Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.453 views

Islamophobia Penghalang Kebangkitan Umat

Oleh: Siti Komariah, S.Pd.I (Komunitas Peduli Umat)

Islamophobia  adalah istilah yang merujuk pada prasangka dan deskriminasi pada Islam dan muslim.

Geliat islamophobia ini telah menyebar luas di Eropa dan negara-negara dalam berbagai bentuk, para pendukung gerakan anti Islam secara terang-terangan menyebarkan propaganda islamophobia dengan berbagai sarana.

Salah satunya adalah organisasi bernama “pegida” yang lahir di Dresden, Jerman pada oktober 2014 lalu. Pegida adalah gerakan “patrioties eropa menentang islamisasi”.

Pemerintah barat juga terus menerus menyebarkan citra buruk mengenai  Islam dan muslim yang mereka identikkan dengan teroris. Barat mengaitkan aksi teroris dan al-Qaedah dengan agama Islam. Lahirnya pegida bukti nyata dukungan pemerintah barat terhadap gerakan anti Islam di Eropa. Tak berbeda halnya dengan Belanda dan Perancis, dimana politikus dan partai bersatu mendukung islamophobia atau anti Islam. (islampos.com).

Di Indonesia yang mayoritas muslim di dunia juga satu nada. Direktur Eksekutif Institute for the Study of Islamic Thought and Civilization (INSIST) Adnin Armas menyebutkan islamophobia bisa jadi tidak hanya terjadi di Eropa dan Amerika, tetapi juga di Indonesia. Ia mengungkapkan bahwa indikatornya sudah muncul, orang-orang yang ingin berkontribusi dan mencintai agama ini bisa dituduh konservatif, fundamentalis, radikal, anti barat, anti NKRI  dan fitnah-fitnah serupa. (republika.co.id).

Hal ini sangat mengherankan di negeri yang mayoritas penduduknya Islam, justru terjadi ketakutan terhadap Islam itu sendiri. Pandagan negatif tentang Islam ini sangat terasa ketika muslimin yang membela agamanya dianggap fundamental, ormas Islam yang menyuarakan dakwah secara kaffah dianggap radikal.

Hal yang paling mengejutkan lagi pemerintah melalui Rumah Kebangsaan dan Dewan Pengawas Perhimpunan Pengembagan Pesantren dan Masyarakat (P3M) mengadakan survai di 100 masjid di kementerian, lembaga negara dan BUMN, hasilnya 41 masjid terindikasi radikalisme. Itu ditemukan dari materi khutbah shalat jum’at yang disampaikan para khotib.

“Dari 100 masjid sebanyak 41 masjid itu terindikasi radikal” uangkap Agus Muhammad ketua Dewan Pengawas P3M di gedung PBNU, jalan Kramat Raya. Jakarta Pusat, minggu (8/7/2018, Liputan6.com).

Indikator konten radikal ini dilihat dari tema khutbah jum’at yang disampaikan, seperti ujaran kebencian, sikap negatif terhadap agama lain, sikap positif terhadap khilafah, dan sikap negatif terhadap pemimpin perempuan dan non muslim.

Bahkan tak sedikit pula gelar anti NKRI disematkan kepada tokoh-tokoh Islam. Segala prasangka tersebut membuat islamophobia merasuki negeri Indonesia tak peduli fakta bahwa negeri ini dihuni mayoritas muslim.

Kecemasan dan ketakutan ditengah-tengah masyarakat akan Islam bermula saat adanya teror bom diberbagai kota yang semua pelakunya berpenampilan Islami dan membawa simbol-simbol islam membuat masyarakat indonesia mulai was-was terhadap pria berjengot lebat, bergamis panjang, wanita bercadar dan berpakaian hitam.

Bukan hanya itu saja banyak dikalagan masyarakat yang sudah terjangkiti oleh islamophobia salah satunya adalah mereka menutup diri dari aktifitas berorganisasi terutama organisasi Islam. Para orang tua juga seolah abai dengan aktivitas anak-anak mereka, mereka membiarkan anak-anak mereka melakukan aktivitas tidak produktif seperti main game, jalan-jalan ke mall, nonton tv, dan lain-lain, ketimbang mempelajari Islam lebih dalam dan secara menyeluruh. Juga perilaku menganggap semua gerakan Islam adalah bentuk radikalisme.

Moordiningsih dalam artikelnya “Islamophobia dan Strategi Mengatasinya” (Buletin Psikologi, desember 2004) menuturkan, segala kecemasan dan ketakutan akan Islam dan muslimin bermula dari pandagan tertutup dan lebih mengedepankan prasangka. Beragam stereotip negatif muncul dan membuat banyak orang tak memandang islam secara terbuka.

