Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
17.112 views

ISU ISIS: Mayat Hidup Memangsa Banyak Korban

Oleh : Muhammad Syahrul Mukarrom, S.Ag., M.Si.

Ibu-ibu tentu senang jika suaminya anggota ISIS, yang berarti Ikatan Suami Istrinya Satu. Begitu pula para suami akan bahagia bila Istrinya masuk ISIS, Istri Sholihah Idaman Suami. Namun bila ISIS bermakna Islamic State of Iraq and Syria, bagi sebagian orang terkesan angker dan menimbulkan pro-kontra. Karena dinegara asalnya saja sudah bermasalah akibat aksi ISIS yang kelewat batas terhadap sesama muslim bahkan mujahid yang sama-sama berjuang melawan kezhaliman Syiah dan Amerika di Iraq serta Bashar Asad di Suriah.

Menurut penelusuran penulis, bahwa ISIS bermula dari sebuah tandzim Jihad Al-Qaidah Fi Bilad Rafidhain yang didirikan oleh pimpinan Pusat Al-Qaidah Syaikh Aiman Al-Zhawahiri sebagai cabang dan beroperasi di wilayah Iraq, kemudian berganti nama menjadi ISI (Islamic State of Iraq), lalu pada April 2013 mendeklarasikan diri menjadi ISIS, dan sejak 29 Juni 2014 berganti menjadi IS (Islamic State) Khilafah Islamiyah dengan Amirul Mukminin Abu Bakar Al Baghdadi.

Dari pendeklarasian inilah banyak timbul masalah, ada yang menyatakan tidak sah karena tidak sesuai syariat, juga sikap arogan IS yang mudah mengkafirkan dan memerangi orang yang tidak berbaiat kepadanya. Maka sebagian besar ulama menyatakan IS pimpinan Al-Baghdadi ini adalah “Hum Ikhwaanuna Bagho ‘alainaa”-mereka adalah saudara kami tapi bersikap melampaui batas kepada kami, sebagaimana perkataan Ali Bin Abi Thalib radhiyalloohu anhu mensifati Khawarij.

Namun  demikian secara faktual IS mencoba menerapkan Syariat Islam pada wilayah yang dikuasainya, mengratiskan biaya sekolah, Rumah Sakit, BBM, membebaskan pajak bagi muslim disana. Kalau ada yang mempertanyakan pendirian negara oleh IS dianggap tidak sah, tidak sesuai syariat, pertanyaannya apakah negara kita ini sudah sah menurut syariat, sudahkan syariat Islam secara kaafah tegak disini.?? Mari kita bersikap adil terhadap IS dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Kita do’akan mereka agar ditolong Allah Subhanahu wata’ala dan supaya kembali pada manhaj yang benar. 

ADAKAH ISIS DI INDONESIA ?

Mengapa ISU ISIS dihidupkan kembali di Indonesia, padahal sejak 1 Ramadhan 1435 H / 29 Juni 2014 di negara asalnya sudah dibubarkan berganti menjadi Khilafah Islamiyah. Untuk kepentingan apa dan keuntungan Siapa?

ISIS di negara asalnya sudah dibubarkan berganti menjadi Khilafah Islamiyah. Untuk kepentingan apa dan keuntungan Siapa?.

Adanya Deklarasi dukungan / Baiat terhadap IS diIndonesia yang sejatinya adalah euforia generasi muda akan tegaknya khilafah di sikapi berlebihan oleh pemerintah Indonesia. Melarang Umat Islam bahkan mengancam mencabut kewarganegaraannya bila pergi berjihad ke Suriah padahal kesana tidak mesti bergabung dengan ISIS, bukankah ini tindakan teror yang dilakukan negara atas rakyatnya?. Berjihad membela Islam adalah Ibadah, bahkan Ibadah tingkat tinggi, yang sejatinya dilindungi UUD ’45 pasal 29. Lantas siapa sebenarnya yang layak disebut teroris dan melanggar Undang-Undang.??

MAYAT HIDUP BERNAMA ISIS

ISU ISIS bagaikan mayat yang sengaja dihidupkan untuk memangsa sebanyak-banyaknya korban dari kalangan umat Islam, dan ini sudah terjadi. Diantara korban ISU ISIS adalah porak-porandanya barisan Jamaah Anshorut Tauhid (JAT), yang amirnya Ustadz Abu Bakar Ba’asyir, ditinggalkan sebagian besar pengikutnya karena berbaiat kepada ISIS. Disusul Penangkapan terhadap tokohnya Ustadz Afif Abdul Majid, Ustadz Abu Fida.

Disegelnya Gedung/Masjid Islamic Center Balongbendo Sidoarjo, karena ada isu akan menjadi tempat Deklarasi Baiat ISIS yang tidak terbukti, lantas dipermasalahkan status kepemilikan tanahnya. Di Paciran, Lamongan seorang nelayan  ditangkap aparat karena mengibarkan bendera tauhid yang mirip dipakai ISIS. Di Brebes seorang penjual Es Degan, anggota Majelis Mujahidin di tangkap karena memakai kaos berlambang Tauhid, di Depok Ayah dan anak harus berurusan dengan aparat karena menempelkan stiker dan mengibarkan bendera Tauhid dirumahnya dan masih banyak  korban ISU ISIS yang lainnya. Bahkan pengalaman penulis sendiri yang harus berurusan dengan aparat gabungan, karena menempelkan logo bendera Islam di mobil, padahal stiker itu dipasang sejak dua tahun lalu sebelum adanya ISIS.

Jangan salahkan jika di kalangan umat Islam menyatakan ada pihak-pihak tertentu yang membonceng isu ISIS ini untuk proyek dan agenda mereka sekaligus sebagai upaya pengalihan isu seperti dikatakan Jenderal (Purn) TNI Djoko Santoso, bahwa, “Isu ISIS itu hanya satu pengalihan perhatian dari masalah yang dihadapi bangsa ini saja, dimana negara tengah sibuk dengan urusan pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemberantasan korupsi.tapi kita juga harus tetap waspada ya... ".

Kita boleh saja waspada terhadap ISIS. Tetapi kenapa terhadap gerakan yang sejak dulu sudah ada dan jelas berbahaya serta mengancam stabilitas negara kita adem-adem ayem saja?, bahkan pemerintah dan aparat tidak serius untuk membasminya? Semisal, Ahmadiyah dan Syi'ah Rafidhah dibiarkan! (Bukankah sudah ada Pergub Jatim tentang Pelarangan Syi’ah, mana realisasinya?) Bahkan beberapa gembong syi’ah,termasuk kader komunis masuk ke dalam partai, parlemen dan pemerintahan, tak dipersoalkan.

WASPADAI  ISU ISIS

Mencuatnya isu ISIS dan waspada terhadapnya diperlukan kehati-hatian, jangan sampai justru kita menolak tegaknya Khilafah Islamiyah, lebih-lebih diikuti pelecehan dan kebencian terhadap bendera Tauhid Laa ilaaha illallah dan stempel (cincin) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Simbol Islam itubukan kepunyaan kelompok tertentu, bukan kepunyaan ISIS, tetapi itu merupakan simbol milik Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Jadi, bendera dan stempel Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam itu milik umat Islam. Membakar dan melecehkannya sama saja mengajak ‘perang’ terhadap Islam dan kaum Muslimin. Maka kita harus membela dan mempertahankannya. Allahu Akbar.(MSM/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X