Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
29.722 views

13 Resep Mengobati Marah

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga terlimpah atas Rasulullah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Marah adalah penyakit kronis mematikan. Jika dibiarkan berkembang dalam diri maka akan menimbulkan berbagai kerusakan dalam kehidupan muslim secara pribadi, keluarga, persahabatan, dan kemasyarakatan. Karenanya seorang muslim harus serius mengobati penyakit tersebut dan menyingkirkan sifat suka marah-marah dari dirinya.

Berikut ini beberapa resep obat marah-marah yang ditunjukkan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam kepada umatnya:

Pertama, mengikuti wasiat Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam kepada seseorang yang suka marah-marah, “Janganlah engkau marah.” Maka mengantisipasi dan mencegah diri untuk marah itu lebih utama daripada sudah marah-marah dan berusaha memperbaiki kondisi yang sudah memburuk.

Kedua, mengetahui karunia Allah Azza wa Jalla bagi siapa yang menahan amarah dan menyembunyikannya. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Tidaklah seorang hamba meneguk sesuatu yang lebih utama di sisi Allah daripada kemarahan yang disembunyikannya untuk mengharap wajah Allah Tabaraka wa Ta’ala.” (HR. Ibnu Majah)

Ketiga, Berharap janji Allah Azza Wa Jalla bagi orang yang menahan amarahnya. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

مَنْ كَظَمَ غَيْظًا وَهُوَ قَادِرٌ عَلَى أَنْ يُنْفِذَهُ دَعَاهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى رُءُوسِ الْخَلَائِقِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُخَيِّرَهُ اللَّهُ مِنْ الْحُورِ الْعِينِ مَا شَاءَ

 

“Barangsiapa yang menahan marah padahal ia manpu melampiaskannya, Allah akan memanggilnya di hadapan semua makluk pada hari kiamat sampai Allah menyuruhnya memilih bidadari sesuai yang ia inginkan.” (HR. Abu Dawud dan dihassankan Syaikh Al-Albani)

 

...“Barangsiapa yang menahan marah padahal ia manpu melampiaskannya, Allah akan memanggilnya di hadapan semua makluk pada hari kiamat sampai Allah menyuruhnya memilih bidadari sesuai yang ia inginkan.”...

Keempat, menyadari bahwa marah itu berasal dari Syetan. Sedangkan syetan berusaha menjerumusan manusia ke dalam kehancuran. “Marah itu dari Syetan,” demikian bunyi sebuah hadits.

Kelima, membaca ta’awud (berlindung kepada Allah dari syetan terkutuk) karena syetan penyebab musibah,

وَإِمَّا يَنْزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ إِنَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

 

“Dan jika kamu ditimpa sesuatu godaan setan, maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-A’raf: 200)

 

Dari Salman Ibnu Shurad Radhiyallahu ‘Anhu, berkata: Ada dua orang saling memaki (adu mulut) di sisi Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, salah seorang dari keduanya memerah matanya dan menegang urat lehernya. Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Sungguh aku tahu ada satu kalimat kalau ia ucapkan maka akan hilang apa yg ada padanya:

أعوذُ بالله مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجيمِ

“A’udzu Billahi Minasy Syarithanir Rajiim (Aku berlindung kepada Allah dari syetan terkutuk).” (HR. Bukhari & Muslim)

 

Keenam, dzikrullah di mana saja, khususnya ketika kondisi marah.

إِنَّ الَّذِينَ اتَّقَوْا إِذَا مَسَّهُمْ طَائِفٌ مِنَ الشَّيْطَانِ تَذَكَّرُوا فَإِذَا هُمْ مُبْصِرُونَ

 

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari setan, mereka ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya.” (QS. Al-A’raf: 201)

 

Ketujuh, Diam diri saat marah dan tahan lisan serta ikat ia erat-erat. “Apabila kamu marah maka diamlah, Apabila kamu marah maka diamlah, Apabila kamu marah maka diamlah.” (HR. Ahmad)

Kedelapan,perpegang dengan petunjuk Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam saat marah. Yakni dengan merubah posisi saat marah agar lebih dekat dengan tanah, karena hal itu mampu merendahkan diri dan membuang kesombongan. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

 

