Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.806 views

3 Tentara Thailand Tewas Saat Bangkok-BRN Mulai Perundingan Damai

KUALA LUMPUR, MALAYSIA (voa-islam.com) - Pemerintah Thailand dan kelompok pejuang Islam telah memulai perundingan perdamaian yang bertujuan untuk mengakhiri hampir satu dekade konflik di tiga provinsi paling selatan negara tersebut, Al Jazeera melaporkan.

Ahmad Zamzamin, seorang pembantu senior mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, yang memfasilitasi pembicaraan tersebut.

Putaran pertama pembicaraan hari Kamis antara pejabat keamanan Thailand dan perwakilan dari kelompok Revolusi Barisan Nasional di ibukota Malaysia Kuala Lumpur, bagaimanapun, dirusak oleh ledakan bom dan penembakan yang menewaskan lima orang, menurut Al Jazeera.

Sebuah bom pinggir jalan meledak di distrik Chor Ai-rong provinsi Narathiwat, 840 kilometer selatan Bangkok, menewaskan tiga tentara yang sedang berpatroli di daerah itu, kata komandan Angkatan Darat Wilayah 4, Letnan Jenderal Udomchai Thammasarorat. Lima tentara lainnya juga terluka.

Pihak berwenang mengatakan serangan itu terjadi di sebuah desa yang merupakan rumah bagi pemimpin kunci dari kelompok Muslim yang ambil bagian dalam pembicaraan damai dengan pemerintah Thailand.

Sebuah insiden penembakan terpisah juga dilaporkan di Narathiwat menewaskan dua warga sipil Buddha.

Media Thailand melaporkan bahwa sembilan kelompok yang dijadwalkan bergabung dengan perundingan, termasuk Barisan Revolusi Nasional (BRN). Hassan Taib, kepala kantor penghubung di Malaysia, menandatangani perjanjian dengan Paradorn untuk mengejar pembicaraan pada 28 Februari.

"BRN adalah kelompok utama yang menghasut kekerasan di selatan dan mereka adalah kelompok yang harus kita ajak bicara, tetapi mereka akan membutuhkan waktu untuk mengurangi jumlah serangan di selatan," Paradorn Pattanathabutr, sekretaris jenderal Dewan Keamanan Nasional Thailand mengatakan kepada wartawan di Kuala Lumpur.

"Tujuan utama kami saat ini adalah untuk mengurangi kekerasan."

Setidaknya 27 orang tewas di tiga provinsi selatan Patani, Yala dan Narathiwat sejak 28 Februari.

Tiga provinsi tersebut dulunya bagian dari kesultanan Muslim Melayu merdeka sampai dicaplok oleh mayoritas Budha Thailand pada tahun 1909.

Lebih dari 5.300 orang telah tewas dalam konflik di provinsi mayoritas Muslim di Thailand tersebut, sejak perjuangan umat Islam kembali dimulai pada 2004.

Masih belum jelas apa yang kelompok Muslim inginkan, meskipun beberapa mengatakan mereka sedang mencari otonomi atau pemerintahan sendiri.

Namun hal itu secara tegas dinafikan oleh pemerintah Thailand pada hari Kamis.

"Satu hal yang kita tidak akan pernah lakukan adalah memecah Thailand. Tidak akan ada negara merdeka dari Patani atau zona administratif khusus," kata Wakil Perdana Menteri Chalerm Yoobumrung kepada wartawan. (an/wb)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X