Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.380 views

2019: Teknologi Makin Miris Pakai Kapitalisme, Ganti Islam!

Oleh: Sahna Salfini Husyairoh (Aktivis Mahasiswa Kampus Jember)

Zaman millenials saat ini sangat dibanggakan dan dikatakan era kebangkitan oleh sebagian orang yang menganggap perkembangan semakin modern. Tolak ukurnya dari berbagai faktor yaitu gaya hidup serba branded, gadget yang canggih, kendaraan super cepat, blockchain, bioteknologi, komputer kuantum, IoT, percetakan 3D, dan banyak lagi terkait kecanggihan teknologi.

Hal tersebut digadang – gadang mampu memajukan roda perekonomian suatu negara karena masyarakat tidak gagap teknologi dan dapat meningkatkan taraf hidupnya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, sangat wajar jika sebagian orang menyambut kemajuan teknologi tersebut atau yang sering dikenal revolusi industri 4.0 sebagai gerbang kebangkitan manusia.

Disisi lain gencarnya kemajuan teknologi tersebut, fakta yang terjadi di bumi pertiwi seakan menjadi pembantah bahwa kebangkitan itu hanya ilusi belaka. Kebangkitan yang katanya orang banyak itu mengakibatkan problem pada berbagai aspek. Dalam aspek kemanusiaan terjadi gelombang PHK yang menghantui akibat robot akan menggusur 80 juta pekerja di dunia (Tribunnews.com, 2/12/17).  

Selain itu juga berdampak pada kerusakan lingkungan akibat tambang batubara (Mongabay, 17/05/17). Perkembangan teknologi juga mengakibatkan kerusakan tatanan dunia banyak kasus suami – istri bercerai karena sosial media (sindonews.com, 3/10/17). Era revolusi ini juga tak membuat rakyat semakin merasakan kekayaan alam tetapi ibarat penonton dari Sumber Daya Alam yang dikuasai Asing (Berita Satu). Peta kepemilikan sumber daya alam migas dan gas metana batubara di negeri ini diduduki oleh Amerika Serikat serta  Negara Asing lainnya (BP Migas, 2012).

Sebenernya ini bukan hanya masalah teknologi atau orangnya saja, tetapi salah dari aturan yang telah diterapkan sehingga membuat kondisi masyarakat tidak karuan, makin tahun kemaksiatan meningkat, angka kekurangan gizi naik, kenakalan remaja makin menjadi – jadi dan masih banyak lagi. Perlu diketahui bersama, aturan yang diterapkan saat ini bukan dari Sang Pencipta dan Pengatur Kehidupan, Allah SWT. Tetapi Kapitalisme aturan yang berlandaskan asas memisahkan agama dari kehidupan.

Sehingga wajar kalau masyarakat umumnya ingin kebebasan dalam setiap kehidupannya, bebas pacaran, zina, riba, mencuri, bahkan mengambil aset negara yang seharusnya milik orang banyak tapi karena kebebasan itu diambil hanya satu orang kaya raya saja. Pantas saja permasalahan semakin tambah rumit, semua teknologi canggih tapi manusianya gak bangkit – bangkit  jadi semakin merosot saja. Lalu bagaimana menyikapinya? Apakah tak perlu menggunakan teknologi? atau kita mengasingkan diri dari kehidupan? Bukan begitu caranya, karena manusia makhluk Allah yang diciptakan di bumi untuk beribadah padaNya, jadi perlu merujuk kembali kepada aturanNya, biar hidup ini tidak terombang – ambing kesana kemari.

Islam sebenarnya punya sepaket aturan kehidupan, dari manusia bangun tidur sampai bangun negara, karena Islam selain agama juga aturan kehidupan, jadi jangan salah menganggap islam hanya ibadah ritual saja, seperti shalat, puasa, zakat, haji, tetapi Islam juga mengatur kehidupan, pendidikan, kesehatan, jual beli, sosial, dan ekonomi.

Sangat jelas kehidupan Islam memandang halal dan haram sebagai acuan, tidak sembarang diterobos. Manusia sebagai hamba yang beriman dan bertakwa wajib taat aturan Allah, sebelum ajal menjemput, dan penyesalan ujung – ujungnya. Sehingga secanggih apapun teknologi jika diatur dengan aturan yang benar pasti mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh umat manusia. Sejarah telah membuktikan bahwa Islam telah membawa kesejahteraan selama 14 abad, kemajuan peradaban dunia tersebut menyilaukan mata dunia.

