Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.136 views

Blessing In Disguise

Oleh: M Rizal Fadillah (Pemerhati Politik dan Kebangsaan)

"Blessing in disguise" terjemah sederhananya keuntungan tersamar. Sesuatu yang mungkin awalnya dianggap buruk ternyata mengandung kebaikan. Sesuatu yang didapat diluar dugaan atau tidak direncanakan. Bahasa agamanya "min haitsu la yahtasib".

Peristiwa politik kini khususnya soal RUU Haluan Ideologi Pancasila adalah hikmah di tengah bencana. Ada "blessing in disguise" bagi bangsa Indonesia dari "skandal" ini.

Sekurangnya empat hal, yaitu :

Pertama, yang biasa teriak-teriak "saya Pancasila" ketika Pancasila diganggu ternyata diam saja. Ini kaum munafikun.

Kedua, umat Islam yang biasa dipojokkan anti Pancasila justru kini terbukti yang berada paling depan dalam membela Pancasila.

Ketiga, umat Islam menjadi bersatu. MUI, NU, Muhammadiyah, Persis, DDII dan lainnya satu sikap. Kekuatan umat tergalang baik pusat maupun daerah.

Keempat, terkuak platform perjuangan PDIP yang dapat melemahkan atau potensial mengubah dan membahayakan Pancasila. Ada Trisila dan Ekasila.

Awalnya tentu percaya diri PDIP sebagai pengusul untuk dapat melalui proses tahapan menuju RUU tanpa hambatan. Mayoritas fraksi DPR bisa dilobby. Saat ketuk palu di paripurna yang dinilai cacat hukum pun tidak ada yang protes. Mulus saja.

Setelah menjadi RUU barulah menggelombang aksi protes. Berbagai pernyataan sikap dikeluarkan oleh elemen-elemen masyarakat. Penolakan luar biasa masif. Isu RUU beraroma PKI dan Komunisme terus menggema. PDIP kalang kabut menjadi tertuduh.

Pandangan agama "blessing in disguise" adalah kebenaran yang sesuai dengan rencana Allah. Artinya makar manusia yang belum tentu terealisasi. Dapat berantakan.

"Wa makaruu wa makarallah, wallahu khoirul maakiriin" (Mereka punya makar dan Allah punya makar pula. Dan Allah lah sebaik-baik pembuat makar)--QS Ali Imron 54.

RUU HIP sejak awal adalah makar (rencana) itu namun Allah tunjukkan akan makar-Nya. Kini terbukti makar Allah sedang berjalan. Kita akan melihat betapa hebat Allah membuka kedok makar manusia. Allah itu sebaik baik pembuat makar (rencana).

"Blessing in disguise" bagi orang yang beriman adalah bukti-bukti. Umat Islam sepanjang berjuang keras di jalan-Nya maka akan ada banyak menerima "blessing in disguise".

Oleh karenanya pada bidang apapun di samping melakukan langkah kalkulatif mengikuti hukum sebab akibat, namun mesti mendapatkan dan kejar pula "karunia Allah yang tak terduga" melalui sebab perjuangan yang berani dan sungguh-sungguh.

"Walladziina jaahaduu fiinaa lanahdiyannahum subulanaa" (Dan mereka yang bersungguh-sungguh berjuang di jalan Allah, maka pasti Allah akan membukakan jalan-jalan-Nya)--QS Al Ankabuut 69.

"Nashrun minallah, wa fathun qariib"
(Pertolongan itu dari Allah dan kemenangan pun dekat)---QS AS Shaff 13.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X