Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.767 views

Skenario Kudeta Abdul Fattah al-Sisi, Berlangsung di Libya

BENGAZHI (voa-islam.com) - Pada tanggal 12 Februari, Menteri Pertahanan Libya mengungkapkan bahwa pasukan keamanan melakukan kudeta terhadap pemerintah sipil yang baru, dipimpin oleh seorang tokoh, yaitu Perdana Menteri Ahmed Matiq.

Dua hari kemudian, Jenderal Khalifa Haftar, yang dikenal mempunyai hubungan sangat dekat dengan CIA sejak 1980-an, muncul di saluran TV Al Arabiya yang didanai (Saudi), dan menyatakan terjadinya kudeta, dan menguasai negara, tegasnya. 

Haftar orang ketiga yang bertanggung jawab selama pemberontakan terhadap pemerintahan Muammar Gaddafi pada tahun 2011. Jenderal Khalifa Haftar meminta pembubaran parlemen (Kongres), dan membuat pemilu baru, yang tujuannya mengganti anggota parlemen yang sebagian besar dikuasai oleh kalangan Islamis.

Haftar dianggap membelot dari Gaddafi saat situasi kritis, dan jabatan nya sebagai panglima angkatan bersenjata Libya diserahkan kepadea Yunus. Tetapi, tak lama Yunus tewas, dan Haftar adalah antara daftar tersangka di balik kematiannya.

Setelah Haftar mengungkapkan rencana perubahan politik di Libya,  jumlah protes terhadap Kongres meningkat, memberi stempel Ikhwanul Muslimin sebuah organisasi 'teroris',  serta memobilisasi demonstrasi mendukung gerakan menggulingkan pemerintahan sipil yang dipimpin oleh Ikhwan. Skenario itu persis yang dilakukan oleh Marsekal Abdul Fattah al-Sisi menggulingkan Presiden Mursi.

Haftar dikenal sebagai pengikut Nasseris yang berideologi sekuler, dan Haftar bekerja selama bertahun-tahun sebagai ajudan setia Gaddafi. Namun, pada tahun 1980 selama upaya Gaddafi  menggulingkan rezim Chad sekutu Barat,  Haftar bersama dengan 700 pasukan  di bawah komandonya, kalah dan menjadi  tahanan pasukan Chad. Ketika Gaddafi membantah bahwa ia telah mengirim pasukan untuk menghadapi Chad dan gagal melindungi Haftar, CIA mendekati Haftar dan meyakinkan dia untuk bekerja sama dengan mereka .

Haftar menjadi pemimpin Tentara Pembebasan Nasional, yang merupakan sayap bersenjata dengan Front Nasional, yang dipimpin Muhammad Magarif, yang anggotanya mantan Perdana Menteri Ali Zeidan.

Namun, setelah penggulingan pemimpin Chad pro-Amerika, Habre oleh pemimpin pro-Perancis, Idris berlangsung melalui kudeta, dan AS mulai kehilangan minat di Chad. Dengan izin Perancis, Idris kemudian mencoba  membentuk hubungan dengan Gaddafi, tapi Haftar dan anak buahnya berdiri melawan ini.

Setelah CIA gagal menemukan dasar untuk Haftar di Zaire dan Kenya , ia dibawa ke Amerika Serikat sebagai pengungsi . Sampai pemberontakan melawan Gaddafi dimulai pada tahun 2011 , Haftar tetap di Virginia dekat markas CIA .

Tepat sebelum pemberontakan dimulai pada tahun 2011 , Haftar kembali ke Libya dan dianggap sebagai pemimpin bagi pasukan pemberontak . Pada akhirnya , Haftar ditempatkan ketiga di hirarki . Setelah jatuhnya Gaddafi , ia benar-benar passified dan dinetralkan .

Meskipun ide belaka seseorang yang telah dinetralkan kembali ke permukaan melalui operasi media, ketika seseorang melihat gambar Libya secara keseluruhan , mudah untuk menyadari bahwa situasi di sana sangat unik .

Hal ini sangat jelas bahwa telah ada upaya untuk kotor gambar dari Ikhwanul Muslimin di Libya pada waktu yang sama dan dengan cara yang sama proses datang tentang di Mesir . Selain itu, jelas bahwa mantan Perdana Menteri dan sekutu Barat Zeidan , yang bersama dengan pemimpin National Alliance Angkatan Mahmud Jibril dikatakan telah meyakinkan Barat untuk campur tangan di Libya , telah mengalihkan tanggung jawab pelatihan tentara Libya yang baru dibentuk ke Barat - terutama Amerika Serikat dan Inggris pada saat yang sama , Zeidan diterima oleh analis Barat telah memainkan peran dalam penangkapan Al - Libi .

Sebagai Kongres berusaha untuk memperkuat cengkeramannya pada bangsa , Jibril dan sekutu-sekutunya telah memanggil orang-orang ke jalan untuk memprotes kekuasaannya . Haftar mengatakan bahwa ia tidak mengakui Kongres pada saluran Al Arabiya yang didanai oleh Saudi , yang telah menaikkan hadir pada anti - Congres protes .

Untuk segmen tertentu dari masyarakat , Haftar , yang juga telah menempatkan Gerakan Ikhwanul Muslimin di bawah sorotan , telah menjadi pahlawan [afgh/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X