setelah sejumlah petempur Lebanon tewas dalam bentrokan dengan tentara Suriah di perbatasan Lebanon, Tall Kalakh, pekan lalu. Perdana Menteri Lebanon Najib Miqati menyerukan persatuan guna menghadapi tantangan politik dan ekonomi di negara tersebut. Lebanon selama ini memang terpolarisasikan dalam berbagai friksi keagamaan, politik,  suku bangsa dan entitas lainnya.

Krisis politik bertambah dalam di Lebanon, setelah terbunuhnya Kepala Dinas Intelijen Pasukan Keamanan Dalam Negeri Mayor Jenderal Wissam Al-Hassa di Ashrafieh, Beirut, pada 19 Oktober.

Kematiannya membuat kubu oposisi 14 Maret mengumumkan awal November kelompok tersebut akan memutuskan semua hubungan dengan pemerintah yang dipimpin Miqati, demikian seperti yang dikutip dari Xinhua.


PBB: lebih dari 135.000 pengungsi Suriah berada di Lebanon

Dewan Tinggi Pengungsi PBB (UNHCR-United Nation High Committee Refugees) mengatakan di dalam laporan paling akhirnya, jumlah pengungsi Suriah di Lebanon telah mencapai 135.122 orang, naik 90.030 sejak akhir Juli, seperti diberitakan Antara (5/12)

Menurut laporan tersebut, pengungsi  tersebut  terdaftar penerima bantuan melalui lembaga itu dan kerja sama pemerintah Lebanon dengan berbagai lembaga bantuan non-pemerintah.

Jumlah pengungsi yang terdaftar, katanya, ialah 102.369, sementara ada 32.623 pengungsi lagi yang sedang menunggu untuk didaftar dan menghubungi lembaga tersebut, seperti dilaporkan Xinhua.

Sebanyak 1.300 pengungsi didaftar setiap hari dan pada November saja lebih dari 25.000 pengungsi baru telah mendaftar, kata laporan itu.

Perdana Menteri Lebanon Najib Miqati kembali menyampaikan komitmen pemerintah Lebanon untuk membantu warga Suriah yang mengungsi dan Lebabon berpegang prinsip kebijakan tidak mencampuri  krisis Suriah, demikian laporan National News Agency (NNA).

Ia menambahkan, "Tapi kami berikrar akan melanjutkan kewajiban kemanusiaan bagi warganegara Suriah yang mengungsi. Namun, negara Lebanon tak memiliki kemampuan untuk terus membantu mereka tanpa keterlibatan organisasi  internasional terkait." Miqati mengatakan pemerintah "selanjutnya akan menyerukan pertemuan organisasi kemanusiaan internasional dengan pandangan mewujudkan visi bersama mengenai kasus pengungsi ini".

Red : Agusdin
Sumber : ant

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Islam Online lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X