Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.041 views

China dengan Perpustakaan 'Mata Binhai', Khilafah Punya Apa? (Jejak Khilafah di Jagat Literasi)

Oleh: Alga Biru

Belum lama ini, Tianjin (China) meresmikan perpustakaan yang menarik pengunjung dan juga perhatian dunia. Tak hanya menarik dari sisi koleksi, yang mencapai 1,2 juta item, Perpustakaan Tianjin Binhai memiliki bentuk unik yang memanjakan mata. Luas keseluruhan perpustakaan ini mencapai 33.700 meter persegi. Jutaan buku disusun di setiap rak yang meleok-leok. Di tengah-tengah ruangan, dibangun serupa bola putih menyerupai mata, sehingga orang-orang menyebut tempat itu sebagai “Mata Binhai”.

Penggagas Perpustakaan Tianjin Binhai adalah Pemerintah Kota Tianjin Binhai juga. Perpustakaan yang terletak berdekatan dengan taman itu merupakan proyek paling cepat yang pernah dikerjakan MVRDV. Dengan jadwal yang padat, satu bagian konsep yang esensial terpaksa dibatalkan, yakni akses menuju rak bagian atas dari atrium.

"Perubahan ini bertentangan dengan saran MVRDV karena akses menuju rak bagian lebih atas menjadi tidak mungkin dilakukan. Visi penuh perpustakaan kemungkinan dapat direalisasikan di masa yang akan datang," ungkap MVRDV. 

Dari sisi jumlah koleksi, Binhai belum sebanyak Rusia. Russian State Library memunyai total koleksi 44,4 juta item. Dibangun sejak 1795, perpustaan ini sangat tersohor di negeri beruang merah tersebut. Soal keunikan ruang dan tata kelola, sepertinya Jerman masih jadi juaranya.

Perpustakaan Kota Stuttgart (Stuttgart City Library) di Jerman, yang dirancang Yi Architects, dianggap salah satu perpustakaan paling unik. Bentuknya kubus, rasanya tidak begitu menarik. Sisi unik perpustakaan ini pada material bangunan. Yi Architects menyatakan, "batu bata" yang digunakan terbuat dari kaca yang membeku. Bentuk dan simetri lorong masuknya juga terinspirasi dari Cenotaph for Newton karya Etienne Boullee. Adapun area tengahnya mengikuti rancangan panteon kuno. 

Bila negara-negara tersebut memunyai perpustakaan dengan koleksi dan tata ruang sedemikian hebat, lalu Khilafah punya apa?

Perpustakaan ala Khalifah Al-Ma’mun : Terbesar dan Terloyal

Perpustakaan Baghdad merupakan wadah ilmiah keislaman yang paling terkemuka hingga hari ini. Tidak diragukan lagi, Perpustakaan Baghdad yang dikenal dengan nama Baitul Hikmah disinyalir yang termegah di zamannya. Pendirinya yakni Khalifah Abbasiyah Abu Ja’far Al-Manshur. Mercusuar peradaban dan keilmuan yang terpancar darinya bertahan selama lima abad, sebelum koleksi perpustakaan ini ditenggelamkan akibat invasi kaum Tartar yang terkenal kejam.

Pengkajian (madrasah), penerjemahan dan pengistimewaan manuskrip, merupakan sumbangan besar peradaban Islam. Baitul Hikmah dibangun megah dan bertabur koleksi pada masa Khalifah Harun Ar-Rasyid. Kegemilangan literasi ini dilanjutkan pada masa Al-Ma’mun dengan penambahan penelitian dan khazanah ilmu falak (astronomi).

Kekhilafahan Islam menjalin hubungan diplomatik dengan Romawi. Pada zaman Khalifah Al-Ma’mu, dikirimlah utusan untuk mengurai ilmu-ilmu kuno yang menjadi warisan Bangsa Yunani. Hari ini kita mengenal ilmu Filologi yang mempelajari, menggali, mengkritik, meniliti nilai linguistik dari suatu kenaskahan kuno atau manuskrip. Hebat ya, sepertinya hanya orang bergengsi saja yang punya wawasan filologis. Dan uniknya, kaum muslimin sudah lebih mandiri melakukan pendekatan literat ini padahal itu sekitar tahun 960-an Masehi.

Eropa pada masa itu jauh tertinggal. Satu penggal kisah tentang hal itu, salah seorang duta keilmuan Khilafah berkunjung ke benteng kuno di Paris. Dia heran melihat koleksi kitab yang lapuk dan berbau busuk. Maka dibawalah kitab itu ke Baghdad untuk diteliti, hingga kering dan disiangi. Maka hilanglah bau busuknya, dan siap untuk dikaji isinya.