Dari abad ke 7M (622) – 20 M (1924), dari Kekhilafahan Umayyah hingga Utsmaniyah. Menaungi hampir  2/3 dunia di masakeemasannya. Menjadi Negara pertama selama berabad-abad.Mewujudkan kesejahteraan dan kedamaian bagi warganya, bahkan bagi penduduk dunia. Peradaban yang beradab , manusiawi  dan paling gemilang di sepanjang sejarah manusia.

Abad X di Andalusia saja ada 20 perpustakaan, di antaranya perpustakaan umum Cordova dg koleksi lebih dari 400 ribu judul buku. Di perpustakaan Darul Hikmah Kairo koleksinya mencapai 2 juta judul. Dalam Chatholique Encyclopedia, perpustakaan Gereja Canterbury dikatakan paling lengkap, pada abad XIV hanya memiliki 1800 (1,8 ribu) judul buku.

Kegemilangan Abad ke Khilafahan dalam bidang sains dan teknologi. Wiet (1971): Orang-orang dari barat seharusnya mengungkapkan rasa terima kasih mereka kepada para ulama dari periode Abbasiyah, yang dikenal dan dihargai di Eropa selama Abad Pertengahan ". Armstrong (2002) : “Muslim scholars made more scientific discoveries during this time than in the whole of previously recorded history”.

Dan surat Raja Inggris George II kepada Khalifah tersirat bahwa Kemajuan peradaban dan ilmu pengetahuan sangat luar biasa, negeri Islam: negeri metropolit. Saat itu Eropa dikepung kebodohan dari berbagai penjuru, mereka ingin belajar ke negara Islam. Pemisahan siswa dan siswi di sekolah-sekolah negara Islam tidak menghalangi mereka untuk maju dalam peradaban dan ilmu pengetahuan. Kekhilafahan Islam memimpin dunia.

Perlu diingat kembali bahwa kebangkitan yang haqiqi itu bukan dari kemajuan teknologi yang canggih tanpa batas, tapi Bangkit dengan aturan Sang Ilahi Rabbi, memakai aturan Islam secara kaffah (keseluruhan), tidak setengah – setengah, ibarat  makan bakso separuh, dicampur soto separuh, dicampur rawon separuh lalu dijadiin satu bakal muntah melihatnya, apalagi kalau aturan hidup yang separuh bakal berabe jadinya.

Saatnya manusia back to muslim identity dengan memakai dan menjalankan semua aturan Allah dalam segala aspek kehidupan, dan menjadi bagian pejuang Islam untuk tegaknya kembali Khilafah jilid kedua, mau jadi penonton atau pejuang itu pilihan, tapi tentukan pilihan terbaik kita, mari sinsingkan lengan untuk Bangkit Hanya dengan Syariat Islam.

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَىٰ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَٰكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.(QS. Al-A’raf: 96) [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Tekno lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kecelakaan Parah, Yatim Santri Tahfizh Qur’an ini Patah Kaki. Ayo Bantu..!!

Kecelakaan Parah, Yatim Santri Tahfizh Qur’an ini Patah Kaki. Ayo Bantu..!!

Sudah 10 hari Maymunah terbaring menahan perihnya patah tulang paha akibat kecelakaan. Ia harus menjalani pencangkokan dan pengobatan tulang selama 60 hari dengan biaya 9,6 juta. Ayo bantu.!!...

Farhan Syafero: Aktivis Dakwah Gugur Salah Tembak dalam Tragedi Berdarah Jakarta, Ayo Bantu.!!

Farhan Syafero: Aktivis Dakwah Gugur Salah Tembak dalam Tragedi Berdarah Jakarta, Ayo Bantu.!!

Aktivis dakwah ini gugur di bulan suci Ramadhan saat siaga menjaga markas FPI dan rumah Habib Rizieq. Jasadnya terkapar bersimbah darah dengan lubang peluru menembus dada hingga punggung....

Ditimpa Musibah Bertubi-tubi, Keluarga Muallaf Hidup Memprihatinkan, Ayo Bantu...!!!

Ditimpa Musibah Bertubi-tubi, Keluarga Muallaf Hidup Memprihatinkan, Ayo Bantu...!!!

Muallaf Evelyn harus berjuang keras menafkahi kelima anaknya, meski fisiknya rapuh mengidap kanker tiroid. Betapapun pahitnya hidup, ia tetap tegar mewujudkan mimpi anaknya yang hafal Al-Quran...

Dibulan Penuh Berkah IDC Kembali Santuni Yatim Dhuafa

Dibulan Penuh Berkah IDC Kembali Santuni Yatim Dhuafa

Dibulan yang penuh berkah ini Infaq Dakwah Center memberikan santunan kepada anak-anak yatim dhuafa. Kegiatan ini digelar bertepatan dengan acara buka bersama anak yatim dhuafa yang diadakan...

