Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Peringatan Nuklir Iran Oleh CIA Cemaskan Medvedev

Berita Terkait

2.012 views

Peringatan Nuklir Iran Oleh CIA Cemaskan Medvedev

MOSKOW (Berita SuaraMedia) - Presiden Rusia Dmitry Medvedev mengatakan pada hari Minggu (28/6) bahwa peringatan CIA bahwa Iran memiliki cukup uranium untuk membangun dua bom atom itu "mengkhawatirkan", dan mengkritik kerahasiaan Teheran atas program nuklirnya.

"Informasi ini harus diperiksa tetapi informasi tersebut mengkhawatirkan dan lebih-lebih karena masyarakat internasional tidak mengakui program nuklir Iran sebagai transparan," katanya kepada wartawan.

Sebelumnya, kepala mata-mata AS Leon Panetta mengatakan Central Intelligence Agency (CIA) berpendapat Iran sekarang memiliki cukup uranium yang diperkaya-rendah untuk menghasilkan dua senjata nuklir jika menemukan cara untuk lebih banyak memperkaya itu.

"Jika ini terbukti, itu akan membuat situasi semakin tegang," kata Medvedev, menambahkan bahwa Rusia mungkin perlu memeriksa kembali posisinya mengenai masalah ini.

Rusia secara tradisional telah menjadi sekutu Iran, tapi Medvedev mengungkapkan peningkatan perhatian publik atas program nuklirnya, yang Washington dan negara-negara Barat lainnya khawatir merupakan program untuk membangun senjata nuklir.

Meskipun ada keluhan dari Barat, Rusia membantu membangun PLTN pertama Iran di selatan kota Bushehr. Pada tahun 2008 perusahaan raksasa energi Rusia Gazprom menandatangani perjanjian dengan Iran untuk mengembangkan minyak dan gas.

Rusia, yang tidak seperti Amerika Serikat memiliki hubungan diplomatik dengan Iran, telah di masa lalu enggan untuk menjatuhkan sanksi sulit tetapi mendukung langkah PBB terbaru berikut pembangkangan Teheran berulang-ulang pada perintah untuk menghentikan pengayaan uranium.

Pada kesempatan yang sama CIA juga berpendapat bahwa Osama bin Laden bersembunyi di Pakistan dan Iran bekerja untuk mendapatkan kemampuan nuklir namun masih membutuhkan setidaknya setahun untuk membuat bom.

Dengan upaya-upaya lebih lanjut untuk mengganggu operasi Al Qaeda dan membunuh pemimpin Al Qaeda di Afghanistan, "kita berpikir akhirnya kita bisa membawa" bin Laden dan Ayman al-Zawahiri keluar, Panetta berkata.

Namun, dia mengakui sudah setahun sejak AS memiliki informasi intelijen yang baik akan lokasi yang tepat dari bin Laden.

Perang di Afghanistan telah menjadi "masalah serius," tapi misi pimpinan Amerika itu membuat kemajuan, Panetta kata. "Ini lebih sulit, itu lebih lambat dari yang diantisipasi  siapa pun."

Pada Hari Rabu (23/6), Menteri Luar Negeri Iran Manouchehr Mottaki mengatakan Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Yukiya Amano harus menjalankan badan dengan pendekatan yang profesional.

"Ini sebenarnya adalah pemberitahuan peraturan untuk Amano untuk berhati-hati bahwa inspektur itu tidak melanggar peraturan badan internasional," kata Mottaki dalam wawancara televisi.

Mottaki lebih lanjut menegaskan bahwa sanksi baru dijatuhkan terhadap Iran oleh Dewan Keamanan PBB (DK PBB) akan sia-sia dan mengatakan mereka akan menjadi kekalahan berat bagi negara-negara Barat "yang telah mencoba menghambat kegiatan damai nuklir Iran."

Hal tersebut disampaikan setelah dua pemeriksa nuklir mengijinkan sebuah laporan "kebohongan" oleh IAEA tentang kerja nuklir negara tersebut.

Sebuah laporan terakhir pada Mei lalu, IAEA mengatakan bahwa Iran mempersiapkan peralatan ekstra untuk memperkaya uranium pada tingkatan yang lebih tinggi dan melanjutkan untuk menimbun bahan nuklir. (iw/afp/mo/sm) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Kamis, 16/05/2024 10:20

Batas Akhir Visa Umrah 23 Mei 2024