Inilah salah satu warisan apik literat Khilafah, yaitu berkembangnya pusat penerjemahan. Kita tahu, bahasa menjadi gerbang tersibaknya ilmu. Penerjemah dan Pensyarah jadi profesi yang menggiurkan di masa itu. Al-Mu’in melakukan revolusi besar-besaran untuk pengkajian keilmuan yang lebih mendalam. Sebanyak 500 dinar (setara dengan dua kilogram emas) digelontorkan bagi penerjemah handal. Diantara mereka yang tersohor yakni : Yohana bin Masuwiyah, Jibril bin Bakhtisyu dan Hanin bin Ishak.

Tersebarlah naskah-naskah keilmuan aneka bangsa seperti Nibtiyah, Qibtiyah, Suryaniyah, Persia, India dan Yunani. Boleh dibilang, para ilmuwan Yunani banyak berhutang budi pada keloyalan orang-orang Islam dulu pada ilmu pengetahuan. Jalur penerjemahan dan kritik kenaskahan itu bahkan melingkupi nama-nama yang hari ini lebih banyak dikenal orang seperti : Plato, Aristoteles, Abqirath, Jalinus, Euclides, Bathlemus, dan kalangan filsafat lainnya.

Observatorium Astronomi juga salah satu fasilitas yang dibangun di Baitul Hikmah. Menara astronomi ini banyak digunakan para ahli geografi, astronomi dan matematika, yang ilmunya turut memberi sumbangsih hingga saat ini.

Baitul Hikmah hanya secuil kisah dari tanah Baghdad, dari sekian luas wilayah Kekhilafahan Islam. Itu belum termasuk keistimewaan yang juga meluas di Perpustakaan Cordova yang didirikan Khalifah Al-Umawi Al-Hakam Al-Muntashir. Belum cerita-cerita manis dari Andalusia oleh Al-Qadhi Abu Matraf. Belum pula keunikan lain yang terpancar di Perpustakaan Bani Imar di Tripoli Syam. Juga jejak lain yang terkubur zaman.

Penutup

Barangkali kurang pas kalo Si Mata Binhai kita versuskan dengan Baitul Hikmah. Ini seperti mempertarungkan Muhammad Ali dan Mike Tyson yang beda zaman. Pergiliran peradaban salah satunya adalah dengan mempergilirkan pengetahuan. Siapa yang paling loyal pada ilmu, boleh jadi mereka lebih pantas memegang peradaban.

Terlepas dari gesekan ideologi yang terus terjadi hari ini, ilmu dan pengetahuan terus mencari muara untuk hidup. Yang lebih berilmu dan menghargai ilmu, yang lebih berkah dan menyemai keberkahan, lebih pantas untuk menjadi mercusuar peradaban.

Bagi sebagian orang, Khilafah sudah mati. Sebagian yang lain meyakini, dia akan hidup kembali. Literasi adalah secuil segmen yang dinaungi suatu sistem hidup. Apalagi kalau kita berbicara perpustakaan. Ia jadi persinggahan ideal bagi orang-orang yang rindu bercengkrama dengan ilmu dan segala turunannya. Manusia membuahkan kreativitas, perpustakaan yang menyimpannya. Ayo ke perpustakaan! Keren kok. (rf/voa-islam.com)

Kepustakaan : 
1. Sirjani, Raghib. Sumbangan Peradaban Islam pada Dunia. 2009. Pustaka Al-Kautsar
2. Library Congress (Instagram Account)
3. SindoNews
4. Wilkipedia

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Tanggap Bencana: Relawan IDC, Dai Motivator dan Tim Medis PDUI Bertolak ke Palu. Ayo Bantu.!!

Tanggap Bencana: Relawan IDC, Dai Motivator dan Tim Medis PDUI Bertolak ke Palu. Ayo Bantu.!!

Bencana Palu adalah Derita Kita Semua. Relawan IDC bekerja sama dengan PDUI menerjunkan relawan, dai motivator dan tim medis....

Masya Allah..!!! Driver Gojek Motor Wakafkan Mobil Dakwah kepada IDC

Masya Allah..!!! Driver Gojek Motor Wakafkan Mobil Dakwah kepada IDC

Bila cinta Allah sudah melekat, tak ada yang bisa menghalangi amal infak. Wakaf mobil bagi driver gojek motor pun menjadi ringan. Semoga Allah memberkahi dan menggantinya dengan yang lebih baik....

Ayo Waqaf: Harta Kekal Dibawa Mati, Pahala Terus Mengalir Jadi Investasi Abadi

Ayo Waqaf: Harta Kekal Dibawa Mati, Pahala Terus Mengalir Jadi Investasi Abadi

Wakaf tidak menghabiskan harta, justru mengekalkan harta. Pahalanya terus mengalir tak terbatas usia, manfaatnya dirasakan umat seluas-luasnya dari generasi ke generasi...

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

Relawan IDC Solo Raya menyerahkan wakaf sepeda motor kepada Ustadz Sriyono untuk menunjang aktifitas dakwah di tempat-tempat terpencil yang sulit dijangkau di lereng Gunung Lawu...

