Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.277 views

Timur Tetap Timur dan Barat Tetap Barat; Keduanya Tidak Akan Bertemu

ISTAMBUL (voa-islam.com) - Bagaimana melihat antara Timur dan Barat  yang selama bertahun-tahun  mereka telah menjalin hubungan? Peristiwa dan kebijakan apa yang telah menciptakan kondisi dan perasaan yang sangat buruk saat ini?

Apakah stereotip sebelumnya sedang diatasi atau terus dikembangkan? Apakah sekularisasi dan nilai-nilai baru di Barat mempengaruhi umat Islam? Ini beberapa pertanyaan yang perlu dijawab.

Rudyard Kipling menegaskan, “Timur adalah Timur dan Barat adalah Barat; keduanya tidak akan pernah bertemu”, jawabnya.

Persepsi Berasal dari Masa Lalu

Interaksi antara Eropa Barat dan Islam mulai sejak tahun 701 M  , hanya 80 tahun setelah wafatnya Nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wassalam, ketika pasuakan Islam  dari suku Arab dan Berber (Afrika Utara) menyeberangi selat Gibraltar dan menyerang Spanyol , dan orang-orang Spanyol masuk Islam . Wilayah Eropa yang sangat luas itu, mulai dari Spanyol, hingga masuk ke pintu gerbang Perancis, dan hampir menguasai pusat jantung kota Paris. Dibawah  Panglima perang Abdurrahman al-Ghafiqi.

Namun, wilayah yang luas berhasil  direbut kembali oleh Spanyol hingga 1492, karena sebagian para penguasa Islam di daratan Eropa itu sudah mabuk kekuasaan, dan moral mereka menjadi  sangat lemah, maka dengan sangat mudah pasukan  Kristen berhasil mengalahkan mereka.   

Pada saat keruntuhan kekuasaan Muslim di daratan Eropa itu, dibagian lain terjadi ekspansi pasukan Muslim lebih lanjut di wilayah  lain di bawah Turki Ottoman , yang akhirnya berhasil mengalahkan Kekaisaran Bizantium , menduduki ibukotanya , Konstantinopel, dan memperluas ke Eropa Timur dan Tengah.

 Sebagai sebagai akhir abad 17, pasukan Muslim berhasil menguasai pulau  Pulau Kreta dan menangancam Vienna . Demikian pula , Islam masuk ke negara-negara Eropa Tengah, dan mendudukinya,  hingga memasuki abad ke 20 .

Faktanya  Islam banyak ditemukan di negara Eropa Timur dan Selatan,  karena penduduk aslinya telah masuk Islam di bawah kekuasaan Turki e Utsmani . Hubungan antara Muslim dan Kristen Eropa , bagaimanapun, tidak hanya didasarkan pada perang, tetapi juga perdagangan dan ide .

Sepanjang Abad Pertengahan  di mana Islam adalah dilihat anti di Barat. Pada awalnya , pandangan yang lebih umum bahwa Islam adalah ajaran sesat dari agama Kristen. Selama atau setelah Perang Salib , citra Islam dan Muslim dalam pandangan Eropa  dibangun atas dasar informasi yang salah tentang Islam. Di mana Islam sebagai bentuk penyembahan berhala politeistik.

Barat juga merasakan Timur sebagai wiayah berbahaya di mana Islam berkembang sebagai ras yang mengerikan.  Turki digambarkan sebagai inkarnasi dari kekuatan horor, kekejaman, balas dendam, atau mewakili ras Islam.

Semua pandangan yang negatif itu, ternyata  dalam dunia Kristen, stereotip yang negatif terhadap Islam,  dikembangkan selama Perang Salib, dan  telah menyebabkan permusuhan terhadap Islam bertahan sampai hari ini .

Dengan memahami sikap ini, terutama kalangan Barat memungkinkan umat Islam untuk mendapatkan lebih realistis atas pandangan Barat dan Kristen. Meskipun, pada abad ke 19 , tidak ada kebutuhan bagi umat Islam melakukan perjalanan ke Eropa untuk mempelajari lebih lanjut tentang nilai-nilai  Eropa, karena mereka sekarang dihadapkan pada kenyataan Eropa sebagai penjajah terhadap negeri-negeri Muslim .

Meskipun sudah ada perubahan ini , seseorang tidak dapat menyangkal sejarah konflik dan permusuhan di masa lalu . Menyelesaikan permusuhan yang telah berlangsung selama lebih dari seribu tahun tidak akan mudah . Pemberian izin  membangun sebuah masjid di Roma , dan yang terbesar di Eropa  dengan para pejabat Italia adalah langkah maju yang positif .

