Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.286 views

Afiliasi Al-Qaidah Mengalami Peningkatan di Suriah

SURIAH (voa-islam.com) - Ada anggapan umum bahwa afiliasi Al-Qadah di Suriah Jabhat Al-Nusrah melemah dalam menghadapi kemajuan rezim militer Bashar al-Assad beberapa waktu lalu dan serangan udara yang dipimpin internasional terhadap kelompok tersebut.

Disamping itu peningkatan jumlah demonstrasi anti-Nusra tahun ini, terutama di Idlib, biasanya disebut sebagai bukti untuk mendukung asumsi ini.

Namun, menurut sumber yang dekat dengan kelompok itu, Jabhat Al-Nusrah telah menerima lebih dari 3.000 warga Suriah dari Idlib dan Aleppo selatan masuk jajarannya sejak Februari saja.

Sementara Jabhat Al-Nusrah mengalami tingkat luar biasa dari perekrutan, kelompok lain yang didukung Barat di daerah ini kehilangan dukungan lokal dan juga tenaga kerja.

Oleh karena itu penting untuk melihat alasan di balik peningkatan yang signifikan dalam tingkat perekrutan Al-Nusrah dan apa yang menandakan itu untuk masa depan.

Jabhat al-Nusra didirikan di Suriah pada akhir 2011 dan dengan cepat memperoleh profil tinggi di antara warga Suriah karena kontribusi militer berharga mereka terhadap rezim Assad.

Awalnya, Jabhat Al-Nusrah memberlakukan penegakan aturan secara persuasif dan bertahap untuk meningkatkan pengaruhnya di daerah yang dikuasai dan mengakar sendiri dalam masyarakat Suriah. Namun, pada tahun 2014, kelompok ini pindah dari strategi soft power dan mulai menyerang kelompok-kelompok oposisi sekuler yang didukung AS, yang digadang-gadang untuk menargetkan mereka pada akhirnya, dalam upaya untuk menghilangkan musuh potensial.

Pergeseran dalam strategi kelompok ini merusak dukungan untuk Al-Nusrah di antara penduduk lokal dan menciptakan ketegangan baru dengan kelompok pejuang sekuler lainnya. Hal ini juga menyebabkan demonstrasi menentang aturan Al-Nusrah yang dituduh semakin puritan.

"Belum pernah terjadi sebelumnya melihat orang-orang mengkritik Al-Nusrah apalagi berdemonstrasi menentang mereka. Al-Nusrah mulai kehilangan dukungan dari pejuang asing serta dukungan dari masyarakat setempat," klaim Mustafa Salah, seorang aktivis media di Aleppo.

Bagaimanapun, dimulainya kembali pertempuran di Suriah, menyusul gencatan senjata sementara yang mulai berlaku pada akhir Februari, memungkinkan Al-Nusrah untuk mulai mendapatkan kembali dukungan dari masyarakat setempat. Dalam upaya untuk mendapatkan kembali popularitasnya, kelompok ini melipatgandakan usaha militer dan mempelopori serangan terhadap rezim Suriah di beberapa bidang yang berbeda secara bersamaan.

Pada bulan Maret, kelompok melancarkan serangan di Hama dan menyerang markas rezim di pinggiran tenggara kota. Al-Nusrah juga melakukan dua serangan lainnya pada bulan April, satu di pedesaan selatan Aleppo dan yang lainnya di pedesaan Latakia. Sebagian besar serangan ini mendapatkan keberhasilan sehingga meningkatkan popularitas Nusra dan mendorong kelompok-kelompok pejuang oposisi lainnya untuk meningkatkan kerjasama militer mereka dengan afiliasi Al-Qaidah ini, meskipun serangan kelompok itu sebelumnya pada beberapa kelompok oposisi.

Strategi Jabhat al-Nusra juga telah mengambil keuntungan dari tingkat penurunan dukungan internasional terhadap kelompok-kelompok pejuang sekuler. Tercatat telah ada peningkatan dalam level frustrasi, terutama di kalangan penduduk setempat di Aleppo dan Idlib, terhadap kelompok-kelompok pejuang sekuler dan aksi yang mereka ambil yang dianggap tidak cukup dalam melawan rezim Assad.

