Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.425 views

Meksiko Gagalkan Rencana Untuk Seludupkan Anak Kadhafi

MEKSIKO (voa-islam.com) - Pemerintah Meksiko membongkar dan menggagalkan plot internasional untuk menyelundupkan anak terakhir pemimpin Libya Muammar Kadhafi, Saadi ke negara itu menggunakan nama palsu dan dokumen palsu, kata pihak berwenang Rabu.

Seorang wanita Kanada, seorang pria Denmark dan dua orang Meksiko ditangkap pada tanggal 10 dan 11 November atas rencana rumit untuk membawa Saadi Kadhafi, yang kini di Niger, dan keluarganya ke Meksiko menggunakan dokumen palsu, rumah aman dan penerbangan swasta, kata mereka.

Para pejabat Meksiko bertindak berdasarkan sebuah petunjuk pada September tentang jaringan tersebut, yang direncanakan untuk menempatkan keluarga itu dekat tempat wisata populer Puerto Vallarta di pantai Pasifik, Menteri Dalam Negeri Alejandro Poire mengatakan.

Dalam persiapan untuk kedatangan keluarga Saadi, jaringan kriminal tersebut membeli properti di seluruh Meksiko dan membuka rekening bank. Jaringan ini juga mengatur penerbangan swasta untuk menyelundupkan masuk keluarga itu dan mengatur identitas dengan nama palsu, termasuk Moah Bejar Sayed dan Amira Sayed Nader, kata pihak berwenang.

Para anggota komplotan itu sendiri menggunakan jaringan penerbangan antara Meksiko, Amerika Serikat, Kanada, Kosovo dan Timur Tengah untuk rencana rute dan mengatur logistik untuk kedatangan Saadi itu, kata Poire.

"Para pejabat Meksiko ... berhasil dalam menghindari risiko ini, mereka membongkar jaringan kejahatan internasional yang mencoba hal ini dan mereka menangkap orang-orang yang dianggap bertanggung jawab," katanya dalam konferensi pers.

Rencana itu adalah untuk membawa Saadi - seorang pengusaha dan mantan pemain sepak bola profesional - dan keluarganya ke sebuah perumahan mewah jutaan dolar di Punta Mita, surat kabar National Post Kanada melaporkan.

Punta Mita merupakan daerah mewah dengan hotel-hotel mewah sekitar 25 mil dari Puerto Vallarta.

..jaringan kriminal tersebut membeli properti di seluruh Meksiko dan membuka rekening bank. Jaringan ini juga mengatur penerbangan swasta untuk menyelundupkan masuk keluarga itu dan mengatur identitas dengan nama palsu, termasuk Moah Bejar Sayed dan Amira Sayed Nader..

Seorang wanita Kanada, Cynthia Ann Vanier, adalah tokoh dari plot tersebut dan langsung berhubungan dengan keluarga Kadhafi, pihak berwenang Meksiko mengatakan.

Mereka mengatakan warga Denmark, Pierre Kristen Flensborg, bertanggung jawab atas urusan logistik. Sedangkan tersangka asal Meksiko diidentifikasi sebagai Jose Luis Kennedy Prieto dan Gabriela Davila Huerta, juga dikenal sebagai de Cueto.

Meksiko, yang berjuang untuk meredam kekerasan yang mengamuk terkait narkoba, telah menghancurkan beberapa kartel utama menjadi geng-geng kriminal yang lebih kecil yang mungkin bersedia untuk membantu penjahat internasional dan militan, kata seorang akademisi yang mengkhususkan diri dalam isu-isu keamanan regional.

"Secara pantas atau tidak, Meksiko ... memiliki reputasi untuk melanggar hukum dan karena itu mungkin perhitungan bahwa jika Anda pergi ke Meksiko ... Anda dapat pergi dan bersembunyi," kata David shirk, direktur Institut Trans-Perbatasan di University of San Diego.

Pengacara Saadi Gaddafi Nick Kaufman mengatakan kliennya masih di Niger, di mana ia melarikan diri ketika pemerintahan 42 tahun ayahnya hancur pada bulan Agustus lalu. Niger telah mengatakan ia akan tetap di negara Afrika Barat tersebut sampai larangan perjalanan PBB dicabut.

"Dia sepenuhnya menghormati pembatasan yang ditempatkan atas dirinya saat ini oleh masyarakat internasional," kata Kaufman kepada Reuters.

Seperti banyak anggota senior rezim Kadhafi, Saadi dilarang bepergian dan aset yang dimilikinya dibekukan oleh resolusi Dewan Keamanan PBB ketika kekerasan meletus di Libya awal tahun ini.

Interpol telah mengeluarkan "red notice" yang meminta negara-negara anggota untuk menangkap Saadi dengan maksud untuk ekstradisi jika mereka menemukan dia di wilayah mereka. (an/reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X