Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.695 views

Aliansi Arab Saudi - Turki Menggusur Rezim Syi'ah Bashar al-Assad

RIYADH (voa-islam.com) - Beberapa laporan menunjukkan bahwa Arab Saudi mengadakan pembicaraan tingkat tinggi dengan Turki untuk membahas kemungkinan menciptakan pasukan gabungan dengan tujuan intervensi militer di Suriah melawan rezim Bashar Al-Assad.

Sejauh ini, pembicaraan belum antara Arab Saudi-Turki belum membahas sampai rencana aksi, dan kemungkinan aliansi antara kedua negara itu, tidak mudah, karena adanya tantangan internasional dan regional.

Sebuah sumber mengatakan kepada Huffington Post awal bulan ini bahwa dalam satu skenario yang mungkin, Turki akan menyediakan personil militer yang didukung oleh angkatan udara Saudi untuk mendukung oposisi Suriah, yang dilatih dan didukung senjata oleh Turki dan Amerika Serikat. Sumber itu juga mengklaim bahwa Qatar memiliki peran dalam menengahi antara Arab Saudi-Turki.

Monzer Akbik, anggota senior dari Koalisi Nasional Suriah dan perwakilannya di pengasingan, menjelaskan kepada MEMO bahwa koordinasi Arab Saudi-Turki bisa menjadi kunci untuk membangun zona larangan terbang.

Pihak berwenang Turki telah jelas tentang keinginan mereka mendirikan sebuah zona larangan terbang di sepanjang perbatasan selatan dengan Suriah sejak tahap awal konflik.

Zona akan meningkatkan pejuang Suriah dengan memblokir sistem pertahanan udara Assad. Selain itu, akan membantu mempertahankan bagian yang aman untuk bantuan kemanusiaan dan akan meningkatkan keamanan bagi warga sipil.

Masalahnya,  Turki berbeda dengan  Arab Saudi tentang masalah di Mesir. Pemerintah di Ankara sangat memperhatikan pemerintah Mesir, yang menggulingkan Presiden Mohamed Morsi pada tahun 2013. Tapi,  Saudi, bagaimanapun, Mesir adalah sekutu utama Saudi yang mendukung kampanye militer Saudi di Yaman.

Riyadh khawatir tentang pengaruh Iran di Suriah, dan telah diminta untuk mencari sekutu baru melawan Suriah, terutama setelah keputusan Amerika enggan melakukan serangan udara terhadap Suriah dan berkomitmen untuk negosiasi nuklir dengan Teheran.

Diskusi sebelumnya aliansi antara Turki dan Amerika Serikat tidak berhasil, karena ketegangan antara kedua negara dan ketidaksepakatan tentang tujuan intervensi di Suriah.

AS lebih fokus melawan ISIS, strategi yang tidak akan mempengaruhi hubungan dengan Iran, sekutu utama Assad. Turki, sementara itu, telah membuat partisipasinya dalam koalisi internasional di Suriah syarat memerangi rezim Assad dan ISIS pada saat yang sama.

Kepentingan internasional di Suriah dapat mempengaruhi realisasi aliansi Turki-Arab. Tidak jelas apakah Ankara dan Riyadh memiliki kemampuan untuk melakukan intervensi militer tanpa AS. Sebuah indikator yang berguna adalah kenyataan bahwa Amerika tidak memberikan dukungan militer dalam koalisi regional melawan Huthi di Yaman. Itu, bagaimanapun, memberikan dukungan logistik.

"Saya tidak mengantisipasi tentara darat konvensional mengambil Assad dengan tidak adanya dukungan yang kuat AS," kata Faysal Itani, Fellow di Atlantic Council Rafik Hariri Pusat untuk Timur Tengah di Washington DC.

Dia berargumen bahwa partisipasi AS dalam aliansi tersebut melayani kepentingan di wilayah ini. Namun, pemerintahan Obama tidak mungkin untuk mengambil tindakan militer langsung terhadap rezim Assad. Menurut Itani, tingkat partisipasi setiap AS akan terbatas pada dukungan logistik, seperti yang terjadi di Yaman.

Meskipun langkah selanjutnya tetap tidak diketahui, proses untuk aliansi potensial Turki-Arab telah dimulai. Zahran Aloush, pemimpin Arab terkait Jayesh Al-Islam, salah satu yang terbesar kelompok oposisi Islam yang beroperasi di sekitar Damaskus, mengunjungi Turki awal bulan ini dan telah menghadiri negosiasi dengan Turki.

Juru bicara kelompok, Kapten Islam Aloush, mengatakan MEMO bahwa pemimpinnya pergi ke Turki dengan tujuan "mencari solusi untuk masalah Suriah" tapi dia tidak mengungkapkan sesuatu yang lebih dari itu. "Kami menyambut kesepakatan antara negara-negara yang mendukung revolusi untuk menggulingkan rezim," jelasnya.

