Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.463 views

Kekuatan Syi'ah Irak dan Iran Bersatu Memerangi Sunni Anbar

BAGDAD (voa-islam.com) - Iran  menandatangani kesepakatan penjualan senjata dan amunisi kepada Irak secara total senilai  $ 195 juta , ungkap Reuters. Tindakan Teheran melakukan penjualan senjata kepada Bagdad ini merupakan pelanggaran embargo PBB tentang penjualan senjata oleh Teheran, Senin, 24/2/2014 .

Kesepakatan penjualan senjata antara Iran dengan Irak itu dicapai akhir November,  di mana dalam  dokumen itu menunjukkan, hanya beberapa minggu setelah Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki kembali dari Washington, dan gagal melobi pemerintahan Obama mendapatkan senjata untuk memerangi militan .

Washington keberatan menyediakan peralatan militer AS yang peka terhadap negara  terlalu dekat dengan Iran . Beberapa anggota parlemen Irak mengatakan Maliki telah membuat kesepakatan, karena ia muak dengan penundaan pengiriman senjata AS .

“Kami melancarkan perang melawan terorisme dan kami ingin memenangkan perang ini. Tidak ada yang mencegah kita membeli senjata dan amunisi dari pihak manapun, dan hanya amunisi membantu kita melawan teroris”, kata juru bicara pemerintah Irak, Ali Mussawi .

Pemerintah Iran membantah kesepakatan menjual senjata kepada Irak . Ini  kesepakatan pertama secara  resmi penjualan senjata  antara Syiah Iran dan pemerintah pimpinan Syiah Irak , dan ikatan itu tumbuh di ant ara mereka dalam dua tahun sejak ditariknya  pasukan AS dari Irak .

Seorang pejabat AS, mengatakan kesepakatan itu dapat menyulitkan pendekatan Washington  berunding dengan Iran, mengenai pelonggaran sanksi internasional atas program nuklirnya, yang menurut fihak Barat  memproduksi bom nuklir .

Dokumen-dokumen resmi dilihat yang dikonfirmasi oleh Reuters menunjukkan bahwa enam dari delapan kontrak yang ditandatangani dengan Organisasi Industri Pertahanan Iran itu, di mana fihak Iran akan memasok Irak dengan senjata ringan dan sedang, peluncur mortir, amunisi tank serta artileri dan mortir.

Dua kontrak terakhir yang disepakati dengan BUMN Iran Electronic Industries, mencakup alat penginderaan  kacamata night vision, peralatan komunikasi dan perangkat mortir membimbing.

Salah satu kontrak termasuk peralatan melindungi terhadap bahan kimia . Seorang mayor angkatan darat Irak yang mengetahui  tentang isu-isu pengadaan  senjata, mengatakan bahwa akan mencakup item seperti masker gas dan sarung tangan, serta suntikan. Baghdad telah menyatakan rasa takut para militan akan menggunakan agen senjata  seperti terhadap pasukannya .

Maliki terlibat dalam pertempuran hampir dua – bulan penuh dengan fihak militan Sunni dan suku-suku  pemberontak di provinsi Anbar, Irak Barat . Perdana Menteri Nuri al-Maliki menyalahkan  kelompok ISIS (Negara Islam  Iran dan Syam), yang sekarang mempunyai reputasi perang yang tinggi, dan mengkawatiran militer Bagdad.

Langkah-langkah kerjasama dengan Iran itu, bertujuan meningkatkan kekuatan militer Irak, yang sudah melemah akibat konflik antara pemerintah dengan berbagai kelompok di Irak. Sekarang pemerintahan Maliki sedang berjuang menghadapi kekuatan Sunni, dan Maliki memupuk kekuatan militernya dengan jumlah besar datang dari Iran.

Kerjasama militer antara Bagdad dengan Teheran semakin memperkuat posisi Syi’ah secara regional, di mana kekuatan kelompok Sunni yang semakin melemah, akibat pertarungan di internal mereka. Seperti sikap Arab Saudi, sekarang menggerogoti negara –negara tetangganya, seperti Qatar, Yaman, hanya karena memiliki hubungan yang  dekat Ikhwan. (afgh/wb/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X