Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.201 views

Latifa : Muslimah Maroko di Belanda

ALMERE (voa-islam.com): Latifa Ennahachi adalah seorang muslimah asal Maroko. Namun ia lebih merasa sebagai seorang muslimah ketimbang sebagai seorang Maroko.

Perempuan berjilbab ini membedakan antara identitas Maroko dan muslim.

Latifa: "Bedanya, sebagai seorang muslimah kita berbuat sesuai dengan ajaran Al Quran. Menjalankan ajaran dan kewajiban Islam seperti mengenakan jilbab, berpuasa dan menjalankan nilai dan norma Islam terhadap orang lain. Sementara tabu itu budaya"

Sebagai contoh adat Maroko adalah larangan bagi seorang perempuan berbicara dengan lelaki. "Menurut adat ini adalah skandal, " tandas Latifa.

Menurut Latifa ini tidak ada larangan berjumpa antara lelaki dan perempuan. Islam membolehkan kedua jenis yang berbeda itu berkomunikasi dan berdiskusi. Itu adalah salah satu hak seorang muslimah, tandasnya.

Informasi tentang Islam
Latifa sangat giat di kelompok perempuan multikutural di Almere. Para perempuan yang terdiri dari berbagai bangsa ini berjumpa sebulan sekali untuk menyulam bersama. Sambil menyulam mereka juga membicarakan hal-hal yang serius seperti pendidikan, diskriminasi dan politik. Bagi Latifa  pertemuan ini sangat berguna untuk memberi informasi yang tepat tentang Islam dan muslim.

Latifa: "Kalau mereka ada pertanyaan - dan sekarang mereka sudah kenal saya - mereka gampang  ajukan pertanyaan itu ke saya. Selain itu saya sering mampir ke rumah mereka dan mereka juga sering mengunjungi rumah saya."

Pertanyaan-pertanyaan mereka, lanjut Latifa, antara lain soal kewajiban mengenakan jilbab. Di samping itu mereka juga sering bertanya tentang lelaki Maroko. Menurut kacamata orang Belanda awam, Islamlah yang menyebabkan lelaki Maroko menindas para perempuan. Perempuan hanya boleh berjalan di belakang lelaki, misalnya.

Hiasan
Ini semua bukan ajaran Islam, tandas Latifa. Ia mengatakan, bahwa perempuan ibarat hiasan bagi lelaki dan begitu juga sebaliknya.  "Ia bisa memakai hiasan itu kapan saja. Tapi ia juga harus berusaha agar hiasan itu tidak kekurangan apa-apa. Mencintainya dan menghargainya, " katanya.

Belakangan kehidupan warga muslim di Eropa dan juga di Belanda sepertinya makin sulit. Banyak orang Belanda dan terutama para politisi yang mulai bosan atas kehadiran umat Islam.

Latifa merasakan hal itu. Tiap kali kalau ada seorang muslim melakukan sesuatu yang negatif,  umat Islam harus berusaha menunjukkan bahwa Islam tidaklah demikian.

Di Almere PVV, partai anti Islam pimpinan Geert Wilders, menjadi partai terbesar sesuai hasil pilda yang lalu. "Saya tidak peduli dengan itu, " katanya. "Saya melihat banyak hal lain di sekeliling saya. Saya melihat bukan hanya PVV saja yang ada. Bukan hanya Wilders saja yang ada. Banyak orang Belanda lebih baik dari Wilders. Wilders mimpi."

Walhasil perempuan asal Maroko ini melihat masih banyak hal-hal positif di Belanda. Untuk itu, katanya, kita harus bekerjasama. Jangan terpengaruh oleh seorang penyebar kebencian seperti Geert Wilders.

[za/rnw]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Jum'at, 12/04/2024 13:42

Generasi Enggan Menikah, Apa yang Salah?