Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
19.910 views

Al Arabiya Ungkap 'The Big 6' Petinggi Jihad ISIS

Suriah (voa-islam.com) - Seperti diberitkan Kantor berita Al Arabiya pada Kamis (13/2/2014) mengungkapkan identitas enam pentolan Negara Islam Iraq dan Suriah (ISIS) yang berjuang di wilayah Suriah.

sumber : disini

Tiga orang komandan ISIS yang disebut-sebut sebagai mantan tentara Saddam Hussein (Islam Sunni), sedangkan tiga lainnya pernah ditahan di Irak yang kemudian bergabung dengan gerilyawan dalam perang di Suriah.

Ada pula kelompok tentara desertir Suriah yang membelot menjadi 'pemberontak' menggulingkan rezim Syiah Bashar Al-Assad. Juga ada kelompok milisi Sunni asal Iran yang juga bergabung dengan pejuang lainnya di Suriah.

Berikut enam komandan ISIS asal Irak yang berpengaruh dalam perang saudara di Suriah:

 
1. Abu Bakr al-Baghdadi


Nama asli AbuBakr Al Baghdadi adalah Ibrahim al-Badri, sebelumnya juga dikenal sebagai Abu Douaa. Ia adalah pengajar studi Islam dan Imam masjid di Baghdad dan Falluja sebebelum ditahan oleh tentara Amerika pada 4 Juni, 2004.

Setelah dilepas tiga tahun kemudia, ia mendirikan milisi “Tentara Sunni” dan bergabung dengan al-Qaeda. Ia menjadi komando ketiga menyusul kematian Abu Omar al-Baghdadi.

 2. Abu Ayman al-Iraqi
 

 
Abu Ayman al-Iraqi adalah satu dari pemimpin utama dan anggota dewan militer ISIS. Sebelumnya ia berpangkat kolonel yang bertugas sebagai intelijen pertahanan udara semasa pemerintahan Saddam Hussein. 

Pada masa itu ia juga dikenal sebagai Abu Mohammad al-Suweidawi. Ia ditahan selama tiga tahun pada 2007. Menyusul pembebasannya, ia pindah ke Suriah dan saat ini mengendalilan para pejuang ISIS di Kota Edlib, Aleppo dan daerah bergunung Lattakia.

3. Abu Ahmad al-Alwani 


Bekas tentara Saddam ini sekarang menjabat sebagai anggota dewan militer ISIS. Nama aslinya adalah Walled Jassem al-Awani.
 
4. Abu Abdulrahman al-Bilawi 


Al-Bilawi adalah salah satu dari empat anggota dewan militer dan bekas kepala dewan Shura ISIS. Ia berasal dari kota al-Khalidiyah di Provinsi Anbar, Irak, dan ditahan pada Januari 2005 oleh tentara Amerika di Camp Bucca. Ia kemudian terbunuh di al-Khalidiyah, Anbar. Nama aslinya adalah Adnan Ismael Naim.

5. Haji Bakr 

Bakr adalah bekas perwira tentara Sadam, yang bertugas mengembangkan persenjataan. Ia kemudian dipenjarakan di Camp Bucca dan bergabung dengan al-Qaeda setelah dibebaskan.

Bakr dikenal sebagai komandan terkuat ISIS di Suriah sebelum menemui ajalnya baru-baru ini. Nama aslinya adalah Samir Abd Mouhammad al-Khleifawi.

6. Abu Fatima al-Jaheishi 


Al-Jaheishi semula bertugas pada operasi ISIS di Irak selatan sebelum pindah ke kota Kirkuk di utara. Nama aslinya adalah Ni’ma Abd Nayef al-Jabouri.
[jabir/Al-Arabiya/ach/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X