Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.366 views

15 Orang Tewas dalam Ledakan Kembar di Lingkungan Syiah Baghdad

BAGHDAD, IRAK (voa-islam.com) - Pejabat- pejabat Irak mengatakan dua ledakan di distrik Sadr City di Baghdad yang didominasi warga Syiah telah menewaskan sedikitnya 15 orang dan melukai 31 lainnya.

Sebuah laporan awal mengatakan bahwa bom mobil tersebut menargetkan kantor tokoh Syiah Irak berpengaruh Muqtada Al-Sadr di Baghdad.

Ini merupakan serangan besar terbaru yang menghantam ibu kota itu dalam waktu kurang dari sepekan.

Sebuah bom pinggir jalan meledak Kamis malam diikuti ledakan kedua yang lebih kuat, di daerah sama ketika orang berkerumun di tempat ledakan pertama.

Kekerasan hari Kamis itu terjadi sehari setelah serangkaian serangan bom yang umumnya menarget polisi, menewaskan sedikitnya 25 orang di Baghdad. Umumnya kematian itu terjadi dalam serangan bom mobil bunuh diri di luar kantor polisi di Baghdad pusat dan lainnya di distrik Hurriyah, Baghdad utara.

Seangkaian ledakan di Baghdad hari Senin menewaskan sedikitnya 10 orang.

Kekerasan di Irak telah menurun tajam sejak puncak pertempuran sektarian tahun 2006 dan 2007, tetapi pemboman dan penembakan masih terjadi secara berkala. (by/voa)

Mogadishu: Takut perang baru, ratusan anak-anak Somalia dimuat dan barang rumah tangga pada keledai gerobak bertenaga Rabu di lingkungan Mogadishu utara di mana militan mengambil posisi.

Pejuang dari kelompok militan Al-Shabab menggali parit baru dan jalan-jalan diblokir dengan karung pasir, warga mengatakan, sebagai minivan dan gerobak kayu pindah menggunakan gang-gang dan jalan-jalan samping untuk menghindari penembak gelap. Muda, anak-anak bertelanjang kaki menyeret tas berjalan selama berjam-jam dengan orang tua mereka, beberapa di antaranya digunakan gerobak yang ditarik oleh keledai untuk meninggalkan daerah itu.

Pertempuran pecah pada akhir pekan dan berlangsung sampai Senin, menewaskan sedikitnya 20 warga sipil dan seorang tentara Uni Afrika. Pejabat militer Somalia telah meminta warga di dekat Al-Shabab-diadakan daerah untuk pergi, dan ketenangan dalam pertempuran telah membuka jendela waktu untuk liburan yang aman.

"Kami sangat beruntung telah melarikan diri dari sana dengan aman," kata Ali Shikhow, ayah dari enam, saat ia diturunkan barang-barang miliknya dari sebuah minivan di stasiun bus Mogadishu Hodan. "Saya yakin banyak orang tidak bisa pergi karena mereka tidak mampu membayar penyewaan mobil mahal tidak logis," tambahnya. "Saya membayar $ 150 untuk mendapatkan keluarga saya dan beberapa peralatan dan kasur keluar dari sana."

Hujan musiman di Mogadishu telah ditambahkan ke penderitaan baik warga melarikan diri dari pertempuran dan hidup Somalia di kamp-kamp darurat kelaparan. Sebuah bencana kelaparan skala besar di negara itu mengancam ratusan ribu jiwa, dan puluhan ribu warga Somalia yang melarikan diri kelaparan di selatan negara itu kini tinggal di tenda-tenda di Mogadishu terbuat dari tongkat dan kain.

Al-Shabab telah menguasai sebagian besar Mogadishu selama beberapa tahun, tetapi kelompok melarikan diri ibukota dalam Agustus dalam apa yang dikatakan pemimpinnya adalah penarikan taktis. Kelompok militan telah sejak kembali, meskipun. Para pejuang meledakkan sebuah bom truk pekan lalu yang menewaskan lebih dari 100 orang sebagai mahasiswa mencoba untuk belajar jika mereka mendapatkan beasiswa untuk bersekolah di Turki.

Namun, hanya beberapa daerah aa tetap di tangan militan, dan pasukan Uni Afrika berusaha untuk mendorong para pejuang keluar dari benteng terakhir. Kolom besar pasukan Somalia dan pasukan Uni Afrika bergerak menuju saku mereka dalam beberapa hari terakhir merupakan indikasi bahwa pertempuran baru bisa keluar. "Kami tidak berani tinggal di sana karena tembakan mortir harian dan terbang di sekitar," kata Ubax Farah, yang melarikan diri dari Wahar Adde, lingkungan semi-sepi di Mogadishu utara, tempat gerilyawan memerintahkan penduduk untuk tidak menebang pohon ditumbuhi karena bisa memberikan yang baik penutup.

"Semua orang takut tertangkap oleh baku tembak. Satu-satunya pilihan adalah untuk melarikan diri, "katanya.

Hujan di Mogadishu telah dicuci keluar rumah darurat yang digunakan oleh warga Somalia lari kelaparan negara dan kekerasan yang melarikan diri. Sementara curah hujan yang disambut oleh para petani, hujan membuat penghuni kamp sengsara dan meningkatkan risiko wabah penyakit ditularkan melalui air.

"Kesulitan mengelilingi kita di kedua sisi, jadi kita harus mengambil keadaan baru (hujan) bukan yang lain (kekerasan)" kata Shukri Salad Sheikh, yang melarikan diri dari pertempuran.

Gaya Uni Afrika pada Senin mengatakan pertempuran militer terbaru diluncurkan untuk mendorong militan kembali dari berbagai mana mortir mereka bisa memukul warga sipil. Juru bicara Letnan Kolonel Paddy Ankunda mengatakan 12 warga sipil tewas Minggu dari serangan tersebut. Seorang pejabat medis mengatakan delapan orang lagi tewas dalam pertempuran pada Senin. Seorang tentara Uni Afrika juga meninggal.

Serangan dan pertempuran dengan Al-Shabab datang sebagai negara Tanduk Afrika terus menderita melalui kekeringan terburuk dalam 60 tahun. Puluhan ribu warga Somalia telah tewas, dan PBB mengatakan lebih dari 750.000 berada pada risiko kelaparan dalam beberapa bulan mendatang.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X