Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.865 views

Al Qaidah Klaim Tanggung Jawab Serangan Ke Dubes Inggris di Yaman

SANAA (voa-islam.com): Al-Qaidah di Semenanjung Arab (AQAP) yang berbasis di Yaman telah mengaku bertanggung jawab atas serangan bom kepada Duta Besar Inggris di Yaman bulan lalu.

AQAP yang juga mengaku bertanggung jawab atas upaya bom Natal tahun lalu di maskapai penerbangan, menyatakan bahwa calon pembunuh Duta Besar Inggris itu bernama Noman Usman al-Salwi, yang kepalanya ditemukan 50 meter dari lokasi ledakan.

Duta Besar Inggris, Tim Torlot, seorang diplomat 52 tahun yang telah bekerja di negara Arab sejak Juli 2007 lolos dari maut namun cedera saat al-Salwi yang mengenakan rompi bom menabrakkan dirinya ke kendaraan duta besar yang berlapis baja di ibukota, Sanaa.

Berdasarkan pemantauan SITE Intelejen, sebuah komunike dari AQAP mengidentifikasi al-Salwi sebagai anggota 'Brigade Sheikh Abu Omar al-Baghdadi,' AQAP menyatakan Britania sedang melakukan sesuatu yang jahat di Semenanjung Arab dan menyatakan jika Inggris berperan dalam pendirian negara Israel.

Al-Salwi, 22 tahun, sebelumnya pernah dipenjara selama dua tahun karena dicurigai berhubungan dengan al-Qaida.

Mr Torlot dilaporkan berada sekitar 600 meter dari kantor kedutaan besar di Sanaa, yang dekat dengan kantor kepentingan AS di Yaman, ketika serangan itu datang. Dia biasanya melakukan perjalanan dengan mobil lapis baja diikuti oleh kendaraan pengawalan polisi bersenjata. Kedutaan Inggris itu sendiri dilindungi oleh kawat berduri dan pos-pos dengan senapan mesin serta kantung-kantung pasir yang diawaki oleh pasukan Yaman. Menunjukkan ketakukan kedutaan asing akan upaya-upaya serangan yang akan terjadi.

Kedutaan Besar Inggris pernah ditutup pada bulan Januari setelah sumber-sumber intelijen Yaman mengatakan bahwa sebuah sel Al-Qaidah sedang merencanakan untuk menargetkan dan menyerang kedutaan AS.

Serangan itu memunculkan kekhawatiran tentang keamanan di Yaman, di mana AQAP, sebuah organisasi Al-Qaidah yang relatif baru, telah bertambah kuat selama kurun waktu setahun, dan terus membangun kemampuannya. Baru-baru ini mereka membuka sebuah kamp pelatihan di selatan negara itu, yang mempunyai lebih dari 400 pejuang siap mati, di antaranya berasal dari Yaman, Saudi dan Somalia.

Yaman sekarang dianggap sebagai "surga" terbesar ketiga untuk Al-Qaida, dan AQAP diharapkan menjadi ancaman utama. Organisasi ini telah meluncurkan serangan baik di dalam dan luar negeri Yaman, termasuk upaya serangan yang belum berhasil terhadap seorang pangeran Saudi yang bertugas memerangi ekstrimisme di negara Arab.

Kelompok ini menjadi terkenal pada Desember lalu ketika seorang pemuda 23 tahun asal Nigeria bernama Umar Farouk Abdulmautallab, yang diduga mencoba meledakkan sebuah pesawat AS Detroit pada Hari Natal mengakui bahwa ia telah dilatih di Yaman. Abdulmutallab mengatakan bahwa ia telah diberi alat peledak, yang dijahit ke celana nya, setelah ia sekolah berbahasa Arab di Sanaa dan menghadiri kamp pelatihan Al-Qaidah.

Pemerintah Yaman sendiri telah meluncurkan beberapa kali serangan terhadap Al-Qaida di negeri itu, tapi para ulama senior Yaman mengancam akan mengumumkan jihad, atau perang suci, jika tentara asing (Barat) dikerahkan di dalam negeri Yaman.

[za/time]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X