Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
25.953 views

Konflik Rusia - Uni Eropa Menjadi Perang Dunia III?

BRUSSEL (voa-islam.com) - NATO mengatakan bahwa aneksasi (pencaplokan) Rusia semenanjung Krimea, Ukraina, adalah ancaman ‘sangat serius’ bagi Eropa sejak Perang Dingin. Aneksasi  Rusia terhadap semenanjung Krimea, mengubah seluruh tatanan geopoliltik, dan NATO yang merupakan aliansi militer,  kembali fokus kepada risiko ancaman yang  ada di depan mata mereka, Rabu, 19/3/2014.

“Ini  membuat kita harus segera  bangun”,  kata Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen , dan memperingatkan Moskow akan menghadapi isolasi internasional kepada Asssociate Perss .

Meskipun, krisis yang hebat telah berulangkali melanda Uni Eropa, seperti krisis di Balkan pada 1990-an dan di Georgia tahun 2008”,  tetapi ini  ancaman terbesar terhadap keamanan dan stabilitas Eropa sejak akhir Perang Dingin”, tambah Rasmussen.

Rasmussen  mengecam pencaplokan Moskow terhadap Krimea sebagai tindakan  ilegal dan tidak sah , dan menegaskan mengulangi keputusan NATO, yang akan  menghentikan kerjasama  pengawalan bersama dengan Rusia penghancuran senjata kimia Suriah.

Rasmussen bersama dengan kekuatan militer Uni Eropa, mempersiapka langkah-langkah militer bagi negara-negara NATO , jika diperlukan, menanggapi tindakan Rusia yang dinilai sudah menjadi keamanan negara-negara Uni Eropa. Termasuk NATO akan  mengawasi penerbangan negara-negara bekas sekutu Uni Soviet, seperti  Polandia dan Romania , dan berbagai misi perlindungan wilayah udara di Estonia , Latvia dan Lithuania.

Melihat perkembangan di Ukraina, Rasmussen menegskan, "Sebenarnya keamanan di Eropa sangat penting, dan tidak dapat diterima begitu saja tindakan Rusia mencaplok semenanjung Krimea. Kita perlu mengambil keputusan meskipun  sulit, karena  dampak strategis jangka panjang agresi Rusia terhadap  keamanan Uni Eropa’, tegasnya.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Ukraina mengatakan bahwa Kiev sedang merencanakan menarik tentara dan keluarga mereka dari Krimea, sesudah hasil referendum, di mana 90 persen rakyat Krimea memilih bergabung dengan Rusia.

“Kami sedang merencanakan  yang akan memungkinkan  tidak hanya menarik prajurit, tetapi juga anggota keluarga mereka di Krimea, sehingga mereka dapat dengan cepat pindah ke daratan Ukraina”, kata Kepala Dewan Pertahanan Keamanan Nasional Ukraina Andriy Parubiy kepada televisi nasional Ukraina, Rabu.

Sekretaris -Jenderal pBB Ban Ki -moon bersiap-siap bertolak  ke Rusia dan Ukraina mendorong penyelesaian damai atas krisis mengancam perang terbuka di daratan Eropa itu.

Ban akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow pada hari Kamis, dan dengan para pemimpin  Ukraina, Presiden Olexsandr Turchynov dan Perdana Menteri Arseniy Yatsenyuk di Kiev, Jumat, 21/3/2014.

Diambang Perang

Moskow dan Kiev berada di ambang perang terbuka  menyusul penggulingan bulan lalu mantan presiden Ukraina didukung Kremlin Viktor Yanukovych. Moskow sudah memobilisasi pasukannya ke Krimea, dan perbatasan Ukraina. Rusia juga melakukan parade senjata pemusnah massal, berupa rudal balistik antar benua (ICBM- Inter Continental Balistic Missil) di Moskow. Ini unjuk kekuatan Moskow menghadapi sikap Barat yang ingin merusak tatanan federasi Rusia.

Juru bicara PBB Farhan Haq mengatakan Ban “menyerukan dihentikan eskalasi dan menahan diri dari semua terlibat dalalm konflik di Ukraina, dia akan terus meminta Rusia dan Ukraina tetap berdialog dan mencari solusi damai’, ujar Farhan Haq.

Sebagian besar masyarakat internasional , termasuk Amerika Serikat dan Uni Eropa , menolak aneksasi (pencaplokan) atas Krimea sebagai tindakan ilegal , tetapi Moskow tetap menolak , dan Moskow tidak mau  mengakui pemerintah Ukraina yang baru.

Presiden AS Barack Obama telah mengundang para pemimpin G7 bertemu di Den Haag, di sela-sela KTT Keamanan Nuklir membahas Ukraina, Senin mendatang.

Tiga belas dari 15 anggota Dewan Keamanan PBB mendukung rancangan resolusi AS, yang dengan tegas mengutuk referendum akhir pekan lalu di Krimea, dan hasilnya 90 persen memilih bergabung Rusia .

 Resolusi diveto oleh Moskow sementara Cina abstain. Ini adalah awal perang terbuka antara Timur dan Barat, dan akan menghancurkan kekuatan kafir itu sendiri. Kafir dengan kafir berperang sesama mereka. (afgh/aby/voa-islam.com)

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X