Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.534 views

Dinamisasi Islam dan Relevansinya Dalam Pemetaan Masalah Global

Oleh: Baramasi Gusti Putra

Dunia telah banyak mengalami perkembangan saat ini. Berbagai macam teknologi, sistem informasi dan komunikasi serta disiplin ilmu telah berkembang di dunia dewasa ini. Namun, dengan banyaknya perkembangan tersebut, dunia akan menghadapi permasalahan zaman yang lebih banyak. Karena itu, umat manusia ke depannya membutuhkan banyak sekali solusi sebagai bahan antisipasi dampak buruk dari permasalahan kontemporer yang ada.

Umat manusia saat ini mengharapkan solusi yang benar-benar dapat menjaga kualitas kehidupan mereka, bahkan menjadikan kehidupan mereka lebih baik lagi. Maka dari itu, diperlukan banyak pengkajian mengenai realita kehidupan sekarang dan pemetaan hidup di masa mendatang.  Namun fakta yang terjadi saat ini adalah terbatasnya sumber yang dapat dijadikan sebagai bahan literatur guna mendapat solusi tersebut.

Terlepas dari itu semua, kita mengetahui bahwa Islam telah berkembang pesat menjadi salah satu agama terbesar di dunia. Islam juga telah memperlihatkkan historisitas yang luar biasa dalam  perkembangan peradaban dunia saat ini. Sumbangsi dalam hal disiplin ilmu, kemajuan teknologi dan pemenuhan kebutuhan sosial telah banyak dikontribusikan kepada dunia. Hal itu membuktikan bahwa Islam berkesempatan besar untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di zaman sekarang ini.

Sementara itu, banyak orang yang mempertanyakan dan meragukan adaptivitas sumber hukum Islam di masa sekarang ini. Bahkan sebagian masyarakat dunia berpendapat bahwa Al-Qur’an dan As-Sunnah sudah tidak dapat memberikan solusi sepenuhnya terhadap permasalahan kontemporer. Bagi mereka regulasi yang muncul dari sumber-sumber hukum Islam hanya adaptif terhadap kondisi di masa lampau, bukan untuk dunia dewasa ini. Namun, kenyataannya sampai sekarang Islam masih terus dapat memperlihatkan karya-karyanya, baik dalam hal ekonomi, sosial, budaya bahkan politik.

Untuk menghindari stigma bahwa Islam sudah tidak relevan lagi, maka diperlukan pencerdasan terutama tentang sistematis kerja hukum Islam. Pembedahan tentang Maqashid Syari’ah menjadi faktor yang sangat penting untuk membuat masyarakat mengerti pentingnya kehadiran Islam saat ini. Penilaian bahwa Islam adalah suatu tradisi kuno harus segera dihapuskan. Maka dari itu diperlukan peran yang cukup masif dari beberapa elemen masyarakat yang mengerti akan permasalahan ini.

Kita semua mengetahui bahwa sebagian besar masalah kontemporer memiliki pola pemetaan yang tidak jauh berbeda dari induk permasalahan sebelumnya. Dan semua permasalahan di masa lalu telah terbukti sebagian besar dapat diatasi dengan solusi-solusi yang dihadirkan Islam. Sebagai contoh yang terjadi di zaman antara Dinasti Bani Abbasyiah sampai Kekhalifahan Turki Utsmani. Konsep filantropi yang digagas oleh khalifah muslim saat itu telah membawa dampak yang cukup signifikan untuk dunia dalam hal pengentasan kemiskinan. Pengelolaan dana zakat yang baik, serta penumbuhan kesadaran akan pentingnya bersedekah menjadi faktor yang sangat mendukung perubahan pada saat itu. Lahirnya banyak kelembagaan filantropi saat itu juga memiliki faktor penting dalam menciptakan sistem pengelolaan dana zakat yang baik. Sehingga, dengan adanya sistem pengelolaan zakat yang baik, pendistribusian zakat juga akan lebih efektif dan objektif.