Fenomena islamophobia di Indonesia, lanjutnya mirip dengan sejarah Rasulullah ketika pertama kali datang mendakwahkan Islam. Saat itu ketakutan muncul dikalangan kaum Quraisy, mereka khawatir munculnya kekuatan baru yang akan berkuasa.

Merekapun akhirnya menentang dan menghalanggi segala penyebaran agama Islam. Ketakutan yang mirippun terjadi di negeri mayoritas muslim saat ini dengan adanya kekhawatiran bahwa Islam akan menjadi kekuatan baru yang akan mengantikan sistem Demokrasi di Indonesia.

Para pendukung islamophobia terus mengelorakan kepada masyarakat menjadi opini yang tersebar sehingga menyudutkan Islam, dan memerangi Islam. Mereka mengidentikan aksi terorisme dan teror ISIS termaksud dalam ajaran islam. Penyebaran islamophobia ini menjadi lahan mulus bagi para kapital untuk melangengkan hegemoninya. Mereka terus berupaya dengan berbagai cara untuk membendung kebangkitan Islam dan memberi ketakutan pada ide-ide Islam.

Padahal seorang mukmin yang mempelajari Islam dengan baik, pastilah tahu bahwa agamaIslam adalah agama rahmatan lil’alamin, rahmat bagi seluruh alam, sehingga mereka tidak mudah terpedaya oleh isu aksi terorisme dan radikalisme yang mengatasnamakan Islam.

Terorisme dan radikalisme merupakan perbuatan dzalim. Perbuatan yang sering kali para pelakunya diatasnamakan ajaran-ajaran Islam ini dibantah oleh ajaran Islam itu sendiri sebagaimana Allah berfirman didalam hadist qudsi “Wahai hamba-hambaKu, Aku mengharamkan kedzaliman atas diri-Ku dan Aku menjadikan kedzaliman haram diantara kalian, maka janganlah kalian berbuat dzalim”. (HR.Muslim).

Dari hadist tersebut telah sangat jelas bahwa Allah mengharamkan kedzaliman bagi diri-Nya dan Allah telah melarang kita untuk berbuat dzalim  baik itu saudara muslim kita maupun non muslim. Karena Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin.

Islam pun diturunkan bukan hanya mengatur masalah ibadah saja (hablumminallah), tetapi juga sebagai aturan yang harus diterapkan oleh manusia dalam semua aspek kehidupan. Sebagaimana firman Allah SWT “ “Kami turunkan kepadamu al-kitab (al-Qur’an) untuk menjelaskan segala sesuatu”. ( QS. an-Nahl: 89).

Dan dalam ayat lain Allah tegaskan dengan firman-Nya “...pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kalian agama kalian, dan telah Kucukupkan kepada kalian nikmat-Ku dan telah Kuridhoi islam itu menjadi agama bagi kalian..”. (QS. al-Maidah :3).

Hanya dengan Islamlah Allah menurunkan aturan-aturan-Nya . Ia juga merangkum semua aspek kehidupan manusia baik itu akidah, syariah, akhlak, muamalah, politik, interaksi muslim dan non muslim, dan sebagainya. Islam merangkum urusan kehidupan manusia semuanya, pada semua masalah dan semua kondisi di setiap tempat dan zaman.

Tak ada satupun masalah manusia yang luput dari perhatian Islam. Fakta sejarah telah membuktikan kepada kita bahwa umat muslim dan non muslim bisa hidup berdampingan dengan tenang dan damai dibawah naungan aturan Islam.

Kehidupan ini bagi seorang muslim jelas tidak membutuhkan aturan selain aturan Islam karena terkumpul kesempurnaan didalamnya yang dibutuhkan oleh alam semesta beserta isinya termaksud manusia. Aturannya akan senantiasa selaras dengan fitrah manusia.

Bukan hanya mengenai masalah ibadah saja, tapi juga mengenai masalah aspek kehidupan manusia lainnya termaksud aspek politik. Rasulullah bersama umat-umat islam terdahulu telah melukiskan sebuah lukisan sejarah dengan tinta emas yang tidak pernah bisa ditandingi oleh umat manapun.

Fakta menunjukan bahwa Islam dengan sistem pemerintahannya, sistem ekonominya, sistem muamalahnya mampu membawa manusia kepada sebuah zaman keemasan dimana kesejahteraan, kedamaian, serta kenyamanan hidup bisa dirasakan secara menyeluruh oleh manusia baik muslim maupun non muslim di bawah naungan panji Islam.

