Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Masjid Tawarkan Harapan Baru Bagi Kanada

Berita Terkait

1.954 views

Masjid Tawarkan Harapan Baru Bagi Kanada

VANCOUVER (Berita SuaraMedia) – Kaum Muslim dan non-Muslim di sebuah kota yang terletak di wilayah paling barat Kanada, sama-sama memandang positif pembangunan sebuah masjid di kota tersebut. Masjid tersebut menjadi masjid pertama yang pernah dibangun, pembangunan masjid tersebut memberikan nafas kehidupan baru di kalangan masyarakat sekaligus membantu komunitas Muslim agar mereka semakin merasa menjadi bagian dalam kehidupan bermasyarakat.

"(Pembangunan masjid tersebut) adalah sebuah hal yang saling menguntungkan, baik bagi kota ini maupun komunitas Muslim yang tinggal di kota ini," kata Brian Skakun, anggota dewan kota Prince George di propinsi British Columbia di Kanada.

"Saya melihatnya sebagai sebuah komponen untuk semakin memperkaya kondisi ekonomi dan memperkaya populasi kota kami."

Selama bertahun-tahun, upaya para pejabat pemerintahan kota untuk memperkaya ekonomi kawasan yang didominasi hutan tersebut selalu menemui kegagalan dalam menarik minat para profesional Muslim yang berkemampuan sangat baik, untuk menetap di sana.

Prince George terletak sekitar 800 kilometer di sebelah barat laut Vancouver, kira-kira dapat ditempuh dengan berkendara selama satu hari penuh, dimana hanya di Vancoucer sebuah masjid terdekat dapat ditemukan.

Para Muslim dari beragam profesi, dokter, profesor, insinyur, ahli bedah tulang dan bedah plastik semuanya menampik tawaran untuk tinggal di kota tersebut karena tidak adanya masjid di kota tersebut.

Kota yang dihuni oleh 70.000 orang penduduk tersebut mengalami kekurangan tenaga profesional, mulai masalah pengangguran hingga masalah akademi perekrutan di setiap universitas, ditambah lagi dengan jarangnya tenaga medis yang profesional.

Enam tahun yang lalu, solusi tersebut dilontarkan oleh asosiasi Muslim British Columbia.

Kaum Muslim mengajukan permohonan kepada dewan kota agar diberikan ijin untuk membeli sepetak tanah agar dapat mendirikan sebuah masjid. Dengan berdirinya sebuah masjid di Prince George, diharapkan bahwa para profesional Muslim dapat terpancing untuk bersedia tinggal di kota tersebut.

Mengingat fakta bahwa kurangnya jumlah masjid menjadi penghambat proses perkembangan kota, para pejabat kota tanpa berpikir dua kali langsung menyetujui permintaan itu.

Dengan anggaran yang diperkirakan antara 1,5 hingga 2 juta dollar AS, seorang arsitek asal Vancouver disewa jasanya untuk membangun masjid dalam sebuah proyek yang berlangusng selama tiga tahap.

Sekitar $500.000 telah disiapkan dari para donatur pribadi di seluruh propinsi.

"Jika anda ingin menarik minat dari kalangan profesional Muslim, maka mereka tidak akan tertarik untuk menetap di kota ini jika tidak ada tempat sembahyang bagi mereka, para profesional Muslim tersebut akan lebih memili untuk menetap di komunitas lain yang lebih besar atau memiliki fasilitas yang lngkap untuk kegiatan ibadah," kata Skakun.

Umat Muslim merupakan 1,9 persen dari keseluruhan penduduk Kanada yang jumlahnya mencapai 32,8 juta orang, dan Islam adalah agama non-Kristen yang terbesar di negara penganut kepercayaan Katolik Roma tersebut.

Sebuah hasil jajak pendapat menunjukkan bahwa mayoritas Muslim merasa bangga sebagai warga Kanada, dan mereka juga lebih terpelajar dibandingkan dengan kalangan umum.

Bagi 200 keluarga Muslim yang menetap di kota tersebut, pembangunan sebuah masjid merupakan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan.

Mereka mengatakan bahwa (pembangunan masjid) akan membuat mereka merasa nyaman seperti di rumah sendiri, khususnya dengan masuknya lebih banyak Muslim ke kota tersebut setelah masjid didirikan.

"Kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa mereka akan menyukainya, namun keluarga mereka tidak akan mengatakan hal yang senada," kata Ibrahim Karidio, sekretaris asosiasi Muslim.

"Pasangan suami istri dan anak-anak tidak akan bersedia untuk menetap di sebauh tempat dimana mereka tidak dapat menjalankan apa yang mereka yakini dalam lingkungan yang sesuai bagi mereka."

Ketika pindah ke Kanada dari Niger sejak 16 tahun yang lalu, Karidio dan istrinya merupakan bagian dari umat Muslim di Prince George, yang dengan amat terpaksa harus menjalankan ibadah shalat di ruang bawah tanah.

Tahun berganti tahun, keadaan semakin memburuk ketika jumlah populasi Muslim semakin bertambah besar dan mereka semua menghadapi permasalahan yag sama karena tidak memiliki tempat dimana seluruh Muslim dapat berkumpul dalam kegiatan shalat berjamaah.

Umat Muslim selama ini terpaksa beribadah di ruang bawah tanah, ruang kelas perkuliahan yang sedang kosong bahkan hingga di gereja Kristen.

Kini, masjid yang telah sejak lama diidam-idamkan dan telah memulai proses pembangunan tersebut akan memiliki kelas untuk melatih anak-anak shalat.

Dalam tahap kedua dan ketiga dari pembangunan masjid tersebut, umat Muslim berharap agar proyek tersebut akan menginspirasikan toleransi beragama di kalangan masyarakat sekitar.

"Hal ini dapat menjadi saat dimana kaum Muslim, non-Muslim, dan segenap lapisan masyarakat dapat menjembatani perbedaan," kata Karidio. "Kami telah memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat dan kami ingin menjadi bagian dari masyarakat seutuhnya."

"Kami tidak ingin hidup terasing dari masyarakat." (dn/iol) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X