Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.723 views

Al-Shabaab Nyatakaan Kesetiaannya Pada Pemimpin Al-Qaeda Yang Baru

SOMALIA (voa-islam.com) - Setelah kelompok Taliban Pakistan (TTP) yang berafiliasi dengan Al-Qaeda mengumumkan dukungannya secara terbuka kepada Sheikh Ayman Al-Zawahiri, kini salah satu afiliasi A-Qaeda lainnya yang ada di Somalia, Gerakan Shabaab Al-Mujahidin atau yang lebih dikenal sebagai Al-Shabaab, ikut menyatakan dukungan secara terbuka kepada pemimin pengganti Sheikh Usamah Bin Ladin tersebut.

Juru bicara Al-Shabaab mengatakan bahwa kelompok pejuang Islam Somalia tersebut telah menyatakan sumpah setianya kepada Sheikh Ayman al Zawahiri, pemimpin baru Al Qaeda, dan akan mengikuti semua perintahnya.

Sheikh Ali Mohamud Rage, juru bicara Shabaab yang juga dikenal sebagai Ali Dheere, membuat pernyataan pada "stasiun Al-Andalus Islam," menurut sebuah terjemahan dari pernyataan oleh seorang jihadis internet. Pernyataan itu diposting hari ini (18/06) di forum yang terkait dengan Al Qaeda Shumukh Al Islam, dan terjemahan ini disediakan oleh Kelompok Intelijen SITE.

"Dalam sebuah inisiatif dan [sebuah demonstrasi dari], cinta loyalitas dan dukungan di antara para mujahidin di dunia, Gerakan Shabaab Al-Mujahidin mengumumkan pembaharuan kesetiaan kepada Amir Qaidah al-Jihad," kata pernyataan itu.

"Para Mujahidin di Somalia mengkonfirmasi ke mujahidin di Al-Qaida:" Anda lebih berpengalaman dari kami dan Anda memiliki pandangan lebih baik daripada kami bagi masa depan jihad dari umat Islam melawan musuh, sebagaimana pengalaman yang kami dapatkan sebelumnya dari anda. Kami menunggu instruksi Anda dan kami akan bertindak sesuai dengan apa yang Anda lihat dalam tahap mendatang untuk kepentingan jihad dan umat Islam, '"lanjut pernyataan itu, mengutip Rage.

..Dalam sebuah inisiatif dan [sebuah demonstrasi dari], cinta loyalitas dan dukungan di antara para mujahidin di dunia, Gerakan Shabaab Al-Mujahidin mengumumkan pembaharuan kesetiaan kepada Amir Qaidah al-Jihad..

Rage mengatakan bahwa Al-Shabaab dan "para mujahidin di Somalia merupakan bagian tak terpisahkan dari jihad umat Islam melawan invasi Tentara Salibis Zionis dari tanah Islam, dan mereka melihat Qaedat al-Jihad sebagai guru dimana mereka menemukan petunjuk dan saran."

"Mereka, para mujahidin di Somalia, berkata kepada sang Amir Al-Qaeda yang baru: 'Inilah kami, Inilah kami, dan kami sedang menunggu instruksi Anda," pernyataan itu menyimpulkan.

Sheikh Aiman al-Zawahiri secara resmi ditunjuk untuk memimpin Al-Qaeda oleh komando pusat kelompok pejuang Islam itu pada 16 Juni. Zawahiri telah menggantikna Sheikh Usamah Bin Ladin, pendiri dan amir Al-Qaeda yang memimpin kelompok pejuang Islam tersebut selama tiga dekade.

Latar Belakang hubungan Al-Shabaab dengan Al-Qaeda

Al-Shabaab bergabung dengan Al-Qaeda di bulan November 2008, setelah permintaan untuk bergabung dengan kelompok pejuang Islam internasional tersebut pada September 2008. Para petinggi Al-Qaeda, termasuk Sheikh Usamah Bin Ladin yang telah gugur, Sheikh Ayman al Zawahiri, dan Abu al Libi Yayha, memuji Al-Shabaab di kaset propaganda dan mendorong kelompok itu untuk melakukan serangan terhadap pemerintah Somalia, negara-negara tetangga yang mendukung TFG, dan Barat.

..Mereka, para mujahidin di Somalia, berkata kepada sang Amir Al-Qaeda yang baru: 'Inilah kami, Inilah kami, dan kami sedang menunggu instruksi Anda..

