Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.069 views

Pasukan Israel Bantu Pasukan Kenya Lawan Pejuang Al-Shabaab di Mal Nairobi

NAIROBI, KENYA (voa-islam.com) - Pasukan Kenya yang didukung oleh pasukan Israel hari Ahad (22/9/2013) bertempur melawan pejuang Al-Shabaab untuk mengakhiri pengepungan di pusat perbelanjaan kelas atas dan pembebasan sandera yang ditahan oleh pejuang Islam Somalia tersebut dalam serangan yang sejauh ini telah menewaskan 59 orang.

Tembakan sporadis terdengar ketika pejabat keamanan Kenya mengatakan mereka sedang berusaha untuk membunuh atau menangkap para penyerang yang tersisa dan mengakhiri pertumpahan darah yang sudah berlangsung 26 jam di Mal Westgate.

"Pasukan Israel baru saja masuk dan mereka menyelamatkan sandera dan terluka," satu sumber keamanan Kenya kepada AFP. Kementerian luar negeri Israel menolak untuk mengkonfirmasi atau menyangkal pasukannya terlibat.

Pejuang Al-Shabaab Somalia yang terinspirasi Al-Qaidah mengatakan penyerbuan di bagian komplek milik Israel itu adalah pembalasan atas intervensi militer Kenya di Somalia, di mana tentara Uni Afrika memerangi kelompok mujahidin tersebut.

Menteri Dalam Negeri Joseph Ole Lenku mengatakan 59 orang dikonfirmasi tewas, sementara Palang Merah memperkirakan jumlah yang terluka sekitar 200 orang.

Lenku mengatakan masih ada antara 10 sampai 15 orang bersenjata di pusat perbelanjaan tersebut." Kami percaya ada beberapa orang yang tidak bersalah di gedung, itu sebabnya operasi ini rumit."

Mal Westgate populer dengan orang kaya Kenya dan ekspatriat, dan penuh sesak dengan sekitar 1.000 pembeli ketika orang-orang bersenjata memasuki mal di tengah hari Sabtu, melemparkan granat dan melepaskan tembakan senjata otomatis pada orang-orang.

Badan keamanan telah lama takut bahwa pusat perbelanjaan itu dapat ditargetkan oleh kelompok Al-Qaidah.

Serangan itu adalah yang terburuk di Nairobi sejak pemboman Al-Qaidah di kedutaan besar AS menewaskan lebih dari 200 orang pada tahun 1998.

"Kami masih bertempur dengan para penyerang dan pasukan kami telah berhasil mengurung penyerang di salah satu lantai," kata jurubicara militer Kenya Kolonel Cyrus Oguna. " Kami berharap untuk berakhir hari ini."

Polisi Kenya, tentara dan pasukan khusus kemudian bergerak dari toko ke toko. Para pejabat keamanan asing - dari Israel serta Amerika Serikat dan Inggris - juga terlihat di kompleks seluruh drama.

Seorang juru bicara Al-Shabaab mengatakan serangan itu adalah pembalasan selama hampir dua tahun kehadiran militer Kenya di Somalia yang dilanda perang dalam mendukung pemerintah Mogadishu memerangi pejuang Islam.

"Kami telah memperingatkan Kenya atas serangan itu, tetapi negara itu mengabaikan (kami), masih kuat menguasai tanah kami ... sambil membunuh warga sipil tak berdosa ," kata juru bicara Al-Shabaab Sheik Ali Mohamud Rage dalam sebuah pernyataan.

" Jika Anda ingin Kenya dalam damai, itu tidak akan terjadi asalkan anak Anda berada di tanah kami . "

Kelompok ini juga mengeluarkan serangkaian pernyataan melalui Twitter , salah satu dari kicauan mereka menyatakan bahwa umat Islam di pusat perbelanjaan itu telah " diusir keluar oleh Mujahidin sebelum memulai serangan".

Kepentingan Israel di Kenya telah diserang sebelumnya. Pada bulan November 2002 ada dua serangan serentak di wilayah Mombasa. Sebuah rudal menargetkan penerbangan charter warga Israel ketika lepas landas dari bandara kota pelabuhan tersebut, tapi luput.

Pada saat yang sama mobil penuh bahan peledak menabrak Hotel Paradise, satu-satunya hotel milik Israel di wilayah Mombasa, ketika wisatawan Israel masuk hotel. Sepuluh warga Kenya dan tiga orang Israel tewas. (st/Ap)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X