Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.992 views

Libya Dan Eropa Lebaran Kamis, Mayoritas Negeri Muslim Jumat

RIYADH (voa-islam.com): Dewan Kerajaan Arab Saudi telah mengeluarkan pernyataan bahwa hari Kamis tanggal 9 September 2010 adalah melengkapi hari ketiga puluh hari Ramadan, dan pada hari Jumat tanggal 10 September 2010 adalah hari raya Idul Fitri atau permulaan bulan Syawal tahun ini.

Di Yordania,Ketua Mahkamah Agung Ahmad Hillel dihadapan Kerajaan Yordania Hashemit mengatakan"Karena tidak ada kepastian terlihatnya bulan baru bulan Syawal 1431 Hijriah malam ini secara syarie, maka hari Kamis adalah hari yang melengkapi tiga puluh hari Ramadhan, dan oleh karena itu hari Jumat adalah hari pertama bulan Syawal tahun 1431 yaitu hari raya Idul Fitri".

Sebagaimana Mufti Mesir juga mengumumkan bahwa besok hari Kamis melengkapi bulan suci Ramadan dan lusa hari Jumat adalah hari pertama Idul Fitri.

Di Beirut, Dar Al-Fatwa, otoritas tertinggi Sunni di Lebanon mengumumkan bahwa "Kamis besok adalah melengkapi bulan suci Ramadan, karenanya hari Jumat adalah hari pertama Idul Fitri".

Di Irak, Dewan Wakaf Sunni mengumumkan bahwa Jumat adalah hari pertama Idul Fitri.

Sebagaimana juga Mufti Besar Palestina, Sheikh Mohammad Hussein mengumumkan bahwa hari Jumat adalah hari pertama Idul Fitri.

Mufti Tunisia Osman Bithikh mengumumkan bahwa Jumat 10 September 2010 bertepatan dengan permulaan Syawal 1431, adalah hari pertama Idul Fitri di Tunisia setelah tidak bulan sabit tidak bisa terlihat.

Dan ini juga telah diumumkan oleh Kuwait dan UEA, Qatar, Bahrain, Yaman dan Sudan bahwa hari Jumat 10/09/2010 adalah hari pertama Idul Fitri, dan besok adalah melengkapi bulan Ramadhan.

Di sisi lain, Dewan Eropa untuk Fatwa dan Pengkajian telah mengumumkan bahwa hari Kamis adalah hari pertama Idul Fitri, hal itu datang berdasarkan "perhitungan astronomi yang teliti" sementara beberapa negara-negara Islam telah berusaha melihat bulan sabit Syawal setelah terbenam matahari pada hari Rabu.

Dewan Eropa dalam sebuah pernyataan menyebutkan bahwa "perhitungan astronomi yang teliti" menegaskan bahwa Kamis akan menjadi hari pertama bulan Syawal.

Di Libya, Pusat Ilmu Ruang Angkasa Libya jauh-jauh sebelumnya telah mengumumkan bahwa hari Kamis akan menjadi hari pertama Idul Fitri untuk tahun ini, berdasarkan studi astronomi dan perhitungan ilmiah yang disusun oleh Pusat, seperti dilansir dalam sebuah pernyataan beberapa hari lalu.

(ar/alarabiya)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X