Selain masalah kemiskinan, kesenjangan sosial juga menjadi sebuah tantangan serius di masa lampau, bahkan juga di zaman sekarang. Dunia terlalu disibukkan dengan masalah-masalah seperti perbedaan ras, budaya, suku, bangsa dan agama. Semua itu menyebabkan lahirnya tindakkan represif antarkelompok, bahkan sebagian telah menjadi tindak kejahatan besar seperti diskriminasi kelompok, genosida sampai kejahatan agresi. Bahkan ada fakta yang lebih memilukan, yaitu beberapa kali meletusnya perang antar-bangsa hingga sampai kepada level dunia.

Dua kali sudah perang dunia pecah, bahkan perang-perang tersebut melibatkan negara-negara besar seperti China, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Belanda dan Uni Soviet. Tentu kita bisa membayangkan berapa besar kerusakkan yang diakibatkan oleh terjadinya perang tersebut. Belum lagi hampir 63 juta orang harus meregang nyawa karena megakonflik tersebut. Namun hal itu belum menjadi akhir dari konflik-konflik besar dunia saat ini. Maka dari itu masyarakat dunia patut waspada terhadap potensi pecahnya kembali konflik-konflik global saat ini.

Islam lahir sebagai agama yang menjunjung tinggi nilai persatuan, kasih sayang dan perdamaian. Islam juga datang dengan nilai-nilai toleransi dan kompromi yang memungkinkan untuk dapat melerai konflik-konflik global yang terjadi. Konsep manajemen konflik yang dibawa Islam memiliki diferensiasi yang cukup menonjol dengan konsep pada umumnya. Islam memandang bahwa setiap konflik atau masalah yang terjadi tidak harus selalu dimaknai sebagai gejala yang destruktif.

Justru kita bisa membuat permasalahan yang ada menjadi bahan literatur untuk kemudian menghasilkan suatu dampak produktif dan konstruktif. Tujuan yang ingin dicapai dari itu semua adalah transformasi sosial yang menuju kepada arah perbaikkan. Dengan demikian, kesejahteraan sosial menjadi sebuah keniscayaan di masa mendatang yang patut diharapkan keberadaannya. Tentunya hal-hal di atas perlu diiringi dengan penumbuhan kesadaran tentang tata hidup berbangsa dan bernegara sesuai dengan yang diajarkan syari’at.

Perkembangan peradaban Dunia saat ini tak lepas dari campur tangan Islam. Islam hadir bukan hanya sebagai agama, tapi merupakan perangkat kehidupan yang sangat produktif. Terbukti sejak dahulu saat Islam berhasil menguasai dunia hampir sekitar 13 abad. Tingkat keamanan dan ketertiban pada saat itu sangatlah terjaga. Sistem perekonomian juga tumbuh sangat pesat. Pada masa itu juga banyak para ilmuwan-ilmuwan muslim yang hadir dengan karya-karya luar biasanya, diantaranya Ibnu Sina (Bidang Kedokteran), Al-Khawarizmi (Bidang Matematika dan Astronomi), Al-Biruni (Bidang Fisika) dan Ibnu Khaldun (Bidang Sosiologi dan Ekonomi). Mereka semua punya dampak yang sangat besar terhadap apa yang berkembang di dunia sekarang ini.

Yang terakhir adalah bahwa sesungguhnya permasalahan yang ada di dunia zaman dulu hingga masa kini telah diprediksi dengan akurat oleh Allah SWT. bahkan sebagian besar adalah karena ketentuan dan kehendak-Nya. Dengan kata lain Allah merupakan Narasumber terbaik yang akan memberikan solusi terbaik pula atas permasalahan yang ada.

Melalui Al-Qur’an dan Sunnah Rasul-Nya, kita diberikan kesempatan untuk mempelajari kehidupan dunia ini lebih banyak. Di akhir zaman ini lah Islam akan kembali membuktikan kegagahannya dalam memimpin dunia. Semoga kita menjadi orang-orang yang kelak ikut berjaya bersama Islam. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Bukan Hanya Ulama, Wartawan Juga Membawa Misi Kenabian

Bukan Hanya Ulama, Wartawan Juga Membawa Misi Kenabian

Selasa, 16 Aug 2022 21:18

Hamas Bantah Lakukan Negosiasi Dengan Arab Saudi Terkait Tahanan Palestina Di Penjara Saudi

