Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
17.195 views

Dibalik Kampanye Militer Amerika Melawan ISIS

ANALYSIS:

Redaksi Voa-Islam yang terhormat,

Sejak kemunculannya Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) telah mendapat banyak perhatian dari dunia internasional, terutama Amerika dan sekutunya. Terkhusus Amerika, dia menganggap ISIS adalah sebuah jaringan teroris besar yang harus di bumi hanguskan. Keseriusan Amerika melawan ISIS terbukti ketika tercetusnya kampanye militer yang dilakasanakan di Jeddah pada tanggal 11 September 2014. Kurang lebih 21 negara terlibat dan mendukung dalam pertemuan militer yang disebut pakta Obama ini. 21 negara dalam pertemuan itu antara lain Australia, Bahrain, Belgia, Kanada, Denmark, Mesir, Prancis, Jerman, Irak, Italia, Yordania, Kuwait, Lebanon, Belanda, Selandia Baru, Qatar, Arab Saudi, Spanyol, Turki, Amerika dan Inggris.(CBS News)

Sehari sebelum pertemuan di Jeddah, Obama, selaku pemimpin tertinggi militer Amerika dengan jelas telah mensosialisasikan strategi Amerika melawan ISIS kepada seluruh rakyat Amerika. Dalam pidato kenegaraannya di Gedung Putih selama 14 menit, Obama mengatakan ISIS adalah ancaman terbesar dunia dan harus segera dihancurkan. Obama mengatakan, kewajibannya yang utama sebagai panglima tertinggi adalah untuk melindungi keamanan rakyat Amerika. Sedangkan ISIS dia katakan adalah sebuah gerakan teroris eksafiliasi Al-Qaeda yang cepat atau lambat akan mengancam keamanan negara, terlebih setelah terbunuhnya dua wartawan Amerika Jim Foley dan Steven Sotloff. (The New York Times)

Dalam pidato kenegaraannya di Gedung Putih selama 14 menit, Obama mengatakan ISIS adalah ancaman terbesar dunia dan harus segera dihancurkan. 

Masih menurut Obama, ISIS memiliki visi yang akan membantai semua pihak yang menghalangi jalannya. Mereka mengeksekusi tahanan yang ditangkap. Mereka membunuh anak-anak. Mereka memperbudak, melakukan perkosaan dan kekerasan terhadap perempuan dalam pernikahan. Mereka mengancam minoritas agama dengan genosida. Jadi ISIS menimbulkan ancaman bagi rakyat Irak dan Suriah dan lebih luas di Timur Tengah, termasuk warga negara Amerika, personil dan fasilitas. Jika dibiarkan, teroris ini bisa menimbulkan ancaman yang berkembang di luar wilayah itu, termasuk ke Amerika Serikat.

Obama mengatakan perjuangan melawan ISIS bukanlah perjuangan Amerika sendiri, namun lebih utama adalah perjuangan rakyat Irak. Oleh karena itu, Amerika telah membentuk pemerintahan inklusif di Irak untuk mempermudah gerak mereka melawan ISIS. Amerika telah menyebarkan 475 penasehat militer ke Irak, 150 serangan udara, dan memberikan bantuan dana, meningkatkan pelatihan dan mempersenjatai para tentara Irak. Hal tersebut dilakukan karena misi ini berbeda dengan misi Irak dan Afghanistan. Dalam melawan ISIS Obama tidak akan melibatkan pasukan tempur Amerika berperang di tanah asing. Strategi ini diadopsi setelah berhasil diterapkan pada perang melawan teroris di Yaman dan Somalia. (The New York Times)

Obama menuturkan tujuan Amerika jelas dalam melwan ISIS, menurunkan dan akhirnya menghancurkan ISIS melalui strategi kontraterorisme yang komprehensif dan berkelanjutan. Hal ini karena ISIS bukan tentara klasik di mana kita mengalahkan mereka di medan perang dan kemudian mereka akhirnya menyerah. Mereka adalah strain ideologis ekstremisme yang telah berakar dalam dan tersebar luas di wilayahnya. Lebih tegas Obama berkata “prinsip inti dari kepresidenan saya: Jika Anda mengancam Amerika, Anda tidak akan menemukan tempat berlindung yang aman." (The New York Time)

Jika hanya sekilas kita membaca pidato Obama, maka itu adalah sikap tegas seorang presiden yang patut dibanggakan. Namun, jika kita telaah lebih jauh perlu dipertanyakan mengapa terkesan begitu berlebihan sikap sebuah negara adidaya menghadapi sebuah ‘negara’ baru, bahkan pada faktanya ISIS tidak lebih dari sebuah gerakan bersenjata saja. Ada beberapahal yang perlu kita kaji lebih jauh mengenai berlebihannya sikap Amerika terhadap ISIS.