IDC Distribusikan Ratusan Kilogram Paket Tebar Kurma Ramadhan

IDC Distribusikan Ratusan Kilogram Paket Tebar Kurma Ramadhan

Alhamdulillah, Relawan IDC telah memulai distribusi Program Tebar Kurma Semarak Ramadhan 1440 H....

Latest News
Habib Rizieq Akan Beri Sambutan pada Aksi PA 212 di Depan Mahkamah Konstitusi

Habib Rizieq Akan Beri Sambutan pada Aksi PA 212 di Depan Mahkamah Konstitusi

Selasa, 25 Jun 2019 12:35

Literasi dan Keislaman

Literasi dan Keislaman

Selasa, 25 Jun 2019 11:37

Muhammadiyah Pasca Pemilu 2019

Muhammadiyah Pasca Pemilu 2019

Selasa, 25 Jun 2019 11:35

Usai Morowali, Relawan FPI Sulteng Bantu Korban Banjir di Konawe Sulawesi Tenggara

Usai Morowali, Relawan FPI Sulteng Bantu Korban Banjir di Konawe Sulawesi Tenggara

Selasa, 25 Jun 2019 11:27

Merajut Mahabbah, Menggapai Sakinah dengan Kembali pada Islam Kaffah

Merajut Mahabbah, Menggapai Sakinah dengan Kembali pada Islam Kaffah

Selasa, 25 Jun 2019 10:04

Jokowi Pernah Teken Peraturan Anak Perusahaan BUMN Sama Dengan BUMN

Jokowi Pernah Teken Peraturan Anak Perusahaan BUMN Sama Dengan BUMN

Selasa, 25 Jun 2019 09:10

Arah Pendidikan Kita, Mau Dibawa Kemana?

Arah Pendidikan Kita, Mau Dibawa Kemana?

Selasa, 25 Jun 2019 08:02

Zonasi

Zonasi

Selasa, 25 Jun 2019 04:21

Bius Game Online Dalam Kacamata Islam

Bius Game Online Dalam Kacamata Islam

Selasa, 25 Jun 2019 00:43

Bola Panas di Ruang RPH MK

Bola Panas di Ruang RPH MK

Senin, 24 Jun 2019 23:19

Pintu Maskapai Asing Dibuka Menambah Derita Maskapai Dalam Negeri

Pintu Maskapai Asing Dibuka Menambah Derita Maskapai Dalam Negeri

Senin, 24 Jun 2019 22:56

Riset Tunjukkan Olahraga di Pagi Hari Lebih Cepat Membakar Lemak

Riset Tunjukkan Olahraga di Pagi Hari Lebih Cepat Membakar Lemak

Senin, 24 Jun 2019 22:30

Polisi Sebut Penangkapan Rahmat Baequni Tidak Ada Hubungannya dengan Desain Masjid 'Iluminati'

Polisi Sebut Penangkapan Rahmat Baequni Tidak Ada Hubungannya dengan Desain Masjid 'Iluminati'

Senin, 24 Jun 2019 22:20

Pengidap Nomophobia Terus Bertambah

Pengidap Nomophobia Terus Bertambah

Senin, 24 Jun 2019 22:20

Konsep Perang

Konsep Perang

Senin, 24 Jun 2019 22:17

Revisi Aturan Kawasan Ekonomi Khusus: Sinyal Impor Tenaga Pendidik Asing?

Revisi Aturan Kawasan Ekonomi Khusus: Sinyal Impor Tenaga Pendidik Asing?

Senin, 24 Jun 2019 21:42

BMKG Jabar Nilai Suhu Dingin di Kota Bandung Masih Wajar

BMKG Jabar Nilai Suhu Dingin di Kota Bandung Masih Wajar

Senin, 24 Jun 2019 21:24

Menkumham Tolak Syarat Napi Khatam Al Quran Baru Bisa Bebas

Menkumham Tolak Syarat Napi Khatam Al Quran Baru Bisa Bebas

Senin, 24 Jun 2019 21:24

Terpilih Sebagai Ketua Pemuda Persis Jabar, Agus Priatna Minta Dukungan Penuh dari Kader

Terpilih Sebagai Ketua Pemuda Persis Jabar, Agus Priatna Minta Dukungan Penuh dari Kader

Senin, 24 Jun 2019 21:20

Kemendagri Evaluasi Berkas Permohonan Perpanjangan Izin FPI

Kemendagri Evaluasi Berkas Permohonan Perpanjangan Izin FPI

Senin, 24 Jun 2019 21:10


Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X