Hamas Bantah Lakukan Negosiasi Dengan Arab Saudi Terkait Tahanan Palestina Di Penjara Saudi

Selasa, 16 Aug 2022 21:15

Afiliasi Al-Qaidah Tewaskan 4 Tentara Bayaran Rusia Di Mali

Afiliasi Al-Qaidah Tewaskan 4 Tentara Bayaran Rusia Di Mali

Selasa, 16 Aug 2022 20:30

Inflasi Menggila, Politisi PKS Ingatkan Pemerintah untuk Berhati-hati Kendalikan BBM

Inflasi Menggila, Politisi PKS Ingatkan Pemerintah untuk Berhati-hati Kendalikan BBM

Selasa, 16 Aug 2022 20:19

Partai Gelora Sesalkan Ekonomi Indonesia Kalah dari Malaysia, Vietnam dan Filipina

Partai Gelora Sesalkan Ekonomi Indonesia Kalah dari Malaysia, Vietnam dan Filipina

Selasa, 16 Aug 2022 19:49

Kamuflase Investasi dengan Utang, Produktifkah?

Kamuflase Investasi dengan Utang, Produktifkah?

Selasa, 16 Aug 2022 10:42

Privilege Pendidikan = Harus Kaya?

Privilege Pendidikan = Harus Kaya?

Selasa, 16 Aug 2022 10:29

Israel Tolak Permohonan Pembebasan Tahanan Palestina Pelaku Mogok Makan Khalil Awawdeh

Israel Tolak Permohonan Pembebasan Tahanan Palestina Pelaku Mogok Makan Khalil Awawdeh

Selasa, 16 Aug 2022 09:00

Anies Tak Mempan Diserang Isu Intoleran, Radikal, dan Terorisme

Anies Tak Mempan Diserang Isu Intoleran, Radikal, dan Terorisme

Senin, 15 Aug 2022 21:04

Israel Klaim Blokir 'Terowongan Serang' Dari Gaza

Israel Klaim Blokir 'Terowongan Serang' Dari Gaza

Senin, 15 Aug 2022 20:51

Masyarakat Kesulitan Dapat  Pertalite, Legislator Minta Penjelasan Pertamina

Masyarakat Kesulitan Dapat Pertalite, Legislator Minta Penjelasan Pertamina

Senin, 15 Aug 2022 10:43

Karhutla Terjadi Lagi, Tidak Ada Asap Kalau Tidak Ada Api

Karhutla Terjadi Lagi, Tidak Ada Asap Kalau Tidak Ada Api

Ahad, 14 Aug 2022 22:12

Akademi Dakwah Indonesia Gelar Mukernas ke-III di Bandung

Akademi Dakwah Indonesia Gelar Mukernas ke-III di Bandung

Ahad, 14 Aug 2022 22:07

Kampanye Anti-Israel Global BDS Kecam Standar Ganda Barat Tentang Perang Ukraina Dan Gaza

Kampanye Anti-Israel Global BDS Kecam Standar Ganda Barat Tentang Perang Ukraina Dan Gaza

Ahad, 14 Aug 2022 20:20

Mendudukkan Posisi Islam dan Budaya dalam Menyatukan Keberagaman

Mendudukkan Posisi Islam dan Budaya dalam Menyatukan Keberagaman

Ahad, 14 Aug 2022 16:50

Wahdah Islamiyah Silaturahmi dengan Kementerian Pertahanan

Wahdah Islamiyah Silaturahmi dengan Kementerian Pertahanan

Ahad, 14 Aug 2022 16:44

Waspada, Inflasi Tinggi Berpotensi Turunkan Level Ekonomi 67% Rakyat

Waspada, Inflasi Tinggi Berpotensi Turunkan Level Ekonomi 67% Rakyat

Ahad, 14 Aug 2022 14:36

7 Orang Terluka Dalam Serangan Penembakan Di Sebuah Bus Di Kota Yerusalem

7 Orang Terluka Dalam Serangan Penembakan Di Sebuah Bus Di Kota Yerusalem

Ahad, 14 Aug 2022 14:15


MUI

Must Read!
X