Namun, pada pembukaan masjid pada tahun 1995, memang tetap tidak dapat dipisahkan dengan trauma masa lalu. Upacara pembukaan diboikot oleh beberapa pejabat tertinggi Italia . Selain itu, Ketua Majelis Rendah Italia , Irene Pivetti , bukannya mengambil bagian dalam upacara pembukaan itu, tetapi Irene  pergi ke gereja terdekat, sebagai bentuk menebus dosa dan kesalahan untuk pembukaan masjid .

 Di sana Irene bergabung dengan jemaah kristen lainnya, dan mereka sedang khusuk dalam doa menghormati pertempuran abad ke 16, di Lepanto yang pecah menghadapi  angkatan laut Utsmani. Dengan demikian , upaya  mengajak dialog antara dua agama, hyaan memicu beberapa reaksi dalam arah yang sangat luas.

Contoh lain dari masa lalu,  yang bisa menjadi cermin ke masa kini, tentang pernyataan yang dibuat oleh pemimpin Serbia Radovan Karadzic ( yang bertanggung jawab atas pembantaian  Muslim Bosnia ) selama wawancara yang disiarkan oleh BBC pada tahun 1993 .

Dia mengatakan bahwa orang-orang Serbia yang  melindungi Eropa dari Turki selama lebih dari 500 tahun . Pernyataan ini sebagai jawaban atas pertanyaan presenter BBC mengapa orang-orang Serbia bersikeras melakukan kekejaman terhadap Muslim Bosnia?. Jawaban Karadzic  menyiratkan  bahwa umat Islam , kenyataannya , musuh  Eropa bukan  musuh orang-orang Serbia .

Sebuah contoh yang jauh lebih ekstrim dari masa lalu, yang  mempengaruhi kehidupan masa kini antara Timur dan Barat. Mereka menggunakan kata “kita”   versus “mereka”. Antara “kita” yang mewakili Eropa dan Barat itu dihadapkan (versus) “mereka” (Timur) yang Islam. Sikap ini terus berkembang di Eropa dan dunia Barat terhadap dunia Islam, sampai hari ini.

 Karena kolonialisme dan imperialisme yang dilakukan oleh orang Eropa tampaknya bahwa dunia Barat telah datang untuk melihat dirinya sebagai lebih unggul dari semua negara-negara lain dengan hak untuk mendominasi dunia.

Sikap ini bahkan tercermin dalam novel abad ke 19 dan ke 20 di Barat. Istilah “kita” dan “mereka”, sudah menjadi  mentalitas di kalangan novelis abad ke 20, seperti novel The Quiet Amerika.

 Erich Fromm menyebut fenomena ini sebagai “ultra- nasionalisme atau rasisme”  atau  “narsisisme nasional atau rasial. Nasionalisme Narcissistic mendorong orang melihat hanya kebajikan bangsa mereka sendiri, sambil hnya memperhatikan keburukan dari golongan atau ras lain.  Kita sering menyaksikan mobilisasi nasionalisme narsis dalam memimpin gerakan  sampai

Jika kita Muslim sebagai minoritas Eropa telah mengatasi sikap lama , justru kita masih dihadapkan dengan mayoritas Eropa  yang belum pernah beruah. Jadi bagaimana menyingkirkan pandangan  stereotip lama yang  sudah melekat dibenak setiap dada invidu di Eropa? Apa Eropa diajarkan tentang Islam?

Penggambaran Dunia Islam di Media Barat

Sumber lain dari informasi tentang dunia Islam berasal dari media . Sayangnya, media menyajikan ke masyarakat Barat tentang  Muslim hanya sebagai teroris, dan hanya akan menembak para turis di Mesir atau pemboman terhadap Yahudi. Muslim hanya dipandang sebagai kaum barbar yang merindukan eksekusi Salman Rushdie di Inggris .

Hal ini menciptakan ide di Barat bahwa semua Muslim adalah teroris dan mengarah ke suasana di mana Muslim dipandang dengan penuh kecurigaan . Tidak diragukan lagi pernyataan dari warga negara Swedia , Erik Hörstadius , setelah Perang Teluk adalah karena ketidakpercayaan yang telah dibuat oleh media .

Dia berkata , " Saya tidak akan merasa apa-apa, jika seratus ribu orang Arab mati , tapi saya merasa simpati terhadap para prajurit  Sekutu dan keluarga mereka, karena saya takut dengan orang-orang Arab”, cetusnya. *ali kasoe/wb

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X