Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.581 views

Holande 'Tendang' Incumbent Anti Islam Nicolas Sarkozy dari Kursi Presiden Prancis

PRANCIS (voa-islam.com) - Sosialis Francois Hollande akhirnya mengalahkan presiden anti-Islam dan anti imigran incumbent Nicolas Sarkozy dengan angka menentukan 51,9 persen dibanding 48,1 persen, berdasarkan hasil-hasil parsial, membawa kembali kiri-tengah ke pemerintahan setelah satu dekade dalam oposisi.

Francois Hollande menyapu kemenangan dalam pemilihan presiden Prancis pada hari Ahad dalam ayunan ke kiri di jantung Eropa yang bisa memulai sebuah tekanan kembali penghematan yang sebelumnya dipimpin Jerman.

Nicolas Sarkozy mengakui kekalahan dalam waktu 20 menit dari penutupan jajak pendapat terakhir jam 8 malam mengatakan ia telah menelepon pendukung Hollande untuk mendoakan keberuntungan.

"Saya memikul tanggung jawab penuh atas kekalahan ini," kata Sarkozy, yang menunjukkan ia akan menarik diri dari politik garis depan.

"Tempatku tidak bisa lagi sama. Keterlibatan saya dalam kehidupan negara saya akan berbeda dari sekarang.."

Dihukum karena kegagalannya untuk mengendalikan pengangguran 10 persen dan gaya pribadinya yang kurang ajar, Sarkozy adalah pemimpin zona euro-11 secara berurutan "dienyahkan" dari kekuasaan sejak krisis utang blok mata uang tersebut dimulai tahun 2009.

Para anggota sayap kiri yang gembira merayakan di luar markas Partai Sosialis dan memadati Paris Bastille square, di mana orang bersuka ria menari sepanjang malam pada tahun 1981 ketika Francois Mitterrand menjadi presiden Sosialis Perancis satu-satunya sebelumnya dipilih secara langsung.

Kemenangan jelas Hollande seharusnya memberikan momentum untuk menekan Kanselir Jerman Angela Merkel untuk menerima perubahan kebijakan terhadap mendorong pertumbuhan di Eropa untuk menyeimbangkan penghematan yang telah memicu kemarahan di seluruh Eropa selatan.

Marjin kokohnya juga memposisikan kaum Sosialis kuat untuk memenangkan mayoritas sayap kiri dalam pemilihan parlemen bulan depan, terutama karena Front Nasional anti-imigrasi diatur untuk membagi suara sayap kanan dan menyakiti partai UMP Sarkozy.

..Selain programnya, Hollande mendapat manfaat dari suasana hati kelompok anti-Sarkozy karena gaya abrasif pribadi presiden incumbent itu dan untuk kemarahan tentang kesuraman ekonomi..

Jika menang dalam pemilu dua putaran pada tanggal 10 dan 17, Partai Sosialis akan memegang tuas kekuasaan lebih dari sebelumnya dalam 43 tahun sejarah modern, dengan presiden, kedua majelis parlemen, hampir semua daerah, dan dua pertiga kota-kota Perancis berada di tangannya.

Bahkan sebelum hasilnya diumumkan, orang banyak berkumpul di kantor pusat Sosialis untuk tepuk tangan sorak kemenangan pertama presiden partai itu sejak Mitterrand terpilih kembali pada tahun 1988. Banyak melambaikan bendera merah dan beberapa membawa mawar, lambang partai itu.

Di Bastille square titik nyala Revolusi Perancis 1789 dan titik tradisional berkumpulnya kaum kiri untuk protes dan perayaan, para aktivis mulai berpesta sebelum jajak pendapat akhir ditutup dan bersorak saat layar TV raksasa menyampaikan hasilnya.

Hollande, seorang politisi karir berwatak halus, memimpin balapan dari awal sampai akhir pilpres, menguraikan program yang komprehensif pada bulan Januari berdasarkan menaikkan pajak, terutama yang berpenghasilan tinggi, untuk membiayai prioritas pengeluaran dan menjaga defisit publik dibatasi. Dia telah bersumpah untuk menyeimbangkan anggaran Perancis pada 2017, tapi ekonom mengatakan ia cenderung harus membuat pemotongan belanja publik segera.

Selain programnya, Hollande mendapat manfaat dari suasana hati kelompok anti-Sarkozy karena gaya abrasif pribadi presiden incumbent itu dan untuk kemarahan tentang kesuraman ekonomi yang sama yang telah dikesampingkan para pemimpin dari Dublin ke Lisbon dan Athena.

Sarkozy meluncurkan kampanyenya terakhirnya dan berbelok keras ke kanan di putaran kedua pemungutan suara saat ia mencoba memenangkan kembali pemilih berpenghasilan rendah yang dalam jajak pendapat menunjukkan telah membuang dirinya bagi kaum kiri radikal dan paling kanan.

Pada awal-awal kampanye putaran pertama, presiden Prancis Nicolas Sarkozy dinilai memanfaatkan sentimen anti-Islam untuk mengangkat popularitasnya yang tengah merosot. Sarkozy dituding menggalang simpati publik Prancis dengan gencar menangkap dan mengusir sejumlah ulama, termasuk mencekal sejumlah tokoh Muslim dunia memasuki negaranya. Namun Sarkozy berdalih, ia tengah memberantas “kelompok militan” di negaranya

Langkah gencar Sarkozy menangkapii para militan itu justru memantik reaksi negatif oposisi. Banyak kalangan, terutama oposisi, menuding itu sebagai bagian kampanye Sarkozy untuk memenangkan pemilihan presiden 22 April kemarin. Namun terbukti langkah-langkah tersebut dan juga keterpurukan ekomomi selama pemerintahannya telah membuatnya tidak populer di kalangan masyakat Prancis sehingga tidak memilihnya kembali untuk masa jabatan kedua.  (st/reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X