Banyak dari kelambanan ini bisa disalahkan pada kurangnya dukungan internasional yang cukup yang disediakan untuk kelompok-kelompok oposisi sekuler seperti sebelumnya, yang membatasi kemampuan mereka untuk maju melawan rezim militer Suriah dan bersaing dengan pengaruh Al-Nusrah. Selain itu, pejuang oposisi sekuler juga telah dikritik karena terlalu asyik dengan perbedaan internal daripada berkonsentrasi pada memerangi rezim Assad.

Di bawah permusuhan yang tumbuh dan kecurigaan terhadap kelompok pejuang oposisi ini, Jabhat Al-Nusrah telah berhasil menunjukkan bahwa mereka adalah kekuatan yang paling sukses saat ini menghadapi melawan rezim dan menggambarkan kekuatan militernya sebagai sekutu yang sangat diperlukan dalam perjuangan untuk mengalahkan Assad.

Seoranga pejuang oposisi dari kelompok Jabha al-Shamiya, yang meminta untuk tidak diidentifikasi, menguraikan, "Ketika Anda melihat bahwa kelompok bersenjata oposisi lebih banyak melakukan berpolitik dari pertempuran, dan bahwa prioritas mereka adalah untuk mengamankan dana dan melindungi keuntungan mereka, Al-Nusrah Sepertinya satu-satunya pilihan bagi mereka yang ingin bertarung di garis depan. Saya tahu banyak orang yang bergabung dengan Al-Nusrah karena [alasan] itu, yang merupakan sesuatu yang saya pertimbangkan juga.

"Terlebih, Al-Nusrah menjadi target utama bagi koalisi udara yang diusulkan AS-Rusia yang tampaknya tidak menjadi penghalang penting untuk mereka saat bergabung dengan kelompok tersebut. "Rusia dan Amerika telah membom Al-Nusrah selama bertahun-tahun hingga sekarang. Ini tidak akan ada yang berbeda jika mereka menyerang bersama-sama, dibanding melakukan hal itu secara terpisah," kata seorang pejuang oposisi yang tidak disebutkan namanya yang tergabung dalam Liwaa Ansar al-Khilafah, yang juga mengaku bahwa ia sedang mempertimbangkan untuk bergabung dengan kelompok Al-Nusrah.

Jabhat Al-Nusrah juga telah melakukan perubahan prosedur perekrutan yang panjang dan ketat, yang telah menjadi lebih fleksibel dalam rangka untuk menarik sebanyak mungkin pejuang baru untuk bergabung dalam jajarannya.

Kelompok ini awalnya merekrut anggota hanya melalui pencalonan dan rekomendasi dari sumber terpercaya. anggota yang dicalonkan kemudian harus berkomitmen untuk mengikuti pelajaran agama dan menjalani tes kompetensi militer untuk diputuskan apakah ia harus segera dikirim ke garis depan atau terdaftar dalam pelatihan militer. Pada akhirnya, berdasarkan komitmen agama dan ideologi calon dan rekomendasi yang ia terima dari anggota lain, diputuskan apakah kandidat tersebut akan diterima sebagai anggota pasukan resmi.

Bagaimanapun, Al-Nusrah kini telah mengubah kebijakan keanggotaan terbuka yang menerima hampir semua anggota baru.

"ini telah menjadi begitu mudah bagi siapa saja untuk bergabung dengan Al-Nusrah tanpa rekomendasi apapun. Beberapa orang bahkan tidak diwajibkan untuk menjalani kursus Syariah, terutama jika mereka bekerja sebagai agen ganda dalam organisasi saingan. Selain itu, Anda dapat membaiat kelompok tersebut, yang akan membuat Anda hanya sebagai seorang anggota, atau hanya berjanji untuk bertempur bersama dengan kelompok itu, yang memungkinkan Anda untuk berperang dengan Al-Nusrah dan menerima beberapa manfaat tanpa harus berkomitmen untuk keanggotaan penuh, "kata Fares Abou, seorang aktivis Suriah dari Aleppo.

Restorasi kekuasaan dan popularitas Al-Qaidah di Suriah menampilkan ancaman serius bagi kelompok oposisi sekuler yang beroperasi di sana, serta sebuah ancaman teroris bagi dunia dalam jangka panjang yang secara potensial lebih cerdas dan sabar daripada kelompok lain. (st/NOW/Haid Haid)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X