Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.986 views

Saudi Kembali Tahan 6 Wanita Karena Langgar Larangan Mengemudi

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Pihak berwenang menahan enam wanita pada hari Kamis (09/06/2011) untuk mengemudikan mobil di ibukota karena melanggar hukum yang hanya mengizinkan pengendara laki-laki di jalan-jalan kerajaan.

Rasha Al-Duwaisi, salah satu dari mereka yang ditahan pada Kamis, menyebut sekelompok wanita itu berusia antara 21 hingga 30 tahun dan mengatakan mereka telah bertemu di sebuah distrik di Riyadh pada sore hari untuk mengajarkan satu sama lain cara mengemudi dengan menggunakan tiga mobil.

Mereka segera dibawa ke kantor polisi dan diperintahkan untuk memanggil wali laki-laki mereka (mahram) untuk menjemput mereka dari tahanan.

"Ini bukan pertama kalinya kami telah melakukan ini," kata Duwaisi kepada Reuters melalui telepon dari kantor polisi.

"Ini hak saya untuk mengemudi dan hak saya untuk mengetahui cara mengemudi. Saya menderita karena aku tidak bisa menyetir karena saya harus bergantung pada seorang sopir yang saya harus berbagi dengan empat orang lainnya. "

Banyak keluarga di Arab Saudi memiliki setidaknya satu sopir dengan gaji rata-rata sekitar 2.000 riyal Saudi (-+Rp 5 juta) per bulan. Mereka yang tidak mampu membayar sopir, menetapkan laki-laki anggota keluarga untuk menyopiri para perempuan.

Polisi lalu lintas tidak bisa segera dihubungi untuk mengomentari penangkapan hari Kamis.

..Ini hak saya untuk mengemudi dan hak saya untuk mengetahui cara mengemudi..

Dua dari tahanan lainnya merupakan saudari Duwaisi, katanya, seraya menambahkan bahwa ia bertemu dengan tiga lainnya di Facebook dan Twitter.

Pihak berwenang bulan lalu menangkap Manal Al-Sharif, yang memposting video dirinya mengemudi di Provinsi Timur di YouTube  dan menyerukan perempuan lain untuk melakukan hal yang sama.

Al-Sharif telah dibebaskan tetapi menghadapi tuduhan "mencemarkan reputasi kerajaan di luar negeri dan mengobarkan opini publik."

Wanita lain, Shaima Osama, juga ditangkap karena mengemudi bulan lalu di Jeddah. Dia juga kemudian dibebaskan.

Ribuan orang lelaki dan wanita Saudi bergabung di group Facebook yang menyerukan hak mengemudi bagi warga Saudi untuk diperluas bagi perempuan.

Perempuan di negara tersebut juga wajib memiliki persetujuan tertulis dari wali yang ditunjuk - ayah, suami, saudara atau anak - untuk pindah, bekerja atau bepergian ke luar negeri.

Kampanye bahwa Al-Sharif diluncurkan bertujuan mengajarkan perempuan untuk mengemudi dan mendorong mereka untuk turun ke jalan dari tanggal 17 Juni menggunakan lisensi mengemudi yang diterbitkan oleh pihak asing. (mb/an)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 30/04/2024 17:07

Ruh Islam