Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.805 views

Demi Selamatkan Akidah Anak-anak dari Kristenisasi, Aku Rela Jadi TKW

SEBUT saja namaku Salma, bukan nama sebenarnya. Aku terlahir dari keluarga cukup, meski tak tergolong kaya-raya. Empat saudara yang kumiliki juga melimpahkan kasih sayang yang tulus.

Seperti wajarnya remaja-remaja kampung, selepas lulus SMA berusaha mencari lowongan kerja. Alhamdulillah, aku mendapat lowongan kerja dengan sangat mudah di sebuah pabrik plywood, meski aku harus bersedia ditugaskan ke pulau lain. Berat, namun tidak apalah, pikirku waktu itu.

Dengan bekal dan doa kedua orangtua, diantarlah aku dengan hujan airmata. Kebetulan nama perusahaannya juga familiar dan cukup bergengsi, sehingga kedua orangtua bisa sedikit terhibur, meskipun sebenarnya khawatir melepasku merantau ke kepulauan Sulawesi.

Pembawaan yang mudah bergaul, membuat aku cepat akrab dengan teman seprofesi yang rata-rata juga berasal dari Jawa, hanya sedikit saja orang Sulawesi yang bekerja dalam perusahaan ekspor kayu siap jadi tersebut. Suasana kerja yang kondusif, apalagi ditunjang dengan fasilitas tempat tinggal perusahaan yang lumayan strategis dan terjaga. Di antara teman-teman kerja, mayoritas masih lajang. Tumbuhlah aku di antara teman kerja yang rata-rata berusia sebaya denganku yang ketika itu usiaku delapan belas tahun. Dunia remaja, di mana-mana saja, penuh keindahan dan pesona. Aku pun juga mekar layaknya mereka, menjadi gadis yang mulai mengenal lawan jenis. Wajahku yang kata orang cukup cantik, menarik beberapa laki-laki mendatangi untuk menyatakan hasrat cintanya.

Selang beberapa bulan, aku mulai tertarik dengan seorang laki-laki yang menurutku punya aura tersendiri, sebut saja Mark (bukan nama sebenarnya). Usianya baru sembilan belas tahun, atau setahun lebih tua dariku. Mark bekerja di perusahaan yang sama denganku, hanya berbeda divisi.

Kurasakan kuntum-kuntum cinta bermekaran dalam dada. Hari demi hari, rasa sesak memenuhi kalbu. Betapa bahagianya hatiku ketika ia dengan sikap kedewasannya dalam mengungkapkan rasa cinta. Dunia menjadi milik kami berdua. Semua serba indah, tidak ada lagi resah, galau, gelisah, yang ada hanyalah rindu terhadapnya. Hatiku semakin berbunga-bunga ketika tahu ternyata laki-laki yang menjadi kekasihku ini menjadi incaran banyak gadis. Sang arjunaku berbadan tegap, sikapnya tegas dan berwibawa.

Berlalunya waktu, tidak ingin rasa ini sia-sia, maka kami merencanakan pernikahan. Enam bulan berpacaran sudah cukup bagi kami untuk saling mengenal. Maka dibuatlah rencana, aku menghubungi keluarga di Jawa, sedangkan Mark juga menghubungi keluarganya yang masih satu kabupaten dengan perusahaan plywood. Respon keluarga Mark biasa saja, namun tidak dengan keluargaku, ayah dan ibu menentang hebat, apalagi setelah tahu bahwa Mark beragama Kristen.

Dengan bijaksana kujelaskan bahwa Mark bersedia masuk Islam sebelum menikah. Keluargaku tidak percaya begitu saja, mereka memintaku untuk membawa Mark pulang ke Jawa dulu sebelum menikah. Entah karena hati ini sudah terbutakan oleh cinta atau memang aku yang terlalu lugu, aku nekad melangsungkan pernikahan dengan Mark, dengan pernikahan yang disaksikan keluarga Mark. Dan ketika menikah, Mark telah menyatakan masuk Islam.

Pernikahan ini indah awalnya, aku merasakan hidup tenang di samping suami. Dua bulan setelah menikah, aku mengandung anak pertama. Namun, aku terkejut dengan perubahan suamiku, dua bulan setelah menikah, sikapnya terhadapku berubah drastis dengan sikapnya ketika masih pacaran dulu.  Ia menjadi laki-laki keras dan suka menghardik. Demi bakti pada suami tercinta, aku mampu bersabar, anak dalam kandungan menjadi motivasi melangkah dalam kesabaran. Airmata meleleh, menikah tanpa dihadiri satu kerabat pun, setelah menikah hidup di lingkungan Kristen. Setiap hari, dengungan lagu-lagu kristiani menyesakkan dada. Meski aku bukan muslimah taat, tetapi tidak akan pernah mau dikristenkan.