Al-Qaeda telah berperan dalam menunjuk pemimpin Al-Shabaab untuk menempati pos-pos penting dalam kelompok tersebut. Selama beberapa tahun terakhir, komandan Al-Qaeda telah mengambil alih beberapa posisi kepemimpinan teratas di Al-Shabaab.

Pada akhir 2009, Sheikh Usamah Bin Ladin menunjuk Fazul Abdullah Mohammed untuk bertugas sebagai kepala operasi Al-Qaeda di Afrika Timur; pengumuman ini dibuat dalam sebuah upacara di Mogadishu yang dihadiri oleh Ahmad Godane Zubayr, pemimpin spiritual Al-Shabaab. Pada saat itu, Fazul, yang telah didakwa atas keterlibatannya dalam serangan tahun 1998 di Kenya dan Tanzania bersama dengan Sheikh Usamah Bin Ladin, bertugas sebagai pejabat intelijen serta pemimpin militer senior Al-Shabaab. Fazul disebutkan gugur oleh pasukan Somalia di sebuah pos pemeriksaan di luar Mogadishu pada 3 Juni 2011. Pada tahun-tahun sebelumnya, Fazul mencari bimbingan dari Usamah Bin Ladin, menurut beberapa pejuang Islam yang ditahan di penjara Guantanamo.

Beberapa agen lapangan asing Al-Qaeda lainnya juga memegang posisi kunci dalam kepemimpinan Al-Shabaab. Syaikh Muhammad Abu Fa'id, warga Saudi, berfungsi sebagai kepala ahli keuangan dan "manajer" untuk Al-Shabaab. Abu Musa Mombasa, seorang warga negara Pakistan, bertugas sebagai kepala keamanan dan pelatihan Al-Shabaab. Mahmud Mujajir, seorang warga Sudan, adalah kepala perekrutan untuk pelaku bom jihad Al-Shabaab. Abu Mansour Al Amriki, seorang warga negara AS, berfungsi sebagai komandan militer, perekrut, pendana, dan propagandis.

Kepemimpinan pusat Al Qaeda, yang berbasis di Pakistan, baru-baru menginstruksikan Al-Shabaab untuk mengecilkan link untuk kelompok pejuang Islam itu tetapi terus menargetkan kepentingan AS di kawasan tersebut, kata seorang pejabat senior intelijen AS yang erat mengamati Al-Qaeda dan Al-Shabaab di Afrika Timur kepada The Long War Journal pada bulan Juni 2010. Laporan itu dikonfirmasi oleh informasi intelijen yang disita di kompleks Sheikh Usmah Bin Ladin di Abbottabad, Pakistan.

..Al-Shabaab bergabung dengan Al-Qaeda di bulan November 2008, setelah permintaan untuk bergabung dengan kelompok pejuang Islam internasional tersebut pada September 2008..

Di masa lalu, Rage telah secara terbuka menyerukan kepada Al-Qaeda untuk mengirim lebih banyak pejuang ke Somalia untuk melawan Pemerintah Transisi Federal dan pasukan Uni Afrika dari Uganda dan Burundi.

"Kami menyerukan kepada saudara-saudara kita [Al-Qaeda] untuk datang ke Somalia dan untuk membantu kami memperluas jihad Afrika Timur," kata Rage kepada wartawan dalam konferensi pers di Mogadishu pada bulan Desember 2010, ketika mengumumkan pengambilalihan kelompok pejuang Islam saingan.

Al-Shabaab dianggap oleh beberapa pejabat militer AS dan intelijen menjadi salah satu afiliasi Al-Qaeda yang paling sukses. Al-Shabaab telah mengalahkan Hizbul Islam, sebuah kelompok pejuang Islam saingan yang kemudian melebur ke mereka, dan telah mengambil kendali dari banyak wilayah selatan dan tengah Somalia setelah melakukan pemberontakan terhadap pasukan Ethiopia dan Pemerintah Transisi Federal (TFG)yang didukung PBB.

Pasukan Somalia dan pasukan penjaga perdamaian Uni Afrika dari Uganda dan Burundi sedang memerangi Al-Shabaab di Mogadishu, Somalia selatan serta Somalia tengah dalam upaya untuk mendapatkan kembali kendali atas ibukota dan sekitarnya. Al-Shabaab telah kehilangan beberapa wilayah di Mogadishu namun masih mengendalikan daerah-daerah besar lainnya di Somalia pusat dan selatan. (aa/lwj)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X