Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.701 views

Ribuan Kuburan Massal Ditemukan Di Kashmir

Khasmir (voa-islam.com) - Kelompok hak asasi manusia (HAM) di Kashmir India pada Selasa (01/12) mengungkapkan temuan kuburan tanpa tanda berisi ribuan mayat di wilayah dilanda perlawanan selama survei tiga tahun pada puluhan desa.

Pengadilan Rakyat Antarbangsa atas Hak Asasi Manusia dan Keadilan, yang menyebut 8.000 orang hilang dalam perlawanan 20 tahun itu, menyatakan menemukan mayat tak dikenal terkubur di desa berbatasan dengan Kashmir kelolaan Pakistan.

Kelompok mandiri berpusat di Srinagar itu menyatakan laporannya, yang akan disiarkan pada Rabu, mencatat 2.700 makam tak dikenal, tak bertanda dan massal, yang berisi sedikit-dikitnya 2.900 mayat.

Kelompok hak asasi antarbangsa pada masa lalu meminta penyelidikan apakah kuburan tak bertanda itu berisi mayat penduduk, yang "hilang" saat pasukan keamanan India memerangi pemberontakan di daerah berpenduduk sebagian besar Muslim tersebut.

Polisi, yang berbicara dengan syarat namanya dirahasiakan, menyatakan kebanyakan mayat itu mungkin pejuang Pakistan, yang tewas dalam pertempuran dengan tentara India.

"Pejuang itu selalu dimakamkan sebagai yang tak dikenal," katanya.

Pada tahun lalu, polisi mengakui terdapat lebih dari 200 makam tak bertanda di satu tempat, tapi bersikeras berisi mayat pejuang, bukan penduduk.

Polisi menyatakan tidak mungkin mengenali setiap pejuang tewas dalam baku tembak di Kashmir India, yang dilanda perlawanan terhadap kekuasaan New Delhi sejak 1989.

Di seluruh penjuru negara bagian itu, jumlah kematian terkait dengan perlawanan turun menjadi sekitar satu sehari dari puncaknya 10 sehari pada 2001.

Kekerasan turun setelah India dan Pakistan meluncurkan upaya perdamaian, yang bergerak lamban, untuk menyelesaikan masa depan Kashmir.

Perbatasan nyata memisahkan Kashmir antara India dan Pakistan, dua negara berkekuatan nuklir, yang mendaku secara keseluruhan wilayah itu.

Dua dari tiga perang antara kedua negara itu meletus akibat masalah Kashmir, satu-satunya negara bagian berpenduduk sebagian besar Muslim di India, yang mayoritas penduduknya beragama Hindu.

Lebih dari 47.000 orang --warga, pejuang dan petugas keamanan-- tewas dalam perlawanan di Kashmir India sejak ahir 1980-an.

Pejuang Kashmir menginginkan kemerdekaan wilayah itu dari India atau penggabungannya dengan Pakistan, yang berpenduduk beragama Islam.

Pejuang Kashmir menginginkan kemerdekaan wilayah itu dari India atau penggabungannya dengan Pakistan, yang berpenduduk beragama Islam.

New Delhi menuduh Islamabad membantu dan melatih pejuang Kashmir India. Pakistan membantah tuduhan itu, namun mengakui memberikan dukungan moral dan diplomatik bagi perjuangan rakyat Kashmir untuk menentukan nasib mereka.

Serangan pada tahun lalu di Mumbai, ibukota niaga dan hiburan India, memperburuk hubungan India dengan Pakistan.

New Delhi menghentikan pembicaraan dengan Islamabad, yang dimulai pada 2004, setelah serangan Mumbai pada November tahun lalu, yang menewaskan lebih dari 166 orang.

India menyatakan memiliki bukti bahwa "badan resmi" di Pakistan terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan serangan itu, yang tampak menunjuk pada badan sandi dan tentara Pakistan. Islamabad membantah tuduhan tersebut.

Dua gerilyawan muslim dan seorang prajurit India tewas dalam tembak-menembak di perbatasan, yang memisahkan Kashmir antara India dan Pakistan, kata tentara India pada ahir November.

Kekerasan itu terjadi ketika kepala kepolisian daerah Kuldeep Khuda mengatakan kepada wartawan bahwa sekitar 700 pejuang bergerak di Kashmir. (eb)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X