أَلَا وَإِنَّ الْغَضَبَ جَمْرَةٌ فِي قَلْبِ ابْنِ آدَمَ أَمَا رَأَيْتُمْ إِلَى حُمْرَةِ عَيْنَيْهِ وَانْتِفَاخِ أَوْدَاجِهِ فَمَنْ أَحَسَّ بِشَيْءٍ مِنْ ذَلِكَ فَلْيَلْصَقْ بِالْأَرْضِ

 

“Ketahuilah, sesungguhnya marah itu bara api dalam hati manusia. Tidaklah engkau melihat merahnya kedua matanya dan urat lehernya yang menegang? Barangsiapa yang mendapatkan hal itu, maka hendaklah ia menempelkan pipinya dengan tanah (sujud).”(HR. Ahmad & Al-Tirmidzi)

Kesembilan, Wudhu’. Pengamalan terhadap sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, “Marah itu dari Syetan. Ia dicipta dari api. Sesungguhnya api padam dengan air. Jika salah seorag kalain marah hendaknya ia berwudhu.” (HR. Abu Dawud)

Kesepuluh, sadari bahwa saat kamu menahan amarah maka derajatmu lebih tinggi dari selainmu. Ini berdasarkan hadits yang menerangkan tentang orang yang kuat di atas. Ini juga dikuatkan dengan firman Allah Ta’ala,

خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ

“Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta berpalinglah daripada orang-orang yang bodoh.” (QS. Al-A’raf: 199)

وَلَمَنْ صَبَرَ وَغَفَرَ إِنَّ ذَلِكَ لَمِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

“Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.” (QS. Al-Syuura: 43)

...saat kamu dalam keadaan marah maka kamu telah berbuat zalim dan memusuhi sehingga kamu berdosa. Padahal Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Setiap muslim atas muslim lainnya haram darah, harta dan kehormatannya.”...

Kesebelas, sadari bahwa saat kamu dalam keadaan marah maka kamu telah berbuat zalim dan memusuhi sehingga kamu berdosa. Padahal Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Setiap muslim atas muslim lainnya haram darah, harta dan kehormatannya.” (HR. Muslim)

Keduabelas, Bertaqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah Azza Wa Jalla dengan berakhlak mulia terhadap kaum mukminin dan tidak menyakiti mereka. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

إِنَّ الْمُؤْمِنَ لَيُدْرِكُ بِحُسْنِ خُلُقِهِ دَرَجَةَ الصَّائِمِ الْقَائِمِ

“Sesungguhnya seorang mukmin dengan akhlak mulianya akan mendapatkan derajat orang berpuasa dan shalat malam.” (HR. Abu Dawud)

Ketigabelas, memahami dampak buruk marah. Karena sebab marah, bisa saja seseorang menghabisi nyawa saudaranya. Karena emosi seseorang berpisah dari istrinya sehingga anak-anak menanggung derita. Sebab marah kawan menjadi musuh, dakwah berantakan, dan sebagainya.

Penutup

Secara umum suka marah-marah tercela. Namun ada juga marah yang terpuji, yakni jika dilakukan karena Allah dan dalam bingkai syariat Allah. Seperti marah jika keharaman-keharaman Allah dilanggar, perintah-Nya ditelantarkan, kemaksiatan terang-terangan, dan semisalnya. Inilah yang dipraktekkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dalam catatan marahnya, “Rasulullah tidak pernah memuul seseorang dengan tangannya; baik istri maypun pambantunya. Kecuali saat belau berjihad di jalan Allah. Beliau tak pernah disakiti lalu membalas pelakunya kecuali jika ada larangan Allah Ta’ala yang dilanggar, maka beliau marah karena Allah Ta’ala.” (HR. Muslim)

Semoga Allah memelihara kita dari akhlak tercela berupa suka marah-marah ini, menganugerahkan kepada kita kelembutan dan kasih sayang, suka memamaafkan dan membalas keburukan orang dengan kebaikan. Semoga dengan semua ini Allah senantiasa merahmati kita. Amiin. [PurWD/voa-islam.com] .

