Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.588 views

100 Hari Pemerintahan Presiden Mursi, 70 Persen Rakyat Puas

Cairo (voa-islam.com) Sekalipun belum mampu memenuhi seluruh janjinya, ketika menapaki pemerintahan baru di Mesir, tetapi Presiden  Mohamed Mursi mengatakan, Sabtu, telah berusaha memenuhi janjinya dalam 100 hari pertama pemerintahannya, ujarnya.

Sekarang,Mursi menghadapi tantangan dan kritikan lyang lebih keras, terutama dari kalangan sekuler, yang terus menggalang kekuatan merobohkan pemerintahannya.

Mursi, yang berasal dari Ikhwanul Muslimin, menerima kekuasaan dari Dewan Agung Militer (SCAF), yang dipimpin Marsekal Husien Tantawi, yang bertanggung jawab atas pemerintahan Mesir, pasca Mubarak. Militer Mesir menyerahkan kekausaan kepada Mursi, sesuah pemilihan presiden, di mana Mursi mengalahkan Marsekal Ahmad Shafiq, pada Juni 2011.

Mursi berbicara di depan ratusan ribu warga Mesir yang berkumpul di stadion Cairo, saat berlangsungnya ulang tahun penyerbuan yang sukses oleh militer Mesir dari Terusan Suez pada tahun 1973, yang dikenal dengan perang Oktober melawan Israel.

"Ketika hasil pemilu diumumkan dan saya mengambil tanggung jawab pada tanggal 30 Juni, saya mengumumkan sebuah program yang jelas," kata Mursi di depan ratusan ribu rakyatnya, dan menegaskan tentang pencapaian program dan rencana 100 hari pemerintahannya, yang fokus pada isu-isu keamanan, pasokan energi, pangan (roti), kebersihan jalan, dan mengurangi kemacetan lalu lintas di Cairo", ujarnya.

"Apa yang saya capai,  tidak cukup memuaskan,  tapi apa yang dicapai pemerintahan, menurut standar yang layak (profesional) telah mencapai  70 persen dari apa yang kita ditargetkan selama 100 hari", unkgapnya.

Mursi mengatakan bahwa di antara kelemahan utama pemerintahannya adalah kemampuan untuk memasok energi (gas) bagi rakyat Mesir. Jutaan rumah tidak memiliki gas alam disalurkan ke rumah-rumah mereka.

Negara saat ini menjual  tabung gas pada sekitar 5 pound Mesir ($ 0.82) masing-masing sebagai bagian dari program subsidi energi. Biaya sebenarnya tabung gas yang beratnya 65 kilogram, jauh lebih mahal, teapi pemerintah mensubsidi rakyat.

"Ada 15 persen kekurangan pasokan gas, terutama di rumah-rumah  sakit, tetapi kita semua mencoba untuk tanggung jawab,." Kata Mursi, yang mengingatkan korupsi telah menjadi ancaman negara, yang  menyebabkan meluasnya tingkat tidak effesiensi negara, khususnya di berbagai bidang, dan sekarang Mursi berusaha mengubah keadaan yang ada.

Di antara prestasi puncak, bagaimanapun Presiden Mursi memperbaiki Kementerian Dalam Negeri, dan menciptakan keamanan, di mana pasca revolusi, terjadi kekacauan yang sangat luar biasa, tetapi Mursi berhasil menciptakan keamanan, dan membangun stabilitas di Mesir.  Mursi juga berhasil mengganti sejumlah perwira tinggi di jajaran jenderal Mesir, yang sudah lama berkuasa, sejak zamannya Mubarak.


Mencari untuk menangkal kritik bahwa ia telah menempatkan kebijakan luar negeri menjelang urusan dalam negeri, Mursi mengatakan perjalanannya ke Addis Abbaba, Beijing, dan New York di antara tujuan lain karena pemilihannya yang ditargetkan untuk mendorong perekonomian.

"Kami melakukan perjalanan  sembilan kali ke luar negeri, dan telah membawa dukungan ekonomi bagi rakyat Mesir, yang ekonomi porak-poranda, selama pemerntahan Mubarak. Mesir mendapatkan bantuan sebesar  $ 10 miliar dollar dalam bentukinvestasi selama periode singkat ini," kata Mursi.

Mesir berusaha untuk mengamankan pinjaman $ 4,8 miliar dollar dari Dana Moneter Internasional untuk menutup defisit anggaran. Mengurangi belanja negara dengan menargetkan subsidi lebih ke arah rakyat yang miskin, dan memberikan pinjaman kepada mereka", tambahnya.

Mursi mengatakan kepada rakyatnya bahwa kebijakan yang diambilnya, tidak akan mengubah dari prinsip-prinsip hukum Islam, yang terkait dengan berbagai pinjaman luar negeri yang sekarang sedand diambil oleh pemerintah, terutama terkait dengan bunga, tambahnya.

"Beberapa ulama telah menanyakan, apakah pinjaman dianggap riba, saya tidak menerima sama sekali rakyat Mesir  makan riba," kata Mursi. "Suku bunga yang besarnya 1,1  merupakan riba ini?", ujar Mursi.

Sekarang pemerintahan Presiden selain masalah keamanan, stabilitas politik, dan menghadapi karut-marutnya ekonomi Mesir, yang menjadi warisan pemerintahan sebelumnya yang sangat korup, dan mengelola negara berdasarkan kroni-kroni, anak, isteri, dan keluarganya, terlibat dalam pengelolaan negara, secara tidak bertanggung jawab.

Di era Presiden Mursi, semua itu, yang pernah terjadi di era Mubarak ingin dihapus, yang dihilangkan. Karena KKN hanyalah membuat negara bangkrut, dan tidak effesien, serta membuat rakyat mlarat. Mursi sebagai tokoh Ikhwan membuat perubahan,  yang lebih bermanfaat bagi rakyat Mesir.

Mursi ingin mengembalikan posisi Mesir, sebagai kekuatan yang kokoh di Timur Tengah, melalui pembenahan pemerintaha, yang fokus, pada bidang ekonomi dan keamanan.

Mursi sudah menunjukkan perannya yang efektif di forum regional, termasuk di KTT Non Blok di Teheran, yang tegas-tegas menyerukan penggulingan Bashar al-Assad yang menjadi sekutu utama Iran dan Irak.

Termasuk pembelaan terhadap rakyat Palestina di forum unilateral PBB, beberapa waktu lalu, di mana Mursi mendukung kemerdekaan rakyat Palestina. af/ba

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X