Rasulullah telah mencontohkan kepada kita untuk menerapkan hukum Allah secara kaffah tanpa terkontaminasi oleh hukum selain Islam apapun itu. Sebagaimana firman Allah “Barang siapa yang memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang fasik.” (QS. al-Maidah :47).

Para pendukung islamophobia akan terus berusaha masuk dalam kehidupan ini dengan membawa argumen-argumen salah tentang Islam yang akan meragukan umat Islam terhadap Islam yang mulia ini.

Salah satunya adalah Islam Nusantara dimana ajaran-ajara Islam hanya diambil sebagian saja sesuai dengan nilai-nilai tradisi lokal, budaya, dan adat istiadat  ditanah air tersebut. Seharusnya ini tidak boleh terjadi karena setiap muslim harus taat kepada Allah SWT secara totalitas bukan setengah-setengah.

Hal ini telah jelas difirmankan oleh Allah dalam surat al-Baqarah :208 “Wahai orang-orang yang beriman,  masuklah kalian kepada islam secara kaffah (menyeluruh),  dan janganlah kalian mengikuti jejak-jejak syaithan karena sesungguhnya syaithan adalah musuh besar bagi kalian.”. 

Memeluk dan mengamalkan Islam secara kaffah adalah perintah Allah yang harus dilaksanakan oleh siapapun dia, dimana pun dia, di zaman kapan pun dia hidup, baik pribadi, bermasyarakat maupun bernegara.

Oleh karena itu kita sebagai muslim harus sadar betul bahwa islamophobia adalah salah satu bentuk upaya barat melemahkan kaum muslimin, maka tidaklah seharusnya kita ikut arus barat ini dan kita perlu takut dengan Islam.

Justru kita harus menjelaskan kepada masyarakat tentang konsep Islam yang benar, yang lahir dari wahyu, yang datang sebagai pemberi solusi problematika yang terjadi saat ini dengan terus mengaungkan  agar menjadi opini umum. wallahua’lam. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Sopir Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Magelang Digerogoti Tumor Usus. Ayo Bantu..!!

Sopir Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Magelang Digerogoti Tumor Usus. Ayo Bantu..!!

Mantan preman yang jadi sopir pesantren ini tak bisa lagi mengantar jemput santri, para guru dan ustadz pesantren. Menderita tumor usus stadium 4, ia butuh biaya transport dan obat-obatan kemoterapi....

Terancam Roboh, Mushalla Al-Fatihah Butuh Renovasi Total. Ayo Bantu Sedekah Jariyah.!!!

Terancam Roboh, Mushalla Al-Fatihah Butuh Renovasi Total. Ayo Bantu Sedekah Jariyah.!!!

Kondisi mushalla di pelosok Tasikmalaya ini sangat memprihatinkan, reyot dan tidak layak. Dihantam longsor, rusakanya semakin parah dan terancam roboh. Dibutuhkan dana 55 juta rupiah untuk renovasi...

Kecelakaan Parah, Yatim Santri Tahfizh Qur’an ini Patah Kaki. Ayo Bantu..!!

Kecelakaan Parah, Yatim Santri Tahfizh Qur’an ini Patah Kaki. Ayo Bantu..!!

Sudah 10 hari Maymunah terbaring menahan perihnya patah tulang paha akibat kecelakaan. Ia harus menjalani pencangkokan dan pengobatan tulang selama 60 hari dengan biaya 9,6 juta. Ayo bantu.!!...

Farhan Syafero: Aktivis Dakwah Gugur Salah Tembak dalam Tragedi Berdarah Jakarta, Ayo Bantu.!!

Farhan Syafero: Aktivis Dakwah Gugur Salah Tembak dalam Tragedi Berdarah Jakarta, Ayo Bantu.!!

Aktivis dakwah ini gugur di bulan suci Ramadhan saat siaga menjaga markas FPI dan rumah Habib Rizieq. Jasadnya terkapar bersimbah darah dengan lubang peluru menembus dada hingga punggung....

Ditimpa Musibah Bertubi-tubi, Keluarga Muallaf Hidup Memprihatinkan, Ayo Bantu...!!!

Ditimpa Musibah Bertubi-tubi, Keluarga Muallaf Hidup Memprihatinkan, Ayo Bantu...!!!

Muallaf Evelyn harus berjuang keras menafkahi kelima anaknya, meski fisiknya rapuh mengidap kanker tiroid. Betapapun pahitnya hidup, ia tetap tegar mewujudkan mimpi anaknya yang hafal Al-Quran...