Jamal Khashoggi, seorang wartawan Arab Saudi terkemuka yang dikenal untuk pengetahuan tentang diskusi politik kerajaan, tweeted pekan lalu bahwa kunjungan Aloush ke Turki adalah bagian penting dari meningkatkan koordinasi Turki-Arab di Suriah.

Selama kunjungannya ke Riyadh pada bulan Maret, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan setuju dengan baru dinobatkan Raja Salman Bin Abdulaziz untuk meningkatkan dukungan untuk oposisi Suriah.

Dalam beberapa minggu terakhir, rezim Assad telah menderita beberapa kerugian di tanah. Para pemberontak kini tiba-tiba bersatu, dan telah meluncurkan serangan terhadap sasaran rezim kritis, mendapatkan baik tanah dan dukungan. Elemen al-Qaeda juga terlibat dalam serangan tersebut tapi tidak di peran utama.

Suriah Koalisi Nasional Monzer Akbik memuji koordinasi baru antara Turki dan Arab Saudi, yang telah menghasilkan, ia menegaskan, dalam kemajuan di tanah untuk Tentara Suriah Bebas.

Mantan Duta Besar AS untuk Suriah, Robert Ford, sekarang anggota senior dari Institute Timur Tengah  di Washington DC, menulis sebuah komentar yang menunjukkan bahwa posisi Assad saat ini adalah yang terburuk sudah sejak konflik meletus.

Dia menunjukkan beberapa tanda-tanda kelemahan bahwa rezim kini menghadapi, seperti kehilangan wilayah, ketidakmampuan untuk maju, masalah ekonomi dan menurunnya keamanan negara dan personil militer. "Perkembangan terakhir mungkin sebenarnya indikator awal dari akhir," pungkasnya.

Peran Arab Saudi dalam perang di Suriah sangat penting. Ini telah terlibat dalam kampanye melawan rezim Assad pada berbagai tingkatan, diplomatis dan militer. Penghapusan Assad dari kekuasaan telah menjadi kebutuhan bagi Riyadh untuk menghentikan dominasi Iran dan perluasan pengaruh atas Suriah dan wilayah yang lebih luas.

Kedua Arab Saudi dan Turki memiliki kepentingan dalam membalikkan ekspansi Iran di Timur Tengah, khususnya di Suriah. Namun, hubungan antara dua telah absen karena kekawatiran Arab Saudi terhadap Turki. Memang, Saudi dianggap Turki sebagai saingan daerah karena dukungan untuk revolusi Arab.

Hanya baru-baru ini dua negara telah mendorong ke arah koordinasi berdasarkan kepentingan bersama untuk menghadapi komplikasi Suriah dan Irak  yang dilanda perang dan mempertahankan kontrol atas setiap ancaman yang tak terduga untuk kepentingan keamanan nasional masing-masing.

Kondisi yang tidak stabil di seluruh wilayah, bersama dengan monopoli Iran yang menciptakan ketidakseimbangan, telah mendorong Arab Saudi untuk mengubah kebijakan luar negerinya dengan cara yang tak terduga, terutama ketika keamanan nasional kerajaan berada di bawah ancaman langsung.

Perubahan ini telah menghasilkan tingkat yang unik dari dukungan di antara negara-negara Arab, dukungan yang belum pernah terlihat sebelumnya di antara multi phase didorong rezim Arab.

Secara bersamaan, negara-negara anggota Liga Arab telah menyepakati garis besar untuk kekuatan  gabungan militer untuk melawan kelompok-kelompok ekstremis dan menjaga keamanan, sesuatu yang mendorong kepentingna Presiden Mesir Al-Sisi sejak Februari. Gaya, seperti yang diusulkan, akan mampu menjamin keamanan dan stabilitas regional.

Kekuatan internasional yang didukung koalisi Arab Saudi yang menghadapi pemberontak Syi'ah Houthi di Yaman menunjukkan pergeseran ke fase baru di Timur Tengah. Di mana reaksi pasukan Arab yang cepat melakukan campur tangan untuk menghilangkna  potensi ancaman di Yaman, pasti akan diselesaikan  secara tuntas.

Oposisi Suriah telah menyatakan dukungannya untuk koalisi Arab yang dipimpin itu "Decisive Storm" di Yaman, dan meminta negara-negara Arab, mendorong operasi serupa terhadap rezim Suriah. "Sebuah aliansi regional adalah sebuah ide bagus, itu tidak hanya akan menghilangkan rezim Assad, tetapi juga menjaga [keamanan] kondisi dan melindungi proses politik negara". (dtta/mem/voa-islam.com)

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X