TULISAN TERKAIT:

1. Jangan Suka Marah-marah

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Tsaqofah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Eks Menteri M. S. Kaban Nilai PERSIS Dorong Kemajuan Indonesia dengan Gerakan Dakwahnya

Eks Menteri M. S. Kaban Nilai PERSIS Dorong Kemajuan Indonesia dengan Gerakan Dakwahnya

Sabtu, 24 Sep 2022 23:29

KEPPRES Kontroversial Jokowi

KEPPRES Kontroversial Jokowi

Sabtu, 24 Sep 2022 21:39

Ulama Uzbekistan Larang Warga Uzbek Ikut Bertempur Bersama Rusia Di Ukraina

Ulama Uzbekistan Larang Warga Uzbek Ikut Bertempur Bersama Rusia Di Ukraina

Sabtu, 24 Sep 2022 21:34

Filter Agama dalam Keluarga adalah Pedomanan Menuju Kebahagian Dunia dan Akhirat

Filter Agama dalam Keluarga adalah Pedomanan Menuju Kebahagian Dunia dan Akhirat

Sabtu, 24 Sep 2022 21:25

Akmal Sjafril: Sains Tak Mampu Mengudeta Tuhan

Akmal Sjafril: Sains Tak Mampu Mengudeta Tuhan

Sabtu, 24 Sep 2022 21:12

Muktamar PERSIS XVI, Wakil Presiden KH. Maruf Amin Siap Buka Acara

Muktamar PERSIS XVI, Wakil Presiden KH. Maruf Amin Siap Buka Acara

Sabtu, 24 Sep 2022 21:05

Pendidikan Indonesia Tidak Mengajarkan Sekulerisme

Pendidikan Indonesia Tidak Mengajarkan Sekulerisme

Sabtu, 24 Sep 2022 08:35

Toleransi Tidak Ahistoris; Jangan Paksakan Jika Masyarakat Menolak Pembangunan Gereja

Toleransi Tidak Ahistoris; Jangan Paksakan Jika Masyarakat Menolak Pembangunan Gereja

Sabtu, 24 Sep 2022 05:27

Mulailah Dari Land Cruiser Hitam

Mulailah Dari Land Cruiser Hitam

Jum'at, 23 Sep 2022 23:21

Peringati Serangan 11 September, Al-Qaidah Sebut Aliansi Utara 'Cucu Abu Righal'

Peringati Serangan 11 September, Al-Qaidah Sebut Aliansi Utara 'Cucu Abu Righal'

Jum'at, 23 Sep 2022 21:30

Menjadi Pemuda Istimewa

Menjadi Pemuda Istimewa

Jum'at, 23 Sep 2022 21:19

Ribuan Warga Rusia Melarikan Diri Ke Luar Negeri Setelah Seruan Putin Untuk Perang Di Ukraina

Ribuan Warga Rusia Melarikan Diri Ke Luar Negeri Setelah Seruan Putin Untuk Perang Di Ukraina

Jum'at, 23 Sep 2022 20:55

Saudi Minta Iran Berhenti Campuri Urusan Dalam Negeri Orang Lain

Saudi Minta Iran Berhenti Campuri Urusan Dalam Negeri Orang Lain

Jum'at, 23 Sep 2022 18:15

Laporan BSR Temukan Facebook Langgar Hak Pengguna Palestina

Laporan BSR Temukan Facebook Langgar Hak Pengguna Palestina

Jum'at, 23 Sep 2022 17:32

MUI Jabar Sepakat: Ajaran Syiah Sesat

MUI Jabar Sepakat: Ajaran Syiah Sesat

Jum'at, 23 Sep 2022 17:24

15 Faidah Dzikrullah dari Kitab ''Fiqh Doa dan Dzikir''

15 Faidah Dzikrullah dari Kitab ''Fiqh Doa dan Dzikir''

Jum'at, 23 Sep 2022 17:01

Benteng Itu akan Bobol Juga

Benteng Itu akan Bobol Juga

Jum'at, 23 Sep 2022 15:47

Isu Aksi: Jokowi Turun

Isu Aksi: Jokowi Turun

Jum'at, 23 Sep 2022 13:46

Peranan Akal dalam Masalah Keimanan

Peranan Akal dalam Masalah Keimanan

Jum'at, 23 Sep 2022 12:17

Tito Membangun Otoritarian dengan Cuci Tangan

Tito Membangun Otoritarian dengan Cuci Tangan

Jum'at, 23 Sep 2022 11:45


MUI

Must Read!
X