Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.621 views

Buntut Penembakan Jet Tempur,Turki Ancam Akan Balas Tindakan Suriah

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Pemerintah Turki mengancam akan membalas perlakuan Suriah yang menembak jatuh pesawat tempur mereka, meski demikian negara yang pernah menjalin hubungan erat dengan Damaskus tersebut tidak menjelaskan jenis tindakan apa yang akan diambil karena masih mencari dua pilot pesawat mereka yang hilang.

Suriah pada Sabtu (23/6/2012) mengatakan, menembak jatuh sebuah pesawat pengintai Turki karena pesawat tersebut memasuki wilayah udaranya, dan bersikeras itu "bukan merupakan serangan".

Penjatuhan pesawat tersebut semakin meningkatkan ketegangan antara kedua negara yang merupakan sekutu sebelum kekerasan pemberontakan 15-bulan Suriah, dan mengisyaratkan bahwa kekerasan yang mencengkeram Suriah semakin berdarah di luar perbatasannya.

Pesawat militer tersebut, berjenis F-4, jatuh di Laut Mediterania sekitar 13 kilometer dari kota Suriah Latakia, Turki mengatakan. Suriah mengklaim jet tersebut melanggar ruang udara di atas perairan teritorial mereka, menembus sekitar 1 kilometer. Dikatakan pasukan Suriah baru menyadari itu sebuah jet Turki setelah penembakan tersebut.

Dalam wawancara telepon dengan saluran berita TV Turki A Haber pada hari Sabtu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Suriah Jihad Makdissi mengatakan penembakan tersebut "bukan sebuah serangan."

"Sebuah benda tak dikenal memasuki ruang udara kita dan sayangnya sebagai hasilnya pesawat itu dijatuhkan. Baru dapat dipahami kemudian bahwa itu adalah pesawat Turki," A Haber mengutip pernyataan Makdissi. "Tidak ada tindakan bermusuhan melawan Turki apapun Itu hanya tindakan pertahanan untuk kedaulatan kami.."

Presiden Turki Abdullah Gul mengakui pesawat itu mungkin tidak sengaja melintas ke wilayah udara Suriah, tapi mengatakan tindakan seperti itu "rutin" untuk jet-jet untuk tidak sengaja menyeberangi perbatasan untuk periode singkat. Pemerintah belum dijelaskan tentang misi khusus pesawat tersebut.

Gul mengatakan pemerintahnya masih menyelidiki apa yang terjadi, tetapi "tidak ada yang harus memiliki keraguan bahwa apa pun (tindakan) yang diperlukan akan diambil."

Tidak jelas apakah tindakan tersebut akan melibatkan pembalasan militer, penambahan sanksi atau langkah-langkah lain, termasuk tuntutan kompensasi atau permintaan maaf.

Faruk Celik, Menteri Tenaga Kerja dan Keamanan Sosial Turki, mengatakan negaranya akan membalas "baik di bidang diplomatik atau memberikan jenis-jenis respon lain."

"Meskipun kita menganggap bahwa ada pelanggaran terhadap wilayah udara Suriah - meskipun situasi tersebut masih belum jelas - respon Suriah tidak diperbolehkan dengan menjatuhkan pesawat itu," kata Celik kepada wartawan. "Insiden ini tidak dapat diterima. Turki tidak dapat menahan diri dalam keheningan."

Suriah dan negara tetangganya Turki telah memelihara hubungan dekat sebelum pemberontakan Suriah dimulai pada Maret 2011, tetapi sejak itu Turki telah menjadi salah satu kritikus paling keras terhadap rezim Suriah. Turki menjadi tuan rumah kelompok oposisi sipil dan militer Suriah, termasuk ratusan tentara pembelot yang berafiliasi dengan Tentara Pembebasan Suriah (FSA) dan mengumpulkan makanan dan perlengkapan lainnya untuk disampaikan kepada rekan-rekan dengan rute penyelundupan.

Pemerintah Turki juga menduga Damaskus, yang bekerja sama dengan Turki dalam memerangi pemberontak Kurdi, saat ini menutup mata kepada pemberontak Kurdi yang berbasis di Suriah yang menjadi anggota Partai Pekerja Kurdistan, atau PKK yang dianggap sebagai organisasi teroris di AS dan Eropa

Turki telah bergabung dengan Amerika Serikat dan negara-negara lain dengan mengatakan bahwa Presiden Suriah Bashar Assad harus mengundurkan diri karena pemberontakan di negaranya yang telah menewaskan belasan ribu orang. Turki juga telah mendirikan kamp-kamp pengungsi di perbatasan untuk lebih dari 32.000 orang Suriah yang melarikan diri dari pertempuran.

Turki mengatakan setelah insiden penembakan perbatasan April - di mana dua orang di sebuah kamp pengungsi Turki meninggal-bahwa negara itu akan memanggil sekutu NATO-nya untuk campur tangan jika merasa keamanannya sedang terancam.

Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu bertemu dengan para pejabat militer hari Sabtu untuk menilai apa langkah yang harus diambil dan untuk mengkoordinasikan operasi pencarian dan penyelamatan untuk dua pilot hilang dan reruntuhan pesawat, kata kementerian itu. Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan diperkirakan akan membahas insiden tersebut dengan para pemimpin partai oposisi Turki, Ahad, dan menteri luar negeri akan membuat pernyataan pada hari yang sama, kata seorang pembantu.

Seorang pejabat Turki yang akrab dengan pertemuan itu mengatakan Turki sedang memeriksa rute radar pesawat dan data penerbangan lain untuk memastikan apakah pesawat itu terbang di atas wilayah Suriah ketika itu ditembak jatuh. Pejabat itu berbicara kepada The Associated Press pada kondisi anonimitas karena ia tidak berwenang untuk wartawan singkat dan akan tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Turki, yang gelisah dengan upaya eksplorasi gas Yunani Ciprus di sekitar pulau tersebut, diyakini telah meniningkatkan patroli baru-baru ini atas Mediterania timur. Beberapa analis telah berspekulasi bahwa pesawat itu mungkin telah memata-matai kemungkinan pemberontak PKK dekat perbatasan Turki. Menteri Luar Negeri AS Hillary Rodham Clinton awal bulan ini memperingatkan tentang sebuah massa pasukan Suriah dekat Aleppo, mengatakan sebuah pengerahan semacam itu dapat menjadi "garis merah" bagi Turki "dalam hal kepentingan strategis dan nasional mereka." (an/AP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X