Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.491 views

Ustadz Fadzlan Garamatan: Dalam Dakwah Indonesia-Malaysia Disatukan

Tak dipungkiri, hubungan Indonesia-Malaysia selalu mengalami pasang surut. Tatkala hubungan kedua negara tengah meruncing, masyarakat Indonesia justru menjalin harmonis dengan masyarakat Malaysia dalam hal dakwah. Ternyata dalam tauhid dakwah, Indonesia dan Malaysia bisa disatukan.

Sebagai contoh, ormas Islam seperti Al-Fatih Kaffaah Nusantara (AFKN) yang dipimpin oleh Ustadz Fadzlan Garamatan, seorang dai asal Papua ini, berhubungan baik dengan Tuan Haji Ismail bin Ahmad, seorang pengusaha Herba Penawar Al-Wahidah (HPA) International asal Malaysia.

Belum lama ini Tuan Haji Ismail bin Ahmad memberikan hibah kepada AFKN berupa kapal dakwah yang diberi nama Bahtera Nusantara. Ini adalah bantuan kedua yang diterima Ustadz Fadzlan, setelah sebelumnya juga pernah menerima wakaf serupa dari umat Islam, yang dinamakan Kapal Dakwah Khilafah.

Kapal Bahtera Nusantara serupa dengan kapal pertama. Bedanya, kapal yang kedua memiliki fasilitas AC dan penambahan asesoris lainnnya. Kapal yang dibeli dari PT Charita Boot ini sudah selesai pembuatannya. Kapal tersebut berkapasitas 20 orang dan berat 10 ton, dan dilengkapi oleh ruangan toilet, dapur kecil, dan ber-AC. Harga plus ongkos pengiriman hingga Irian menelan biaya sebesar Rp 675 juta.

Perlu diketahui, Tuan Haji Ismail bin Ahmad adalah seorang pengusaha produk halal herba. Beliau telah merintis pengembangan herba sejak 20 tahun yang lalu di Malaysia. Ia resmi berniaga sejak tahun 1997. Kini, Tuan Haji sudah memiliki 21 perusahaan (sarekat) dengan 130 cabang di Malaysia, dan 600 member (anggota) dengan menggunakan sistem MLM. ”Sejak enam bulan lalu, HPA memiliki 10 cabang di Indonesia. Targetnya Insya Allah meliputi 27 cabang, sebelum berakhir desember 2009,” kata Cik Ghany, Manager HPA.

Adapun produk HPA itu meliputi: Rfc (sejenis KFC), HPA Ilham (travel), Cola Radix (sejenis Coca-Cola), Hotel al-Zahra, Al Wahidah Marketing, Radix Industries (kopi), HPA Farm, HPA Machineries & Supplies, HPA Food. ”Bisnis kami memang dari hulu ke hilir, dengan  membuka pasar dari member sendiri. Bahkan HPA memiliki sarana pendidikan seperti Institut HPA di Pulo Mas, Jakarta,”  tandas Cik.

Perkenalan Ustadz Fadzlan dengan Tuan Haji Ismail bin Ahmad, bermula ketika Ustadz Fadzlan diundang olehnya selama dua minggu untuk berdakwah di Malaysia, mulai dari Johor, Kuala, hingga Penang. Perjalanan dakwah ini adalah napak tilas seperti yang dilakukan Pasai-Perlak di Nusantra dengan menggunakan kapal.

Tuan Haji Ismail bin Ahmad memang tengah mengembangkan ekonomi syariat melalui herba. Ketika ada KFC, umat Islam harus punya usaha serupa, ketika ada RS yang menggunakan bahan kimia, umat Islam harus memiliki RS yang tidak menggunakan bahan-bahan kimia (herba). “Dalam kesempatan itu, saya mengujungi 23 pabrik, tempat usahanya Tuan Haji yang semuanya berasaskan syariat Islam,” kata Ustadz Fadzlan.

Dikatakan Cik Ghany, Tuan Haji Ismail bin Ahmad selaku pimpinan HPA mengaku, jatuh hati dengan dakwah yang dilakukan Fadzlan dan lembaganya AFKN selama ini. Ituah sebabnya, kepeduliannya terhadap dakwah ia wujudkan dengan pemberian wakaf dalam bentuk kapal yang dinamai Bahtera Nusantara. ”Alasan yang mendorong Tuan Haji Ismail adalah untuk merealisasikan mimpi yang sama, yaitu dakwah itu sendiri,” tukas Cik Ghany.

Kenapa harus ada kapal dakwah? ”Jika selama ini ada kapal pesiar, penumpang, maka seyogianya harus ada kapal dakwah. Kapal ini  dikhususkan untuk mengangkut dai dan bantuan yang disalurkan langsung untuk masyarakat muslim Irian agar tepat sasaran, dari satu daerah ke daerah lain. Kami mengistilahkannya dengan sistem analogi hujan: dari langit turun ke bumi,” tukas Fadzlan.

Dengan kapal dakwah Bahtera Nusantara ini diharapkan, dapat memberi motivasi, dan tentu saja bisa bergerak dakwah lebih cepat. Seperti kita ketahui, Irian memiliki kawasan yang sangat luas. Karena itu, dibutuhkan sarana transportasi yang memadai untuk menunjang dakwah. “Dua kapal yang kini diamanatkan kepada AFKN, tentu jarak tempuh yang luas itu dapat dijangkau lebih mudah, dan bergerak cepat dan kencang. Yang jelas, kami lebih bersemangat lagi,” kata Fadzlan.

Jika sebelumnya, satu kapal bisa menjangkau 10 tempat, maka dengan dua kapal, menjangkau 20-30 tempat. “Dengan sarana ini, kami bisa mengunjungi saudara-saudara kami di pedalaman Irian, sekaligus membangun perekonomian, SDM dan tauhid mereka menjadi lebih baik.”

Diakui Fadzlan, dengan kapal sendiri, kami bisa menghemat 75%.  Karena sebelumnya,  kami harus menyewa kapal dengan menghabiskan dana sebesar Rp. 50 juta. Itu belum termasuk BBM-nya. Untuk perjalanan dakwah, kami bisa menghabiskan waktu 15 hari. Jika demikian, kapan kita mulai berdkawah, sementara Zakat Infak Sedekah (ZIS) dari umat habis, baru menyewa kapal saja.

Fasilitas kapal dakwah ini dapat membantu akselerasi (percepatan) dakwah di Irian. ”Kita harus menunjukkan identitas diri kepada saudara kita yang non muslim. Setidaknya, menunjukkan, bahwa kami pun butuh  sarana dan fasilitas khusus. Seperti halnya Muhammdiyah punya sarana pendidikan (universitas) sendiri. Inilah ciri khas yang menuju pada kebaikan, bukan kehancuran. AFKN berdakwah dengan santun, melayani seluruh umat di pedalaman Irian. Jika instutusi lain peduli Irian dari sisi ekonomi, AFKN membantu program pemerintah dari sisi iman dan takwa,” ungkap Fadzlan.

Untuk jangka panjang, pihaknya bersedia melakukan join venture dengan AFKN. Kekayaan Indonesia bukan untuk dibawa pulang ke Malaysia, tapi atas dasar saling menguntungkan. ”Tuan Haji Ismail bin Ahmad memang ingin mengangkat umat Islam dengan kekuatan ekonomi. Dengan kekuatan ekonomi, umat Islam akan disegani. Tanpa ekonomi yang kuat, umat Islam tidak akan bersuara dan bergerak. Semua yang dilakukan Tuan Haji Ismail adalah untuk kebangkitan Islam.” [Desastian]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Upclose lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X