Latest News
Tokopedia dan Traveloka Garap Umrah, Biro Haji-Umrah PP Persis: Bisa Merusak Usaha Travel

Tokopedia dan Traveloka Garap Umrah, Biro Haji-Umrah PP Persis: Bisa Merusak Usaha Travel

Jum'at, 19 Jul 2019 09:34

Haedar Nashir: Pemberantasan Korupsi Bagian Amal Shaleh

Haedar Nashir: Pemberantasan Korupsi Bagian Amal Shaleh

Jum'at, 19 Jul 2019 08:17

Bisnis yang Membunuh

Bisnis yang Membunuh

Jum'at, 19 Jul 2019 07:32

Menakar Solusi Pendidikan Lewat Zonasi

Menakar Solusi Pendidikan Lewat Zonasi

Jum'at, 19 Jul 2019 07:20

Jaminan terhadap Kehormatan Perempuan

Jaminan terhadap Kehormatan Perempuan

Jum'at, 19 Jul 2019 06:40

Tanpa Iman, Ilmu Bukan untuk Amal

Tanpa Iman, Ilmu Bukan untuk Amal

Jum'at, 19 Jul 2019 05:45

Mardani: Pejabat Publik Mesti Berakhlak Baik dan Ikuti Aturan yang Berlaku

Mardani: Pejabat Publik Mesti Berakhlak Baik dan Ikuti Aturan yang Berlaku

Jum'at, 19 Jul 2019 04:46

Gegara Salah Ketik ‘Posisi’, Prabowo Tak Jadi Oposisi

Gegara Salah Ketik ‘Posisi’, Prabowo Tak Jadi Oposisi

Jum'at, 19 Jul 2019 03:49

Sepele Makanan

Sepele Makanan

Jum'at, 19 Jul 2019 02:37

Terlibat Bantai Muslim Rohingya, Kepala Militer Myanmar Dilarang Masuk ke AS

Terlibat Bantai Muslim Rohingya, Kepala Militer Myanmar Dilarang Masuk ke AS

Kamis, 18 Jul 2019 22:33

Dua Garis Biru dan Urgensi Pendidikan Seks

Dua Garis Biru dan Urgensi Pendidikan Seks

Kamis, 18 Jul 2019 22:26

Dehumanisasi Warga Suriah Mirip dengan Kampanye Genosida Muslim Bosnia

Dehumanisasi Warga Suriah Mirip dengan Kampanye Genosida Muslim Bosnia

Kamis, 18 Jul 2019 21:18

Kelompok Bersenjata Culik Anggota Parlemen Libya di Benghazi

Kelompok Bersenjata Culik Anggota Parlemen Libya di Benghazi

Kamis, 18 Jul 2019 20:26

Mantan PM Pakistan Ditangkap atas Tuduhan Korupsi

Mantan PM Pakistan Ditangkap atas Tuduhan Korupsi

Kamis, 18 Jul 2019 20:17

Wow! 21.000 Orang dari 162 Negara Mendaftar dalam Lomba Hapalan Al-Qur'an dan Adzan di Arab Saudi

Wow! 21.000 Orang dari 162 Negara Mendaftar dalam Lomba Hapalan Al-Qur'an dan Adzan di Arab Saudi

Kamis, 18 Jul 2019 20:15

Ini Poin-poin Penting Hasil Rakornas Bidang Infokom MUI 2019

Ini Poin-poin Penting Hasil Rakornas Bidang Infokom MUI 2019

Kamis, 18 Jul 2019 19:53

Pejuang Islamic State Penggal 4 Orang Mata-mata Pasukan Keamanan di Sinai Utara

Pejuang Islamic State Penggal 4 Orang Mata-mata Pasukan Keamanan di Sinai Utara

Kamis, 18 Jul 2019 19:15

Rusia Terjunkan Pasukan Khusus ke Idlib untuk Bantu Rezim Assad Rebut Benteng Terakhir Oposisi

Rusia Terjunkan Pasukan Khusus ke Idlib untuk Bantu Rezim Assad Rebut Benteng Terakhir Oposisi

Kamis, 18 Jul 2019 18:15

Pemimpin Senior Hamas Sebut Hubungan Mereka dengan Rezim Suriah Telah Putus Sejak 2012

Pemimpin Senior Hamas Sebut Hubungan Mereka dengan Rezim Suriah Telah Putus Sejak 2012

Kamis, 18 Jul 2019 17:15

Gerakan Bersenjata di Sudan: Deklarasi Politik Tidak Akan Mencapai Perdamaian

Gerakan Bersenjata di Sudan: Deklarasi Politik Tidak Akan Mencapai Perdamaian

Kamis, 18 Jul 2019 16:15


Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X