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

Aktivis masjid ini menderita tumor ganas dan tidak bisa berobat karena terbentur biaya. Daging tumornya terus membesar seukuran bola futsal. Ayo bantu bisa bekarja dan berjamaah di masjid lagi....

Latest News
Jelang Muktamar, Pengurus Wilayah dan Daerah Pemuda Muhammadiyah Disatroni Polisi

Jelang Muktamar, Pengurus Wilayah dan Daerah Pemuda Muhammadiyah Disatroni Polisi

Selasa, 16 Oct 2018 09:21

Maksiat Mengundang Bencana!

Maksiat Mengundang Bencana!

Selasa, 16 Oct 2018 09:14

[VIDEO] FPI Evakuasi Jenazah Kristiani Korban Gempa-Tsunami Palu

[VIDEO] FPI Evakuasi Jenazah Kristiani Korban Gempa-Tsunami Palu

Selasa, 16 Oct 2018 08:40

Acara Berbau LGBT di Magelang Digagalkan FPI

Acara Berbau LGBT di Magelang Digagalkan FPI

Selasa, 16 Oct 2018 05:24

Duka Rakyat Palu Masih Pilu

Duka Rakyat Palu Masih Pilu

Selasa, 16 Oct 2018 05:12

 Kebangkitan Ideologi dan Penerapannya

Kebangkitan Ideologi dan Penerapannya

Senin, 15 Oct 2018 23:00

Penanganan Pasca Bencana yang Carut Marut, Bukti Pemerintah Gagal

Penanganan Pasca Bencana yang Carut Marut, Bukti Pemerintah Gagal

Senin, 15 Oct 2018 22:45

Kehidupan yang Fana

Kehidupan yang Fana

Senin, 15 Oct 2018 22:30

Terobos Bandara, Preman Projo Hadang Dan Persekusi Kedatangan Habib Hanif Alatas Dan Habib Bahar

Terobos Bandara, Preman Projo Hadang Dan Persekusi Kedatangan Habib Hanif Alatas Dan Habib Bahar

Senin, 15 Oct 2018 22:10

Dewan Dakwah Aceh Minta Masyarakat Gunakan Hak Pilihnya

Dewan Dakwah Aceh Minta Masyarakat Gunakan Hak Pilihnya

Senin, 15 Oct 2018 21:50

Dugaan Phobia dan Fitnah pada Simbol Tauhid dari Sekelompok Santri dan Mahasiswa

Dugaan Phobia dan Fitnah pada Simbol Tauhid dari Sekelompok Santri dan Mahasiswa

Senin, 15 Oct 2018 21:27

HTS Tolak Serahkan Senjata dan Mundur dari Zona Demiliterisasi di Idlib Suriah

HTS Tolak Serahkan Senjata dan Mundur dari Zona Demiliterisasi di Idlib Suriah

Senin, 15 Oct 2018 20:15

Qatar Desak Saudi Ungkap Nasih 4 Warga Mereka yang 'Dihilangkan Paksa' oleh Riyadh

Qatar Desak Saudi Ungkap Nasih 4 Warga Mereka yang 'Dihilangkan Paksa' oleh Riyadh

Senin, 15 Oct 2018 20:05

MUI-Kominfo Ajak Generasi Milenial Bijak Gunakan Gadget

MUI-Kominfo Ajak Generasi Milenial Bijak Gunakan Gadget

Senin, 15 Oct 2018 18:55

Rumah DP Nol Rupiah Terealisasi, Fahira Idris Puji Anies Baswedan

Rumah DP Nol Rupiah Terealisasi, Fahira Idris Puji Anies Baswedan

Senin, 15 Oct 2018 18:48

DPRD Pangandaran Desak Pelaku LGBT Direhabilitasi

DPRD Pangandaran Desak Pelaku LGBT Direhabilitasi

Senin, 15 Oct 2018 18:35

Notaris Muslim Indonesia Terjun ke Wilayah Bencana Palu

Notaris Muslim Indonesia Terjun ke Wilayah Bencana Palu

Senin, 15 Oct 2018 17:50

Pejabat Taliban: AS Setuju Untuk Bahas Penarikan Pasukan dari Afghanistan

Pejabat Taliban: AS Setuju Untuk Bahas Penarikan Pasukan dari Afghanistan

Senin, 15 Oct 2018 12:35

Inggris, Prancis dan Jerman Desak Saudi Beri Tanggapan Rinci Atas Hilanngya Jamal Khashoggi

Inggris, Prancis dan Jerman Desak Saudi Beri Tanggapan Rinci Atas Hilanngya Jamal Khashoggi

Senin, 15 Oct 2018 11:18

Jebakan Sekularisme Melalui Media Digital

Jebakan Sekularisme Melalui Media Digital

Senin, 15 Oct 2018 10:59


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X