Pertama, benarkah Amerika memerangi tindakan terorisme? Terorisme ‘siapa’ yang dimaksud? Jika benar Amerika peduli terhadap kemanusiaan, lalu apa yang telah Amerika lakukan dalam membantu rakyat sipil Palestina di Gaza atas serangan Israel bertahun-tahun lamanya. Bukankah mereka pun mengeksekusi tahanan yang ditangkap, membunuh anak-anak tak berdosa bahkan dengan senjata pemusnah masal. Mereka memperbudak, melakukan perkosaan dan kekerasan terhadap perempuan. Mereka mengancam minoritas agama dengan genosida. Bahkan nasib serupa juga dialami oleh umat Islam di Suriah, Irak, Afrika Tengah, Miyanmar, Kashmir, Pattani, Uighur, Xinjiang dan lain-lain. Adakah Amerika menyebarkan penasehat militernya, memberikan bantuan dana, meningkatkan pelatihan dan mempersenjatai para tentara untuk melawan tindak terorisme tersebut sebagaimana sikapnya melawan ISIS? Apakah Amerika menggalang dukungan dunia untuk menghentikan pelanggaran HAM yang selama ini diagung-agungkan yang terjadi pada kaum muslim sebagaimana galangan dukungan yang dia lakukan untuk melawan ISIS?

Kedua, benarkah Amerika memerangi ISIS hanya karena dia telah menimbulkan ancaman bagi rakyat Irak dan Suriah dan lebih luas di Timur Tengah, termasuk warga negara personil dan fasilitas Amerika? Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Tony Cartalucci mengatakan bahwa ISIS sebenarnya adalah buatan AmerikaSerikat dan sekutu Teluk Persia, yakni Arab Saudi, Qatar, dan baru-baru ini ditambahkan ke dalam daftar, Kuwait. Di kawasan Teluk Persia, ancaman Iran, Assad, dan perang sektarian Sunni-Syiah mengalahkan tujuan AS untuk menstabilitasi dan moderasi di wilayah tersebut. Emas hitam yang melimpah ruah salah satu agenda utama yang hendak dicapai Amerika dan sekutunya. Sehingga kelompok ekstremis yang mengancam keberadaan negara Irak dibangun dan tumbuh selama bertahun-tahun dengan bantuan donor elit dari sekutu Amerika. Alhasil gagasan "intervensi" Amerika untuk menghentikan ISIS sebanding dengan pelaku pembakaran memadamkan api dengan bensin yang lebih banyak. (www.globalresearch.ca)

Wahai kaum muslim, bukalah mata untuk melihat dan membongkar makar sebuah permusuhan. Bukalah telinga untuk mendengar kebenaran di dunia. Dan bukalah mulut kita untuk menyuarakan kebenaran itu dengan lantang tanpa gentar. Sungguh apa yang sedang Amerika dan sekutunya lakukan sekarang adalah untuk memicu perang persaudaraan. Kita lihat bagaimana pemimpin negeri-negeri islam diadu domba dan didesain untuk saling melawan satu sama lain. Butuh berapa nyawa kaum muslim lagi yang perlu dikorbankan agar kita sadar? Butuh berpa liter lagi darah kaum muslim yang mengucur agar kita peduli? Sungguh, Rasulullah tercinta berkata nyawa seorang kaum muslim lebih berharga bahkan dibandingkan dengan runtuhnya ka’bah. Oleh karena itu, kekuatan negara adidaya butuh dilawan dengan negara adidaya pula. Kekuatan sebuah persatuan musuh, butuh dilawan oleh sebuah persatuan pula. Negara adidaya dan persatuan itu tidak lain adalah negara Khilafah sesuai manhaj kenabian yang didirikan sesuai dengan metode Rasulullah. Hanya Khilafah lah yang akan mampu melawan kekuatan besar dunia dan kembali melindungi seluruh kaum muslim di manapun dia berada. Sungguh khilafah adalah janji Allah, dan Allah adalah sebaik-baik penepat janji.

Wallohu’alam bi ashowab

Penulis: Tresna Mustikasari

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Jum'at, 29 Mar 2024 13:12

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 27/03/2024 07:09

Puasa Jangan Lemas!