Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.544 views

Islam Apa?

 

Oleh:

Chusnatul Jannah || Lingkar Studi Perempuan dan Peradaban

 

PERNAHKAH kita ditanya, "Mbak, madzhabnya pakai apa? Islamnya aliran apa?" Sebagian dari kita berinteraksi dengan beragam karakter manusia mesti pernah dilayangkan pertanyaan serupa. Bagi saya, Islam ya Islam. Islam itu mengakar. Dari akar bermunculan aturan cabang. Disitulah pancaran sebuah ideologi Islam yang telah lama ditinggalkan oleh pemeluknya. 

Islam itu sempurna. Mengatur kehidupan individu hingga negara. Islam itu indah. Di sana terdapat jawaban bagi persoalan hidup manusia. Tidak hanya soal ibadah dan akhlak. Tapi Islam juga mengatur muamalah dan uqubat. 

Islam itu cahaya yang masuk ke relung hati mereka yang ingin mendapat hidayah. Islam adalah anugerah bagi mereka yang terlahir sebagai muslim. Islam adalah rahmat bagi mereka yang menemukan jati diri hakiki manusia sebagai hamba. 

Umat yang terkotak-kotak dengan prinsip madzhab, manhaj, dan aliran tertentu harusnya tak surutkan visi besar Islam. Yakni persatuan dan kebangkitan . Persatuan dengan ikatan akidah Islam mestinya menjadi titik balik umat terbaik ini. Kebangkitan pemikiran umat menjadi poin penting mengembalikan posisi Islam sebagai mercusuar peradaban. 

Sebagaimana yang diberitakan dari tanah Timur Eropa. Setelah 86 tahun menjadi museum, kini bangunan agung warisan wakaf Sultan Muhammad Al Fatih itu kembali ke posisi semula. Aya Sofya, adalah indikasi kebangkitan Islam kian menggema. 

Dari Aya Sofya kita kembali diingatkan. Islam tak akan mulia tanpa perisai yang melindunginya. Yakni negara Khilafah. Islam bisa kembali berjaya manakala ia diterapkan dalam kehidupan secara kafah (menyeluruh). 

Masa ini bukanlah saatnya saling menjatuhkan sesama saudara seiman. Semestinya Islamlah perekat sejati kita. Jangan bertanya lagi, kamu Islam apa, Anda bermanhaj apa, atau kalian Islam ala siapa. Jawab saja serentak. Kami Islam yang sesuai Al quran dan As sunnah. Allah tujuan kita. Rasulullah teladan kita. Islam jalan hidup kita. Itulah visi besar kita. 

Mari menemukan banyak kesamaan. Bukan membuat perbedaan besar. Hal itu hanya menambah jurang pemisah. Bukankah Rasulullah mencintai umatnya yang bersatu padu dalam kekuatan iman? Bukan berpecah belah dalam persoalan cabang? 

Bukankah kita sama-sama menginginkan Islam menang? Maka, lihat dan perhatikan baik-baik siapa musuh dan siapa teman. Jangan kebolak balik. Yang seiman dianggap musuh, yang harusnya musuh dianggap teman. Fatal. 

Untuk menghilangkan kefatalan itu, apa yang harus dilakukan? Ubah pemikiran yang bertentangan dengan Islam. Dari situ akan lahir pemahaman benar. Penyakit pemikiran umat saat ini adalah sekularisme, liberalisme, kapitalisme, hedonisme, dan isme-isme lainnya. 

Cara terbaik adalah memperbarui iman dengan pemikiran Islam. Bukan mencampur kebenaran dengan kebatilan. Sebab, kebatilan selamanya tak akan berkawan dengan Islam. 

Sungguh indah nasihat Imam Malik bin Anas rahimahullah, "Tidak akan menjadikan baik generasi akhir umat ini kecuali dengan sesuatu yang telah menjadikan baik generasi awalnya." Rahasia gemilangnya generasi awal Islam adalah ketundukan dan ketaatan mereka pada Al quran dan As sunnah. Maka dari itu, jika menginginkan umat ini baik, haruslah meneladani apa yang mereka contohkan. 

Kenalilah Islam apa adanya. Islam yang sesuai dengan apa yang diperintahkan Allah dan Rasul-Nya. Sudah saatnya satukan pemikiran dan perasaan Islam kita. 

Sungguh rugi, mereka yang berjuang demi kepentingan diri dan golongan. Penyakit ashobiyah yang masih menjalar di tubuh umat. Padahal kelak di akhirat, kita berada dalam naungan yang sama. Naungan Allah subhanahu wa ta'ala. Meminta syafa'at yang sama. Yaitu sebagai Umat Muhammad Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. 

Kelak, kita tak akan ditanya Islam apa dan manhaj mana. Surga Allah diperuntukkan bagi mereka yang mengamalkan sesuai tuntunan Allah dan Rasul-Nya. Yang dinilai adalah   derajat takwanya. Seberapa besar amal salih kita. Seberapa besar kita berjuang mengembalikan kehidupan Islam. Berlomba dalam kebaikan. Bukan berlomba menabur permusuhan antar kelompok Islam.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X