Sembilan bulan sudah usia kandungan ini, suami sama sekali tidak peduli, justru kemarahan sering terlontar. Mata ini terasa panas ketika tahu, ternyata suami yang aku banggakan itu kembali dalam agama lamanya, dia kembali pada agama Kristennya setelah menikah denganku.

Detik-detik itupun datang, anak pertamaku lahir, dengan ditemani kakak ipar (kakak perempuan suami yang telah masuk Islam setelah menikah dengan pria Muslim). Sementara suamiku memperlihatkan sikap semakin acuh tak acuh. Didera rasa pedih aku terus berjuang semampunya membesarkan anakku. Hanya Allah tempatku mengadu, semua telah terjadi, aku hanya mampu menangis dalam penyesalan.

Allah menitipkan lagi amanah tuk kedua kalinya, aku mengandung lagi ketika anak pertama berusia sepuluh bulan. Seiring dengan itu, sikap suami kian acuh. Dari pembicaraan keluarga suami, aku mendengar bahwa anak pertamaku akan dibaptis dalam waktu dekat. Bagai disambar petir ketika itu, tapi bagaimanapun aku tidka akan pernah mengizinkan anakku tumbuh menjadi wanita Kristen. Saat usia kandungan kedua memasuki empat bulan, aku bertengkar hebat dengan suami, aku bersikeras, bayiku tidak akan ku izinkan di baptis. Entah apa yang terpikir dalam benak suami, rupanya komitmenku membuatnya marah besar, sebuah pukulan keras mendarat ditubuhku, aku terpental jatuh. Astaghfirullah.

Khawatir dengan bayi dalam gendongan juga dalam kandungan, aku memilih sebuah keputusan nekad. Aku akan pulang ke Jawa beberapa hari sebelum bayiku dibaptis di gereja. Awalnya suami melarang keras, dengan sikap lembutku merayu agar diizinkan. Akhirnya diizinkan dan berjanji akan menyusul ke Jawa setelahnya. Aku sedikit terhibur, diantar kakak ipar yang muallaf, dengan menggendong bayi, dalam keadaan mengandung empat bulan, aku mendatangi pelabuhan, memesan tiket kapal laut menuju Surabaya. Hancur tapi lega. Hancur, karena setelah merantau, aku pulang kembali pada orang tua dalam membawa biduk pernikahanku yang kandas. Lega, karena aku bisa lepas dari cengkeraman kristenisasi yang menghimpitku tiap hari.

Waktu berputar begitu cepat, anak keduaku lahir tanpa disaksikan sang ayah. Surat terus kukirimkan, tapi hanya sedikit saja balasan, kadang yang membalas seorang perempuan yang mengaku sebagai pacarnya. Kepedihan ini menindih batin, tetapi harapanku tidak pernah kandas. Aku berjualan makanan ringan untuk menyambung hidup di Jawa, numpang di rumah orangtua. Surat-surat itu terus ku tulis, meski jawaban tidak pernah kudapatkan.

Empat tahun kemudian, anakku harus sekolah, membutuhkan biaya besar. Anak pertama berusia empat tahun, yang kedua berusia tiga tahun. Saat itu aku berpikir, kembali pada suami tetapi dalam ancaman kristenisasi, atau bertahan di Jawa agar anak-anak akidahnya selamat? Tetapi, untuk ijazah SMA sepertiku, apa yang bisa kulakukan? Melamar kerja? Sangat susah, apalagi keadaan bangsa terus memburuk, kondisi ekonomi tidak berpihak pada rakyat kecil.

Akhirnya aku nekad melamar menjadi TKW dengan tujuan Hong Kong. Awal di PJTKI aku menangis tiap hari, teringat anak-anak yang kutitipkan pada orangtua. Waktu seakan berhenti berputar, lambat menjalani hari. Menunggu job yang tidak kunjung kuperoleh. Dengan rasa rapuh, terus ku pompa semangat, aku harus bangkit demi anak-anak.

Saat ini, aku telah delapan tahun menjadi TKW di Hong Kong, biarpun banyak orang mencibir sebagai tenaga kerja rendah dan tidak berstatus, asalkan anak-anakku tetap hidup dan akidahnya tetap Islam.

Alhamdulillah, di Hong Hong hidayah menyapaku. Aku pun telah berjilbab dan terus memperdalam Islam disela waktu kerja. Aku optimis melangkah membesarkan kedua anakku dalam akidah Islam. Sementara Mark, bekas suamiku, telah menikah lagi dengan wanita Kristen. Anak pertamaku telah berumur tujuh belas tahun, dan yang kedua berumur enam belas tahun. Aku bahagia menjadi single parent, inilah jalan yang Allah anugerahkan, aku memilih menjadi TKW demi akidah anak-anakku dari incaran kristenisasi. [seperti dituturkan pada Yulianna PS]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Upclose lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Jum'at, 29 Mar 2024 13:12

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X