Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.555 views

IS(IS), Pergerakan Islam dan Keabsahan Cita Negara yang Ditegakkannya

JAKARTA (Voa-Islam) – Menarik apa yang dikatakan Munarman, SH selaku Direktur An Nashr Institute yang menjadi pembicara dalam sebuah acara yang menyoal tentang apa yang disebut sebagai bahaya ISIS di Jakarta beberapa waktu silam, Sabtu (16/8/2014).

Munarman mengajak umat Islam untuk bersikap adil dalam menilai gerakan yang dipimpin Syekh Abu Bakar Al Baghdadiy ini. "Soal informasi kita harus adil. Baca informasi-informasi seputar ISIS dari media-media yang pro (ISIS) juga, katanya.

Dan bila ada yang mempertanyakan keabsahan Daulah Islam (Islamic State) yang didirikan ISIS, Munarman justru balik bertanya, "Kalau negara ISIS dipertanyakan keabsahannya karena tata cara pendiriannya, apa negara-negara Muslim yang saat ini jumlahnya 51 negara ini tata cara pendiriannya juga sah? "

Relevansi Pergerakan Islam dan Negara

Tujuan pergerakan Islam adalah mewujudkan, di suatu tempat di dunia ini, suatu masyarakat baru yang dengan sepenuh hati terikat pada keseluruhan ajaran Islam; untuk menegakkan ajaran Islam; untuk menegakkan ajaran Islam dalam bidang pemerintahan, organisasi politik, ekonomi dan sosial, hubungan luar-negri, sistem pendidikan, nilai-nilai moral dan semua aspek tujuannya.( Ja’far S. Idris, Islam dan Perubahan Sosial, 1989, hal. 29)

Maka sebagai muslim yang menginginkan kedaulatan Islam secara menyeluruh maka tidak ada jalan lain kecuali kita juga melangkah pada upaya pembentukan Negara Islam (Dar Al Islam) dan karenanya disamping harus mempelajari Diinul Islam secara menyeluruh, kita juga perlu belajar tentang apa itu Negara, baik dalam pandangan kaum sekuler dan terutama dalam timbangan syar’i.

Firman Alloh Jalla wa ‘Alaa:

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al Baqoroh: 208)

Ayat Alloh yang suci ini jelas mengisyaratkan wajibnya pengamalan Islam secara kaaffah (menyeluruh) dimana untuk itu perlu wujud sebuah entitas tertinggi yang dipahami masyarakat demi menerapkan sistim aqidah dan hukum Islam sekaligus. Entitas itulah yang dikenal sebagai Negara.

Kaidah fiqh menyebutkan: “Apa saja yang tanpa denganya kewajiban (syar’i) tidak bisa tertunaikan maka hukum (wasilah)nya juga menjadi wajib.”

Pergerakan yang berlabelkan Islam namun menafi’kan klausul diatas niscaya pergerakannya akan ‘gerambyang’ alias tidak jelas mabda’ (dasar), minhaaj (metode juang) dan ghoyah (tujuan)nya.

Akhirnya para ‘mujahid’nya hanya akan berguguran karena godaan duniawi, serbuan aliran sesat dan ‘mati alami’ karena usia atau penyakit. Itupun kalau tidak wadah pergerakannya bubar ditelan waktu.

Karena perpecahan nampaknya sudah menjadi 'watak' bawaan kaum pergerakan, tidak hanya kaum elitnya bahkan juga kaum awam/muqollidnya. Sama saja, mereka mudah sekali berpecah dan amat lihai membuat justifikasi pembenarannya. Wa’iyyadzubillah! (Abu Fatih/Voa Islam.com) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X